Pengertian Sumber Daya Manusia, Komponen & Contohnya Lengkap
Pengertian Sumber Daya Manusia, Komponen & Contohnya Lengkap

Pengertian Sumber Daya Manusia, Komponen & Contohnya Lengkap

Pengertian Sumber Daya Manusia, Komponen & Contohnya Lengkap – Pada kesempatan kali ini Pendidik akan membahas mengenai sumber daya manusia. Sumber daya manusia ini memiliki posisi yang sangat strategis dalam organisasi, yaitu unsur manusia memegang peranan yang sangat penting dalam melakukan aktivitas untuk mencapai suatu tujuan. Eksistensi sumber daya manusia itulah yang terdapat dalam organisasi yang kuat.

Untuk mengetahui pengertian sumber daya manusia, fungsi dan juga contohnya, langsung saja kita simak penjelasan sebagai berikut:

Pengertian Sumber Daya Manusia, Komponen & Contohnya Lengkap

Pengertian Sumber Daya Manusia

Secara umum, sumber daya manusia adalah salah satu aspek yang sangat penting dan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik itu institusi maupun industri. SDM merupakan suatu kunci yang memastikan kemajuan industri. Pada dasarnya sumber daya manusia berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai pelopor, pemikir dan perencanaan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

Adapun pengertian menurut para ahli adalah:

1.Β Werther dan Davis dalam Sutrisno (2009:1)

Sumber daya manusia adalah pegawai yang siap, mampu dan siaga dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi.

2. Wikipedia

Sumber daya manusia adalah salah satu faktor yang sangat penting dan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik itu institusi maupun perusahaan.

3. Hadari Nawawi

Sumber daya manusia memiliki tiga pengertian yakni

  • Sumber daya manusia adalah potensi manusiawi sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan eksistensinya
  • Manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi disebut juga personil, karyawan ataupun tenaga kerja
  • Yakni potensi yang merupakan aset dan berfungsi sebagai modal baik non material maupun non finansial dalam organisasi bisnis yang dapat diwujudkan menjadi potensi nyata secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensinya.
Baca Juga:  Pengertian Berita, Jenis, Ciri dan Syaratnya (Lengkap)

Komponen Sumber Daya Manusia

Adapunkomponen dari sumber daya manusia diantaranya adalah

1. Pengusaha

Pengusaha adalah setiap orang yang menginvestasikan modalnya untuk memperoleh pendapatan dan besarnya pendapatan tersebut tidak menentu tergantung pada laba yang dicapai perusahaan tersebut.

2. Karyawan

Karyawan adalah seorang penjual jasa (baik pikiran maupun tenaganya) untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan dan berhak memperoleh kompensasi yang besarnya telah ditetapkan terlebih dahulu (sesuai perjanjian).

3. Pemimpin

Pemimpin adalah seorang yang menggunakan wewenang serta kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut untuk mencapai suatu tujuan.

Contoh Sumber Daya Manusia

Pengertian Sumber Daya Manusia, Komponen & Contohnya Lengkap
Pengertian Sumber Daya Manusia, Komponen & Contohnya Lengkap

Adapun contoh sumber daya manusia atau SDM adalah seperti anak didik siswa atau siswi SMK yang siap dibekerjakan di berbagai macam industri. Kemudian Mahasiswa yang sudah di wisuda mencari pekerjaan ataupun seseorang yang sedang mencari pekerjaan atau seorang yang umurnya telah lebih dari usia 17 tahun ataupun telah memiliki KTP dan dianggap telah dewasa.

Demikianlah penjelasan mengenaiΒ Pengertian Sumber Daya Manusia, Komponen & Contohnya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih πŸ™‚