Pengertian Manusia dan Kemanusiaan (Pembahasan Lengkap)

2 min read

Pengertian Manusia dan Kemanusiaan (Pembahasan Lengkap) – Tuhan banyak sekali menciptakan makhluk di dalam dunia ini, yang secara umum dibagi menjadi 2, yaitu ghaib (tidak terlihat) dan dhahir (terlihat). Adapun makhluk yang terlihat meliputi manusia, hewan, tumbuhan, planet-planet, air, dan ciptaanNYA yang lainnya. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang berbeda dari yang lain, manusia memiliki akal, bukan sekedar otak, akan tetapi akal yang dapat membedakan mana yang baik dan buruk hal tersebut seperti dikatakan oleh Buya HAMKA.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan menjelaskan mengenai manusia dan kemanusiaan. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian manusia dan kemanusiaan, simaklah penjelasan sebagai berikut:

Pengertian Manusia dan Kemanusiaan (Pembahasan Lengkap)

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian maanusia dan kemanusiaan:

Pengertian Manusia dan Kemanusiaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) manusia adalah makhluk yang berakal budi. Hakikat manusia adalah berakal dan berbudi. Kata manusia selalu disandingkan dengan perkataan kemanusiaan karena tidak hanya sekedar pandai tetapi dia memiliki budi pekerti yang bermaksud kepandaiannya bisa untuk mempertimbangkan mana yang baik dan mana yang buruk.

Pengertian Manusia Menurut Para Ahli

1. Sokrates

Manusia adalah makhluk hidup yang berkaki dua yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar.

2. Nicolaus D. & A. Sudiarja

Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetap tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang.

Baca Juga:  30 Nama Bayi Perempuan Islami Dalam Al-Qur'an & Artinya

3. Upanisads

Manusia adalah suatu kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana aatau badan.

4. Omar Mohammadal-Toumy Al-Syaibany

Manusia adalah makhluk yang paling mulia, manusia merupakan makhluk yang berfikir dan manusia adalah makhluk yang memiliki 3 dimensi (badan, akal dan ruh) manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi oleh faktor keturunan dan lingkungan.

5. Abineno J.I

Manusia adalah tubuh yang berjiwa dan bukan jiwa abadi yang berada atau yang terbungkus dalam tubuh yang fana.

6. Paula J. C & Janet W. K

Manusia adalah makhluk yang terbuka bebas memilih makna dalam situasi, mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu dan turut menyusun pola berhubungan dan unggul multidimensi dengan berbagai kemungkinan.

7. Erbe Sentanu

Manusia adalah makhluk sebaik-baik ciptaan-Nya. Ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk yang lainnya.

Kemanusiaan

Kemanusiaan merupakan cerminan bahwa manusia menjalankan layaknya seorang manusia. Ketika seorang perampok akan merampok orang, maka ketika dia berfikir jika dirinya diperlakukan dengan hal serupa, maka pasti dia akan merasa sedih, marah, dan berbagai macam perasaan lainnya. Oleh karena itu, dia tidak jadi melakukan hal tersebut. Maka hal tersebut disebut dengan manusia yang berkemanusiaan. Contoh lain, ada gempa atau bencana alam yang sedang dialami oleh suatu daerah,kita sebagai manusia akan memberikan bantuan, nah hal tersebut disebut dengan kemanusiaan, karena daerah yang terkena bencana alam membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Didalam pembukaan UUD 1945, Negara kita dengan tegas menolak penjajahan, karena tidak sesuai dengan kemanusiaan.

Kemanusiaan merupakan sifat manusia yang perlu dijaga, karena kembali lagi pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang berbudi pekerti, memiliki perangai yang baik, dan itulah sifat manusia yang disebut dengan kemanusiaan. Kemanusiaan tidak hanya sebatas memiliki akal budi, akan tetapi manusia adalah ikut memanusiakan manusia yang lain. Dan apabila dia ditempatkan di posisi atau keadaan yang tidak nyaman maka dia akan merasa resah dan dia tidak mungkin membuat manusia yang merasakan hal yang ia rasakan.

Baca Juga:  Macam-Macam Alat Optik Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Seperti yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad “Man Laa Yarham, Laa Yurham” yang artinya siapa yang tidak menyayangi, dia tidak akan disayangi.

Kemanusiaan adalah suatu bentuk perdamaian yang nyata disaat manusia satu dengan manusia yang lainnya menjaga agar saling tentram, damai, dan sejahtera.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Manusia dan Kemanusiaan (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat menambah ilmu serta wawasan kita. Terimakasih 🙂