13 Ciri dan Sifat Lelaki Sholeh Dalam Islam

13 Ciri dan Sifat Lelaki Sholeh Dalam Islam – Setiap wanita pasti ingin memiliki seorang suami yang sholeh, karena dapat membimbing dan membawa ke jalan yang benar jalan yang di ridhoi Allah.  Kali ini ruangpengetahuan.com akan memberikan info mengenai ciri dan sifat laki-laki yang sholeh. Berikut penjelasannya:

13 Ciri dan Sifat Lelaki Sholeh Dalam Islam

Adapun ciri-ciri lelaki sholeh adalah sebagai berikut:

1. Selalu Mengingat Allah

Memiliki keimanan yang kuat dan teguh dapat mengikat qalbu agar selalu taat dan patuh kepada Allah. Seorang laki-laki yang memiliki ciri seperti ini akan memperkecil kemungkinan untuk menyimpang dari ajaran Allah SWT. Sehingga ketika dia memiliki seorang istri, dia akan membimbing, dan selalu mengajarkan kebaikan, serta Syurga akan terasa lebih dekat insyaAllah, semua itu dilakukan semata-mata karena Allah.

2. Memiliki Agama Yang Kuat

Setelah tadi ciri diatas selalu mengingat Allah, kemudian ada ciri selanjutnya yakni lelaki yang memiliki agama yang kuat. Maksudnya adalah dia memiliki pegangan yang kuat, ketika dia akan berbuat salah, dia akan melanggar aturan, dia ingat bahwa dalam agamanya dilarang untuk melakukan hal-hal yang tidak baik itu, sehingga menjadi rem untuk mengendalikan hal-hal yang tidak baik. Selalu menjaga ketaatannya pada Allah SWT dan rasulullah. Lelaki seperti ini tentu menjadi dambaan bagi setiap perempuan.

Baca Juga:  7 Hal Yang Dapat Menerangi Alam Kubur Beserta Dalilnya

3. Berakhlakul Karimah

Ciri selanjutnya adalah berakhlakul karimah, poin ini juga tak kalah penting, karena akhlak merupakan cerminan diri dari seseorang, jika akhlaknya baik, maka orang tersebut akan baik secara umum. Seorang lelaki yang sholeh pasti memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik serta berpengarai baik.

4. Menjaga Pandangan

Seorang lelaki yang sholeh adalah seorang lelaki yang pandai menjaga pandangannya, dari hal-hal yang tidak baik, dari kemaksiatan. Tidak hanya mata yang dijaga, akan tetapi hati pun akan dijaga, tangan, pikiran,dari semua yang tidak diperbolehkan dalam agama. Setiap perempuan pasti akan merasa bersyukur dan bahagia jika memiliki seorang lelaki yang selalu menjaga pandangannya.

5. Bertanggung Jawab

Laki-laki yang baik pasti bertanggung jawab, Bagaiamana sih cara melihat laki-laki yang bertanggung jawab? Hal tersebut dapat dilihat dari cara dia memperlakukan kedua orang tuanya, orang-orang terdekatnya, karena laki-laki yang sholeh tidak akan mengabaikan apa yang sudah menjadi hak dan kewajibannya, baik terhadap Allah SWT, Orang Tuanya, diri sendiri, dan orang lain.

6. Selalu Haus Akan Ilmu

Seorang lelaki yang sholeh tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah dia dapatkan (Ilmu). Ia selalu merasa kurang dan terus mempelajari ilmu, karena ilmu yang dipelajari tidak akan ada habisnya. Semakin banyak ilmu yang ia ketahui semakin rendah hati dan merasa dia bukan siapa-siapa.

7. Amanah

Laki-laki sholeh memiliki sifat amanah, yaitu dapat dipercaya. Jika dia memiliki kekuasaan, dan diberikan tugas, dia akan amanah dan tidak menyalahgunakannya.

8. Sabar dan Pemaaf

Ciri laki-laki sholeh selanjutnya adalah penyabar dan pemaaf. Sabar dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi, dan selalu memaafkan orang lain ketika mereka bersalah. Lelaki seperti ini setelah menikah akan menjadi teladan yang baik untuk keluarganya.

Baca Juga:  Tata Cara Shalat Istikharah, Niat, Doa dan Keistimewaannya Terlengkap

9. Tidak Boros dan Bakhil

Tidak boros dan tidak pelit, dia akan selalu membelanjakan uangnya sesuai dengan kebutuhan, tidak menghambur-hamburkan uang, tidak hanya soal uang, soal makanan pun sama. Dia tidak akan makan berlebihan, dan juga tidak pelit baik kepada keluarganya, lingkungan, dan semuanya. Segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik, semua itu sesuai pada porsinya.

10. Bergaul Dengan Orang-Orang Yang Sholeh

Bagaimana dapat dikatakan sebagai laki-laki yang sholeh jika dia bergaul dengan bebas, seperti bergaul antara laki-laki dan perempuan tanpa batas. Laki-laki sholeh akan bergaul dengan batasan, berkumpul dengan orang-orang yang tidak melalaikan agama, dan selalu menjaga maruahnya dihadapan Allah SWT.

11. Memiliki Cinta dan Kasih Sayang

Memiliki hati yang penuh dengan cinta dan kasih sayang, bagaimana dia memperlakukan keluarganya dan orang-orang lainnya. Dari cinta dan kasih sayang nya yang luas, maka akan tumbuh perhatian, pengertian, dan kelemah lembutan. Sungguh sempurna jika seorang lelaki memiliki rasa tanggung jawab, cinta dan kasih sayang, perhatian serta pengertian, MasyaAllah.

12. Tegas

Lelaki yang tegas tidak plin plan dalam mempertahankan martabatnya, tegas dalam kebaikan-kebaikan. Tegas bukan berarti galak, kasar, kita harus bisa membedakannya. Karena seorang lelaki adalah imam untuk keluarganya, imam bagi istri dan anak-anaknya, sehingga harus tegas dan tetap memiliki hati yang lembut, tutur kata yang sopan, tidak menyakiti hati orang lain, dan mulia hatinya.

13. Selalu Menepati Janji dan Tidak Menyianyiakan Waktu

Lelakin sholeh islam sejati tidak akan pernah menyia-nyiakan waktunya dan selalu memanfaatkan waktunya dengan kebaikan. Selain itu, dia cenderung akan selalu menepati janjinya kepada siapapun.

Nah itulah beberapa poin penting tentang 13 Ciri dan Sifat Lelaki Sholeh Dalam Islam. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Baca Juga:  Pengertian Agama Menurut Islam Terlengkap
5 (100%) 1 vote