Pengertian Seni Budaya, Fungsi, Macam & Contohnya (Lengkap)
Pengertian Seni Budaya, Fungsi, Macam & Contohnya (Lengkap)

√ Pengertian Seni Budaya, Fungsi, Macam & Contohnya (Lengkap)

Pengertian Seni Budaya, Fungsi, Macam & Contohnya (Lengkap) – Istilah seni dan budaya ini sudah ada sejak zaman dahulu karena seni dan budaya ini sudah bersatu di masyarakat. Setiap karya seni terdapat kebudayaan yang khas dan pada saat kebudayaan mengandung nilai seni yang indah.

Nah pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai seni budaya yang mencakup pengertian, fungsi, macam, dan juga contohnya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Seni Budaya, Fungsi, Macam & Contohnya (Lengkap)

Berikut ini adalah penjelasan mengenai seni budaya menurut umum dan para ahli:

Pengertian Seni Budaya

Sebelum membahas mengenai pengertian seni budaya, terlebih dahulu akan dibahas mengenai apa itu seni dan apa itu budaya. Karena seni budaya merupakan suatu istilah yang dihasilkan dari akumulasi atau kolaborasi antara seni dan juga budaya.

Seni

Seni berasal dari bahasa Melayu Riau (Sungai Rakon) yakni sonik yang berasal dari kata “so” atau “se” yang memiliki arti satu.  Berasal dari bahasa Sanskerta “swa” (satu), yang digabung dengan kata “nik” yang memiliki sesuatu yang sangat kecil atau halus. Kata sonik/sonit/seni merupakan suatu yang halus bentuk rupa maupun sifatnya.

Budaya

Istilah “Budaya”  berasal dari bahasa sansekerta yakni “buddayah” yang berarti sesuatu yang terkait dengan budi dan akal manusia. Budaya dalam bahasa Inggris sendiri  disebut “culture”, yang berasal dari bahasa latin “colere” yang artinya mengolah atau mengerjakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa wujud budaya merupakan hasil olahan atau pekerjaan budi serta akal manusia.

Budaya juga dapat diartikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang serta dimiliki bersama oleh sebuah sekelompok orang serta diwariskan dari generasi ke generasi.

Seni Budaya

Setelah melihat arti dari seni dan juga budaya diatas, maka seni budaya secara umum merupakan segala hal yang diciptakan oleh manusia yang berhubungan dengan cara hidup dan berkembang secara bersama-sama pada suatu kelompok yang memiliki unsur keindahan ataupun estetika secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Adapun pengertian seni budaya menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Sartono Kartodirdjo

Seni budaya merupakan seorang sejarawan Indonesia yang dikenal juga sebagai pelopor dalam penulisan sejarah dengan menggunakan pendekatan multidimensi. Menurut Sartono Kartodirdjo bahwa seni budaya adalah suatu sistem yang koheren yang dapat digunakan untuk menjalankan komunikasi efektif melalui satu bagian seni yang dapat menunjukkan keseluruhan dari tujuannya.

2. C. Kliucckhohn

Seni budaya adalah suatu sistem peralatan dan teknologi, mata pencaharian, pengetahuan, organisasi kemasyarakatab, kesenian, bahasa, upacara keagamaan dan juga religi.

3. Harry Sulastianto

Seni budaya merupakan suatu keahlian dalam aktivitas yang mengekspersikan suatu ide-ide serta pemikiran estetika (keindahan), termasuk dalam mewujudkan kemampuan dan juga imajinasi pandangan atas beberapa benda, karya atau  suasana yang dapat mengindahkan dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.

4. M. Thoyibi

Seni budaya adalah suatu perwujudan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk kedalam aspek kebudayaan dan juga sudah dapat dirasakan oleh orang banyak dalam kurun waktu perjalanan sejarah peradaban manusia.

5. Ida Bagus Putu Perwita

Seni budaya adalah penunjang sarana pelaksanaan sebuah upacara adat.

6. Andreas Eppink

Seni budaya adalah suatu pernyataan artistik dan juga intelektual untuk menjadi ciri khas masyarakat.

7. Hillary Bel

Seni budaya adalah suatu istilah yang digunakan pada seluruh karya yang dapat menggerakkan hati bagi orang yang melihatnya. Selain itu seni juga dapat menjadi cara untuk mencari tahu siapa pencipta dari seni tersebut.

Fungsi Seni Budaya

Setelah mengetahui arti seni budaya tentu kita akan mengetahui fungsi dari seni budaya tersebut. Adapun fungsi dari seni budaya terbagi menjadi dua fungsi yakni fungsi praktis dan estetis. Berikut penjelasannya:

1. Fungsi Praktis

Fungsi praktis adalah suatu fungsi karya seni yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan manusia dalam segi fungsional. Seperti contoh kursi dan meja yang dibuat oleh masyarakat jepara. Tidak hanya sebagai keindahan yang enak untuk dipandang akan tetapi karya seni budaya ini juga dapat berguna bagi kehidupan masyarakat luas.

2. Fungsi Estetis

Fungsi estetis merupakan suatu fungsi karya seni yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan manusia dalam segi hiasan. Sebagai contoh lukisan, arca, patung dan lain sebagainya. Bahkan ada juga karya seni rupa tersebut digunakan untuk ritual keagamaan.

Macam-Macam Seni Budaya

Adapun macam-macam seni budaya jika dilihat dari bentuknya adalah sebagai berikut:

1. Seni Rupa

Seni rupa pertama kali dipopulerkan oleh S.Sudjojono ke dalam bahasa Indonesia. Seni rupa merupakan suatu cabang seni yang membentuk karya seni dengan menggunakan media yang dapat ditangkap dengan mata serta dapat dirasakan dengan rabaan. Seni rupa tersebut diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, serta pencahayaan dengan acuan estetika.

Berdasarkan fungsinya, seni rupa dapat dibedakan menjadi dua, yakni:

  • Seni Rupa Murni, Yakni suatu seni yang lebih menitikberatkan pada ekspresi jiwa seperti lukisan, patung, fotografi dan lain sebagainya.
  • Seni Rupa Terapan, Yakni suatu seni yang proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu sebagai contoh seni kriya. Adapun berdasarkan wujud dan bentuknya, seni rupa terbagi menjadi yakni seni rupa 2 dimensi yang hanya mempunyai panjang dan lebar saja dan seni rupa 3 dimensi yang mempunyai panjang lebar serta ruang.

2. Seni Musik

Seni musik merupakan suatu seni yang berfokus pada penggunaan melodi, irama, tempo, harmoni, dan juga instrumen lainnya. Musik sendiri adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, serta keharmonisan dan suara yang dihasilkan dari alat-alat yang menghasilkan irama.

Seni musik juga dapat dijadikan sebagai sarana dalam menuangkan perasaan penciptanya dan juga dapat bertambah serta berganti seiring berjalannya waktu. Seni musik terdiri dari beberapa macam diantaranya adalah musik klasik, musik tradisional, dan musik populer.

3. Seni Tari

Seni tari merupakan suatu gerakan berirama, yang dilakukan di suatu tempat dan juga waktu tertentu untuk mengekspresikan perasaan dan juga menyampaikan pesan dari seseorang maupun kelompok. Dalam seni tari terdapat ekspresi gerak yang memiliki tujuan untuk berbagai macam kebutuhan seperti ritual masyarakat, dakwah, menyambut tamu dan lain sebagainya.

Dalam seni tari terdapat dua unsur, yakni unsur utama dan juga unsur pendukung. Adapun unsur-unsur utama dari seni tari diantaranya adalah

  • wiraga (raga)
  • wirama (irama)
  • dan wirasa (rasa).

Untuk unsur pendukung seni tari diantaranya adalah sebagai berikut:

  • ragam gerak
  • ragam iringan
  • rias dan kostum
  • dan pola lantai/bloking.

4. Seni Teater

Seni teater merupakan suatu seni pertunjukkan yang ditampilkan diatas panggung. Arti lain dari seni teater adalah suatu seni drama yang menampilkan perilaku manusia dengan gerak, tari, dan juga nyanyian yang disajikan lengkap bersama dengan dialog serta akting para pemainnya dengan istilah “teater” yang dapat diartikan secara luas maupun sempit.

Secara sempit, seni teater merupakan suatu adegan yang berhubungan dengan perjalanan hidup seseorang yang dibuat sedemikian rupa, sehingga layak untuk dipertontonkan kepada khalayak umum di atas panggung pertunjukan dan didramakan sesuai dengan naskah yang telah ditulis.

Sedangkan secara luas, seni teater merupakan seluruh adegan akting  dan peran yang dipertunjukan di atas panggung di depan banyak penonton. Sebagai contoh: wayang, ketopak, sintren, dagelan, akrobat.

5. Seni Kriya

Seni kriya adalah suatu seni yang dibuat dengan menggunakan tangan serta memperhatikan berbagai aspek seni dan juga fungsional. Secara etimologis, istilah “Kriya” berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu “Krya” yang artinya mengerjakan.

Contoh Seni Budaya

Ada beberapa contoh seni budaya yang sudah berkembang di Indonesia, beberapa diantaranya adalah

1. Wayang Kulit

Wayang kulit merupakan salah satu seni tradisional Indonesia yang berkembang di pulau Jawa. Arti lain dari wayang adalah istilah bahasa Jawa yang bermakna “bayangan”, hal tersebut disebabkan karena penonton juga dapat menonton wayang dari belakang kelir atau hanya bayangannya saja.

2. Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Angkung yang terbuat dari bambu memiliki bunyi suara yang ciri khas. Cara membunyikan angklung sendiri dengan menggoyangkan angklung tersebut kemudian terbentuklah bunyi dari hasil benturan badan pipa bambu tersebut.

3. Batik

Batik merupakan salah satu seni budaya yang juga berkembang di Indonesia. Bahkan batik Indonesia juga sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan UNESCO tepatnya pada 2 Oktober tahun 2009, sehingga ada memperingati hari batik nasional. Awal mula batik ini dikenal adalah pada saat presiden Soeharto mengenakannya pada konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sehingga ketika itu batik mulai dikenal oleh dunia.

Pengertian Seni Budaya, Fungsi, Macam & Contohnya (Lengkap)
Pengertian Seni Budaya, Fungsi, Macam & Contohnya (Lengkap)

4. Reog Ponorogo

Reog ponorogo merupakan salah satu seni budaya Indonesia yang berasal dari Jawa Timur bagian Barat Laut dimana ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sesungguhnya. Seni yang satu ini masih sangat kental dengan hal yang berbau mistik serta ilmu kebatinan yang sangat kuat. Reog ponorogo juga selalu dikaitkan dengan kerajaan Majapahit yang ingin menyatukan Nusantara.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Seni Budaya, Fungsi, Macam & Contohnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua khususunya tentang seni budaya Indonesia. Terimakasih 🙂