Cara Menjaga dan Memperjuangkan Cinta Dalam Islam

Cara Menjaga dan Memperjuangkan Cinta Dalam Islam – Setiap manusia pasti memiliki cinta, dan cinta adalah kebutuhan dasar setiap manusia. Menjaga cinta dalam Islam agar tidak diluapkan dan memperjuangkan cinta dalam Islam, karena setiap manusia pasti akan merasakan cinta.

Islam memandang cinta sebagai dasar persaudaraan antar manusia dan perasaan yang melandasi hubungannya dengan makhluk lain seperti hewan, tumbuhan. Menurut ibn hazm cinta didefenisikan sebagai naluri atau insting yang menggelayuti perasaan seseorang terhadap orang yang dicintainya.

Nah lalu bagaimana jika seorang mukmin yang sedang jatuh cinta? Bagaimana cara menjaga nya jika belum siap sesuai dengan syariat Allah bagaimana cara untuk memperjuangkan cinta yang diridhoi Allah SWT. Untuk memahami lebih lanjut kali ini ruangpengetahuan.com akan menulis mengenai cara menjaga dan memperjuangkan cinta dalam Islam.

Cara Menjaga dan Memperjuangkan Cinta Dalam Islam

1. Menjaga Cinta Dalam Islam

Bagaimana jika seorang mukmin jatuh cinta akan tetapi belum siap untuk menikah atau belum siap dalam mengungkapkan cinta? Islam mengajarkan sebagai berikut:

a. Berpuasa

Sesungguhnya puasa dapat mencegah kita dari hal-hal yang tidak baik. Jika kita mungkin dalam keadaan tidak berpuasa dapat melakukan hal-hal yang tidak baik, contoh marah, maksiat, akan tetapi dalam keadaan berpuasa otomatis kita akan menahan hal-hal tersebut. Karena do’a orang yang sedang berpuasa sulit tertolak. Nah disaat dalam keadaan sedang berpuasa disaat itulah kita banyak-banyak melakukan doa kepada Allah SWT sang pemilik hati setiap manusia. Terutama saat menjelang berbuka puasa.

Baca Juga:  7 Cara Cepat Mendapatkan Jodoh Dalam Islam dan Amalan Mustajab Yang Harus Dilakukan

b. Menjaga Pandangan

Menjaga pandangan kepada si dia yang kamu cintai, karena dengan menjaga pandangan dapat menjaga dirimu dan menjaga perasaan cinta yang menggebu didalam diri.

“Janganlah engkau iringkan satu pandangkan kepada wanita yang bukan mahram dengan pandangan lain, karena pandangan yang pertama itu halal bagimu, tetapi tidak yang kedua!” (HR. Abu Daud)

2. Memperjuangkan Cinta Dalam Islam

a. Mendekat Kepada Allah SWT

Jika kita menginginkan sesuatu maka kita harus mendapatkan izin dari yang memiliki sesuatu tersebut. Begitupun dengan cinta, ketika kita mencintai seseorang maka kita harus mendekat kepada siapa yang menciptakan dia, siapa yang Maha memiliki hatinya. Mendekat lah kepada Allah SWT dan libatkanlah Allah SWT dalam segala urusan termasuk hubungan yang memperjuangkan cinta. Mintalah kepada Allah dan mohonkanlah petunjuk kepada Allah SWT.

b. Niatkan Segala Sesuatu Karena Allah

Niatkan bahwa cinta yang datang dari Allah SWT, maka cintailah dia karena Allah insyaAllah akan dipermudah dalam memperjuangkan cinta. Seperti didalam Al-Qur’an surat Al-Qashas ayat 50 yang artinya: “Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsu mereka belaka dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikit pun”.

c. Melakukan Shalat Istikharah

Shalat istikharah dan mintalah petunjuk kepada Allah SWT. Selain itu, shalat istikharah dianjurkan untuk mendapatkan kemantapan hati, dan Allah akan memberikan petunjuk kepada hambanya agar terhindar dari langkah yang salah dan sesat.

d. Menghubungi Keluarga Dekatnya

Dalam melakukan suatu hubungan,tentu kita perlu mengenal keluarga dekatnya, berhubungan langsung dengan keluarga atau teman terdekatnya dapat membantu mempertimbangkan segala urusan.

e. Melamar dan Menikahi

Jalan terbaik untuk memperjuangkan cinta adalah menyampaikan perasaannya secara baik-baik dan menghubungi walinya dan segeralah melamar dan menikahi orang yang dicintai tersebut.

Baca Juga:  Doa Memohon Keluarga Sakinah Beserta Latin & Terjemahan Lengkap

“Dan nikahilah orang yang masih membujang diantara kamu dan juga orang yang layak menikah dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Allah akan memberikan kemampuan pada mereka dengan karunia NYA dan Allah Maha Luas Pemberiann NYA”. (Q.S An-Nur: 32)

Nah itulah beberapa point penting yang harus diketahui tentang Cara Menjaga dan Memperjuangkan Cinta Dalam Islam. Semoga dapat bermanfaat terimakasih 🙂

5 (100%) 6 vote[s]