Pengertian Komunikasi, Syarat, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap)
Pengertian Komunikasi, Syarat, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Komunikasi, Syarat, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Komunikasi, Syarat, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap) – Komunikasi adalah cara menyampaikan dan menerima pesan yang dilakukan melalui jaringan internet. Namun umumnya hal tersebut dapat dikatakan dengan komunikasi dalam dunia maya. Tentunya dalam hal komunikasi dapat dilakukan dimana dan kapan saja.

Untuk mengetahui lebih jelasnya pendidik kali ini akan membahas mengenai apa itu komunikasi, syarat, fungsi, dan juga tujuannya. Marilah kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Komunikasi, Syarat, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Komunikasi

Secara umum, komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan pesan atau informasi. Komunikasi secara umum bertujuan untuk memberikan pengetahuam kepada orang lain. Dengan kata lain, komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu ide, gagasan, pesan dari satu pihak ke pihak lainnya.

Biasanya aktivitas komunikasi ini dilakukan secara verbal ataupun lisan sehingga memudahkan kedua belah pihak untuk saling mengerti. Adapun pengertian komunikasi menurut para ahli adalah:

1. James A. F. Stoner

Komunikasi adalah Suatu proses seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

Baca Juga:  4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi Yang harus Diketahui

2. Everett M. Rogers

Komunikasi adalah proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku.

3. Aristoteles

Komunikasi adalah suatu usaha yang berfungsi sebagai alat warga masyarakat dalam berperan serta dalam demokrasi.

4. Lexicographer

Komunikasi adalah suatu upaya yang bertujuan untuk memberikan dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin diinginkan kedua belah pihak akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling ditransfer.

5. William Albig

Komunikasi adalah rangkaian tahapan transfer kata yang memiliki makna yang dilakukan oleh antar individu ataupun lebih.

Syarat Komunikasi

Adapun syarat-syarat yang harus terpenuhi agar terbentuknya suatu komunikasi adalah sebagai berikut:

1. Sumber (source)

Yakni dasar dalam penyampaian informasi atau pesan yang tujuannya untuk memperkuat isi pesan tersebut. Beberapa sumber komunikasi antara lain buku, lembaga, orang yang dianggap ahli, google, dan lain sebagainya.

2. Komunikator

Yaitu pelaku yang menyampaikan pesan kepada pihak lain. Pelaku penyampai informasi ini bisa seorang individu (penulis, pembicara, blogger, dan lain sebagainya), bisa dalam bentuk kelompok, ataupun organisasi komunikasi (radio, TV, surat kabar, majalah, dan lain sebagainya).

3. Komunikan

Yaitu pihak yang menerima pesan atau informasi dari komunikator. Pelaku penerima informasi ini dapat seorang individu ataupun organisasi.

4. Pesan

Yaitu keseluruhan pesan atau informasi yang disampaikan oleh komunikator. Pesan memiliki tema utama sebagai pengarah dalam usaha untuk mengubah sikap dan perilaku orang lain. Ciri komunikasi yang baik adalah memiliki pesan untuk diterima oleh pihak lain yang berkaitan.

5. Saluran (Kanal)

Yaitu media yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesannya kepada pihak lain. Kanal dapat berupa formal ataupun informal.

Baca Juga:  Pengertian Etika Bisnis, Manfaat, Tujuan & Contohnya Lengkap

6. Hasil (Effect)

Yaitu hasil akhir dari komunikasi dimana bentuknya adalah perubahan perilaku dan sikap dari komunikan. Perubahan tersebut dapat sesuai harapan atau tidak sesuai dengan harapan komunikator.

Fungsi Komunikasi

Berikut ini adalah beberapa fungsi komunikasi secara umum, diantaranya adalah

1. Sebagai Alat Kendali

Yang pertama adalah sebagai alat kendali atau alat kontrol. Dalam hal ini berarti dengan komunikasi maka perlu individu yang dapat dikontrol dengan penyampaian aturan yang harus dipatuhi.

2. Alat Motivasi

Yakni komunikasi yang baik dan persuasif dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu. menyampaikan informasi yang dapat diraih dalam kehidupan akan membangun motivasi seseorang.

3. Sebagai Ungkapan Emosional

Yaitu berbagai perasaan yang ada dalam diri seseorang dapat diungkapkan kepada orang lain dengan cara berkomunikasi. Emosi ini bisa peran senang, kecewa, marah, gembira dan lain sebagainya.

4. Alat Komunikasi

Dengan berkomunikasi kita dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh orang lain atau kelompok sehingga dengan informasi tersebut proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan baik.

Tujuan Komunikasi

Komunikasi memiliki tujuan khusus, diantara tujuan komunikasi adalah sebagai berikut:

1. Agar Mengenal Orang Lain

Adanya interaksi dan komunikasi maka setiap orang dapat saling mengenali dan memahami satu sama lain. Kemampuan mendengar atau membaca atau mengartikan pesan orang lain dengan baik merupakan hal yang penting dalam aktivitas ekonomi.

2. Agar Komunikator Dapat Dimengerti Komunikan

Tujuan selanjutnya adalah untuk memastikan informasi atau pesan dari komunikator dapat dimengerti oleh orang lain (komunikan). Karena sebab itu, komunikator harus menyampaikan pesan utama sejelas mungkin kepada komunikan.

3. Agar Pendapat Diterima Orang Lain

Komunikasi secara persuasif seringkali dilakukan agar dapat menyampaikan gagasan atau ide seseorang pada orang lain. Tujuannya adalah supaya ide dan gagasan tersebut diterima.

Baca Juga:  Pengertian Arsitektur, Fungsi, Sejarah dan Teorinya Lengkap
Pengertian Komunikasi, Syarat, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap)
Pengertian Komunikasi, Syarat, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap)

4. Menggerakkan Orang Lain

Komunikasi dengan cara persuasif dapat membangun kesamaan persepsi dengan orang lain. Selanjutnya, kesamaan persepsi tersebut dapat digunakan untuk menggerakkan orang lain sesuai dengan keinginan kita.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Komunikasi, Syarat, Fungsi dan Tujuannya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

5 (100%) 6 vote[s]