Fungsi Manajemen, Tujuan, Unsur, dan Jenisnya Terlengkap

Fungsi Manajemen, Tujuan, Unsur, dan Jenisnya Terlengkap – Jika sebelumnya ruanpengetahuan.com telah membahas 37 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli. Maka disini kita akan menambah wawasan mengenai apa fungsi manajemen, apa tujuan manajemen? apa saja unsur-unsur dan jenis-jenis manajemen? Berikut akan dijelaskan Fungsi, Tujuan, Unsur, dan Jenis-Jenis Manajemen Lengkap.

Fungsi Manajemen, Tujuan, Unsur, dan Jenisnya Terlengkap

Fungsi Manajemen

Fungsi dari manajemen adalah agar kita lebih mudah dalam mengelola sesuatu. Adapun fungsi manajemen menurut Henry Fayol dan GR. Terry ada 4 fungsi utama dari sebuah manajemen yaitu perencanaan,, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Dari keempat fungsi tersebut akan dijelaskan berikut ini:

1. Planning (perencanaan)

Planing merupakan suatu proses kegiatan menyusun dan mendeskripsikan hal-hal yang akan dikerjakan sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan oleh suatu perusahaan.

2. Organizing (Pengorganisasian)

Fungsi organizing merupakan suatu kegiatan dan memetakan kegiatan dari yang besar menjadi lebih spesifik dan terperinci lagi. Hal ini akan memudahkan manajer untuk melakukan pengawasan dan menentukan orang-orang yang ditugaskan sesuai dengan kemampuannya.

Pengorganisasian biasanya dilakukan dengan cara menentukan tugas yang akan dilakukan, kemudian siapa yang akan menjalankan tugas tersebut, bagaimana penyelesaiannya, dan siapa saja yang bertanggung jawab atas tugas tersebut.

3. Directing (Pengarahan)

Pengarahan merupakan fungsi manajemen yang mempengaruhi atau memberikan perintah kepada siapa saja yang akan menjalankan tugas tersebut.

Tugas dari fungsi pengarahan serta implementasinya sebagai berikut:

Memberikan tugas yang jelas dan teratur mengenai pekerjaan

Menerapkan proses pembimbingan, kepemimpinan serta memberikan motivasi kepada tenaga kerja

Baca Juga:  Pengertian Perusahaan Dagang, Jenis, Ciri dan Contohnya (Lengkap)

Memberikan penjelasan mengenai kebijakan-kebijakan yang sebelumnya sudah ditetapkan.

4. Controlling (Pengendalian)

Fungsi pengendalian adalah usaha untuk menilai suatu kinerja yang mengacu pada standar yang telah diciptakan dan melakukan pembaharuan jika diperlukan.

Tujuan Manajemen

Menurut GR Terry, tujuan manajemen adalah suatu tujuanyang diinginkan oleh pihak yang berkepentingan dengan melukiskan ruang atau skope yang jelas dan memberi arah kepada manajer

Definisi 4 hal pokok tersebut meliputi:

  • Tujuan
  • Skope
  • Kepastian
  • Arah

Tujuan manajemen harus mencakup 4 hal tersebut dan tentang perencanaan kebijakan,strategi, prosedur, metode, sistem, aturan, intruksi, dan lainnya yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Unsur-Unsur Manajemen

Unsur-unsur manajemen dalam implementasinya saling berkaitan erat satu sama lain, masing-masing dari unsur tersebut tidak dapat dipisahkan. Karena penerapan fungsi manajemen tidak akan berjalan tanpa salah satu fungsi tersebut.

Berikut adalah unsur-unsur manajemen dalam fungsi manajemen:

1. Man (Sumber Daya Manusia)

Manusia pada unsur manajemen ini adalah mereka yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Money (Uang)

Dalam menjalankan aktivitasnya perusahaan tidak akan pernah terlepas dari biaya yang dihitung dengan jumlah satuan uang.

Dengan adanya uang atau dana yang memadai maka perusahaan akan leluasa dalam menjalankan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir yaitu memperoleh laba yang maksimal.

3. Material (Bahan Baku)

Bahan baku sangat dibutuhkan dalam proses produksi. Perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu tanpa bahan baku. Dibutuhkan tenaga ahli untuk menjadikan bahan baku diolah menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi. Sehingga antara keduanya saling berkaitan dan tidak dapat terlepaskan.

4. Machines (Peralatan Mesin)

Untuk mengolah bahan baku menjadi suatu barang maka dibutuhkan juga mesin. Dengan adanya mesin ini, maka waktu yang digunakan dalam proses produksi akan semakin efisien. Disamping itu, tingkat human eror akan semakin sedikit dan dapat di minimalisir.

Baca Juga:  Pengertian Uang Kartal, Ciri-Ciri, Dan Jenisnya Terlengkap

5. Method (Metode)

Dalam mengelola dan menerapkan sejumlah unsur-unsur manajemen diatas memerlukan metode atau standar operasional prosedur yang baku.

6. Market (Pasar)

Pasar sama dengan konsumen yang merupakan unsur manajemen yang penting. Tanpa adanya permintaan makan proses produksi akan terhenti dan segala aktivitas perusahaan tidak akan berjalan lagi.

Dalam hal ini perusahaan harus memiliki strategi yang baik agar dapat menguasai segmentasi pasar baik dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas dengan kompetitor market sejenis.

Jenis-Jenis Manajemen

1. Manajemen Produksi

Fungsi dari manajemen produksi adalah mengatur suatu perusahaan agar dapat menciptakan dan menambah manfaat atau kegunaan barang dan jasa serta bertanggung jawab pada perencanaan produksi dan distribusi organisasi perusahaan.

2. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan memiliki beberapa tugas yaitu menggunakan dananya secara efektif dan efisien, memanfaatkan peuang untuk mendapatkan dana, dan dapat mengalokasikan dana.

3. Manajemen Administrasi

yaitu memberikan layanan informasi dalam bidang administrasi untuk dapat melaksanak kegiatan yang efektif dan memberikan kelancaranpada bidang lainnya.

4. Manajemen Pemasaran

Suatu rencana kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan analisis situasi dan tujuan yang sudah ditetapkan. Adapun tugas dari manajemen pemasaran adalah

segmentasi pasar yaitu proses pengelompokkan pasar kedalam kelompok konsumen yang akan dilayani perusahaan.

riset pasar yaitu mengetahui keinginan, sikap, dan tingkah laku dan tingkah laku konsumen terhadap produk yang akan dijual.

promosi terpadu yaitu upaya memperkenalkan produk baik melalui periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan langsung.

5. Manajamen Personalia

Manajemen personalia merupakan bagian dari pemasaran yang memfokuskan perhatian terhadap produksi tenaga kerja dalam suatu organisasi.

Demikianlah penjelasan mengenai Fungsi Manajemen, Tujuan, Unsur, dan Jenisnya Terlengkap. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai manajemen. Terimakasih 🙂

Baca Juga:  11 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli Terlengkap
Rate this post