Pengertian Kepemimpinan, Jenis, Fungsi, Unsur & Tujuannya (Lengkap)
Pengertian Kepemimpinan, Jenis, Fungsi, Unsur & Tujuannya (Lengkap)

√ Pengertian Kepemimpinan, Jenis, Fungsi, Unsur & Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Kepemimpinan, Jenis, Fungsi, Unsur & Tujuannya (Lengkap) – Istilah kepemimpinan pasti semua orang sudah mengetahuinya, namun ada yang hanya sekedar tahu tetapi tidak mengetahui secara jelas. Agar tidak salah dalam mengartikan pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai kepemimpinan yang mencakup pengertian, jenis, fungsi, unsur dan juga tujuannya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Kepemimpinan, Jenis, Fungsi, Unsur & Tujuannya (Lengkap)

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai arti dari kepemimpinan.

Pengertian Kepemimpinan

Secara umum, kepemimpinan merupakan sebuah kemampuan atau kekuatan dalam diri seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam hal bekerja, yang mana tujuannya adalah untuk mencapai sebuah target atau goal dalam suatu organisasi yang telah ditentukan. Sedangkan untuk pengertian pemimpin sendiri merupakan orang yang diberikan suatu kepercayaan sebagai kepala atau ketua dalam suatu sistem sebuah organisasi ataupun perusahaan.

Adapun pengertian kepemimpinan menurut ahli:

1. Sutarto (1998b:25)

Kepemimpinan merupakan suatu rangkaian atau aktivitas penataan berupa kemampuan seseorang dalam mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu sehingga mau bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Moejiono (2002)

Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan dalam memberikan pengaruh satu arah, karena pemimpin mungkin memiliki beberapa kualitas tertentu yang membuatnya sangat berbeda dengan pengikutnya.

3. George R. Terry (1972:458)

Kepemimpinan merupakan suatu kegiatan mempengaruhi orang lain untuk diarahkaan mewujudkan tujuan organisasi.

4. Wahjosumidjo (1987:11)

Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan yang ada pada diri seseorang leader yang memiliki sifat sifat tertentu, beberapa diantaranya adalah kepribadian (personality), kemampuan (ability), kesanggupan (capability).

5. S. P. Siagian

Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan dan keterampilan seseorang ketika menjabat sebagai seorang pemimpin dalam suatu organisasi untuk dapat mempengaruhi perilaku pengikutnya agar dapat berpikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga dapat memberikan sumbangan nyata dalam pencapaian tujuan organisasi.

6. Jacobs dan Jacques (1990:281)

Kepemimpinan adalah proses memberi suatu arti terhadap usaha kolektif, sehingga memiliki kesediaan untuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai tujuan.

7.  Ralph M. Stogdill

Kepemimpinan merupakan suatu proses dalam memberikan pengaruh terhadap berbagai kegiatan kelompok orang yang terorganisasi dalam setiap usaha mereka untuk menetapkan dan mencapai target.

8.  Wexley dan Yuki (1977)

Kepemimpinan adalah suatu kegiatan mempengaruhi orang lain untuk dapat lebih berupaya dalam mengarahkan tenaga dalam tugasnya atau mengubah perilaku mereka.

9. Domination

Kepemimpinan adalah proses yang mengontrol kekuatan untuk mengejar tujuan bersama melalui interaksi yang berhasil dari berbagai individu.

10. Rauch dan Behling (1984:46)

Kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi dalam berbagai aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasikan ke arah suatu target atau pencapaian tujuan.

11. Hemhiel dan Coons (1957:7)

Kepemimpinan merupakan perilaku seseorang dalam memimpin berbagai aktivitas suatu organisasi atau kelompok dalam mencapai suatu tujuan bersama (shared goal).

12. G. L. Feman dan E. K. Taylor

Kepemimpinan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan kegiatan kelompok untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektivitas dan kerjasama dari setiap individu secara maksimal.

Jenis-Jenis Kepemimpinan

Adapun jenis-jenis dalam suatu kepemimpinan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kepemimpinan Publik

Merupakan salah satu kepemimpinan yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya suatu pemerintahan yang bersifat publik dan bekerja dengan sistem demokratis. Kepemimpinan jenis ini juga dapat mempengaruhi anggotanya dengan komunikasi yang baik.

2. Kepemimpinan Transformasional

Merupakan suatu proses untuk mengubah dan mentransformasikan individu dalam kelompok agar dapat berubah menjadi manusia yang dapat meningkatkan kemampuan dirinya untuk mendapatkan penghargaan dan juga pemenuhan kebutuhan para bawahan atau anggotanya.

3. Kepemimpinan Otoriter

Merupakan  kepemimpinan yang menitikberatkan pada kehendak pemimpin. Karena segala keputusan yang diambil adalah mutlak kehendak dan otoritas pimpinan tanpa mengindahkan anggota kelompoknya. Sehingga pemimpin memiliki kuasa yang penuh atas keputusan yang ada.

4. Kepemimpinan Demokratis

Merupakan jenis kepemimpinan yang menitikberatkan pada kemanusiaan ataupun anggotanya. Pencarian solusi terhadap suatu masalah selalu melibatkan anggota sehingga keputusan pemimpin merupakan keputusan bersama yang diambil atas dasar pertimbangan matang tidak hanya dari pemimpin namun juga atas dasar pemikiran anggotanya. Selain itu, anggota juga memiliki peran dalam membangun organisasi secara bersama.

5. Kepemimpinan Transaksional

Merupakan kepemimpinan yang memiliki fokus transaksi yang dilakukan interpersonal dengan anggota didalamnya yang melibatkan suatu pertukaran. Pertukaran dilakukan atas dasar kesepakatan sebelumnya.

6. Kepemimpinan Paternalistik

Jenis kepemimpinan ini biasa disebut juga dengan kepemimpinan pendidikan yang merupakan tipe memberikan suatu perlindungan bagi para anggotanya dan juga memiliki tujuan yang jelas dalam pengajaran. Selain itu juga cepat dalam mengambil suatu keputusan.

7. Kepemimpinan Karismatik

Merupakan kepemimpinan yang dapat membuat para anggota atau pengikutnya menjadi suatu panutan karena gaya kepemimpinannya tersebut. Kepemimpinan jenis ini dapat membantu anggota atau pengikutnya untuk bekerja lebih baik.

8. Kepemimpinan Situasional

Merupakan jenis kepemimpinan yang muncul pada saat diperlukan saja, hal ini tergantung situasi dan juga kondisi yang ada. Pemimpin pada jenis ini tidak mengambil inisiatif pada saat tidak terjadi apapun, akan tetapi akan terus bertindak dan mengambil alih kepemimpinan saat terjadi sesuatu ataupun membutuhkan penggerakkan masa.

Fungsi Kepemimpinan

Adapun fungsi kepemimpinan menurut Hadari Nawawi adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Instruktif

Merupakan suatu fungsi dimana pemimpin berperan sebagai komunikator yang menentukan apa (isi dari perintah), bagaimana (cara melakukan), waktu pelaksanaan, dan dimana tempat pengerjaan agar keputusan tersebut dapat diwujudkan secara efektif. Dengan kata lain fungsi ini adalah orang yang dipimpin hanyalah untuk melaksanakan perintah pemimpin.

2. Fungsi Konsultatif

Pemimpin menggunakan cara ini sebagai cara berkomunikasi dua arah dalam upaya menetapkan sebuah keputusan yang membutuhkan pertimbangan dari orang yang dipimpinnya.

3. Fungsi Partisipasi

Yakni pemimpin yang melibatkan anggotanya dalam proses pengambilan keputusan maupun dalam melaksanakannya.

4. Fungsi Delegasi

Pemimpin melimpahkan wewenangnya kepada orang lain, seperti membuat dan juga menetapkan suatu keputusan. Fungsi ini adalah suatu bentuk kepercayaan seorang pemimpin kepada seorang yang diberikan pelimpahan wewenang untuk bertanggung jawab.

5. Fungsi Pengendalian

Pemimpin dapat melakukan suatu bimbingan, pengarahan koordinasi, serta pengawasan terhadap kegiatan para anggotanya.

Unsur-Unsur Kepemimpinan

Adapun unsur-unsur dari suatu kepemimpinan diantaranya adalah

  • Pemimpin (Leader) merupakan orang yang memimpin
  • Organisasi adalah suatu alat dan wadah untuk melakukan kepemimpinan
  • Bawahan (Pengikut) merupakan orang-orang yang dipimpin.
  • Lingkungan merupakan internal dan eksternal perusahaan.
  • Tujuan (objective) merupakan sasaran yang ingin dicapai.

Tujuan Kepemimpinan

Adapun tujuan dari suatu kepemimpinan adalah sebagai berikut:

1. Sarana Mencapai Tujuan

Kepemimpinan merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai suatu tujuan. Yakni dengan memperhatikan apakah tujuan tercapai atau tidak dan bagaimana caranya untuk mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu kita dapat mengetahui jiwa kepemimpinan dari seseorang.

Pengertian Kepemimpinan, Jenis, Fungsi, Unsur & Tujuannya (Lengkap)
Pengertian Kepemimpinan, Jenis, Fungsi, Unsur & Tujuannya (Lengkap)

2. Memotivasi Orang Lain

Tujuan lain dari kepemimpinan adalah untuk membantu orang lain menjadi termotivasi, mempertahankan serta meningkatkan motivasi di dalam diri mereka. Sehingga dengan kata lain, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat memotivasi pengikut atau bawahan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Kepemimpinan, Jenis, Fungsi, Unsur & Tujuannya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua. Terimakasih 🙂