Pengertian Shalat, Syarat, dan Rukunnya Terlengkap

Pengertian Shalat, Syarat, dan Rukunnya Terlengkap – Shalat merupakan kewaijban bagi setiap umat Islam, mukmin. Shalat wajib sendiri terdiri dari shalat 5 waktu yang terdiri dari shalat dzuhur, shalat ashar, shalat maghrib, shalat isya, dan shalat shubuh. Hukum melaksanakan shalat adalah fardhu ‘ain. Nah oleh karena itu, kita harus menanamkan untuk belajar shalat sejak usia dini, dan kita sebagai seorang mukmin harus mengetahui apasih shalat itu, apa ajasih syaratnya, rukunnya. Kali ini ruangpengetahuan.com akan membahas mengenai Pengertian Shalat, Syarat, dan Rukunnya Terlengkap. Berikut ini adalah penjelasannya:

Pengertian Shalat, Syarat, dan Rukunnya Terlengkap

Pengertian Shalat

Menurut bahasa shalat berarti Do’a, sedangkan menurut istilah merupakan ibadah wajib yang terdiri dari ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam dengan rukun dan persyaratan tertentu.

Menurut hakekatnya shalat merupakan jiwa yang menghadapkan kepada Allah SWT, yang dapat melahirkan rasa takut kepada Allah SWT, dan dapat membangkitkan kesadaran yang dalam setiap jiwa terhadap kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

Menurut shiddieqy shalat adalah menggambarkan rukhsus shalat atau jiwa shalat, berharap kepada Allah dengan sepenuh hati jiwa dan raga, dengan segala kekhusyu’an dihadapan Allah dan ikhlas yang disertai dengan hati yang selalu berdzikir, berdo’a, dan memuji_NYA.

Syarat Wajib Shalat

Adapun syarat wajib shalat adalah sebagai berikut:

1. Beragama Islam (Muslim)

2. Berakal Sehat

3. Baligh

4. Suci dari hadast besar dan kecil

5. Sadar

Syarat Sah Shalat

Adapun syarat sah shalat adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Hak dan Kewajiban Suami Istri Dalam Islam

1. Telah masuk waktu shalat

2. Menghadap ke arah kiblat

3. Menutup aurat sesuat dengan ketentuan yang telah ditentukan

4. Suci badan, tempat, dan pakaian dari najis

5. Memahami dan mengetahu tata cara pelaksanaannya

Rukun Shalat

Adapun rukun shalat adalah sebagai berikut:

1. Niat

2. Berdiri tegap bila mampu (diperbolehkan duduk, atau berbaring jika sedang udzur)

3. Takbiratul Ihram

4. Membaca surat alfatihah di awal setiap raka’atnya

5. Ruku’

6. i’tidal

7. Sujud

8. Duduk diantara dua sujud

9. Duduk Tasyahud akhir

10. Membaca tasyahud akhir

11. membaca shalawat nabi

12. Mengucap salam pertama

13. Tertib (dilakukan secara berurutan)

Adapun dalam melaksanakan shalat kita tidak boleh sembarangan, tidak boleh semau-mau kita, akan tetapi kita harus mengikuti aturan sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat An-Nisa:103 yang artinya : ” Sesungguhnya shalatadalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Shalat, Syarat, dan Rukunnya Terlengkap. Semoga kita semua dapat selalu menjalankan perintah Allah SWT, dan menjauhi segala larangannya. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat. Aamiin 🙂

5 (100%) 4 vote[s]