Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Jatuh Cinta Dalam Islam

5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Jatuh Cinta Dalam Islam – Assalamualaikum sahabat ruangpengetahuan.com kali ini kita akan membahas mengenai cinta. Waaaw.. Ya cinta memang terlihat menarik untuk dibicarakan dan diperbincangkan, bagaimana tidak? Segala sesuatu akan terasa kurang tanpa adanya cinta.. Bahkan dengan cinta yang suci kita dapat menyempurnakan separuh agama kita loh, Begitu luar biasanya yah kekuatan cinta ini. Cinta adalah anugrah terindah dari sang Maha Pemilik Cinta, Allah SWT.

Bukankah cinta adalah fitrah manusia. Allah SWT tidak pernah mengharamkan cinta. Cinta adalah sebuah rasa yang sudah menjadi fitrah bagi setiap makhluk terutama manusia. Akan tetapi, manusia diperintahkan untuk dapat menjaga rasa cinta tersebut supaya cinta itu tidak lantas menjerumuskan pada suatu tindakan yang haram dan sesuatu yang tidak lagi mensucikan cinta. Cinta haruslah menjadi suatu media untuk mendekatkan kita kepada-NYA.

Baiklah, Cinta datang dari Allah SWT, maka ketika kita sedang jatuh cinta maka cepat hubungi sang Maha pemilik cinta DIA lah yang Maha menguasai hati kita, bahkan diri kita sendiripun tidak mampu menguasai hati. Perkara Cinta kembalikan kepada Allah.

” Jangan mengandalkan diri kita ketika kita sedang jatuh cinta kembali kepada Allah, ini yang dilupakan oleh mayoritas orang  yang sedang jatuh cinta, dia mengandalkan diri, akhirnya apa? kecewa, akhirnya apa? kandas.. INGAT kita harapkan hubungan yang panjang, kita harapkan hubungan dunia akhirat, buat apa kita jatuh cinta lalu satu bulan kemudian dikhianati oleh dia, buat apa kita jatuh cinta lalu 3 bulan kemudian kita di tipu oleh dia, buat apa kita jatuh cinta lalu ketika menikah dan sudah 2 tahun lalu divorce oleh dia, ga ada gunanya, hanya buang-buang waktu, maka dari itu ketika kita sedang jatuh cinta segeralah menghubungi Allah SWT.” (Dikutip: Ustadz Nuzul Dzikri, Lc )

Baca Juga:  Pengertian Pers, Dasar Hukum, Ciri, Fungsi, Peran dan Jenisnya Lengkap

Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini:

5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Jatuh Cinta Dalam Islam

1. Menjaga Pandangan

Poin pertama yang harus dilakukan adalah menjaga pandangan. Menjaga pandangan bukan berarti kita tidak mengetahui dan tidak boleh melihat orang yang kita sukai, akan  tetapi menjaga pandangan jangan terlalu memandang matanya karena syaitan akan memasukkan benih asmara dari mata. Jika sudah begitu, maka hati yang akan mengambil peranan, oleh sebab itu, jagalah pandangan, agar hati syahwat pun turut menjaga keinginan.

2. Banyak Berpikir dan Berdzikir

Sebagai manusia, hendaklah kita harus berpikir bahwa setiap perbuatan akan dimintai pertanggungjawaban. Berpikirlah setiap perbincangan dengan kekasihnya akan dipertanyakan kelak di hari kiamat.

3. Do’a

Doa adalah sebaik baik pelampiasan cinta. Karena sesungguhnya doa jauh lebih kuat dari apapun. Dengan Doa kita bisa mencurahkan segala isi hati kita kepada Allah SWT, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui yang terbaik untuk kita, sedangkan kita tidak mengetahui. Mencintailah dengan bijak. Tidak perlu terlalu berharap terhadap cinta yang dirasa, cukuplah berdoa pada yang Maha Kuasa atas segala pilihan erbaik-NYA. Semoga kita mendapatkan pilihan terbaik dan menjadi pendamping dunia akhirat.

4. Do’a Agar Tidak Salah Mencintai

Artinya: ” Allah dzat yang Maha Mencukupkan, Rabb kami yang Maha Mencukupkan, kami bermaksud kepada Dzat Yang Maha Mencukupkan, kami temukan Dzat Yang Maha Mencukupkan kepada setiap sesuatu yang mencukupkan telah mencukupkan kepada kami Dzat Yang Maha Mencukupkan dan DIA lah sebaik-baik Dzat Yang Maha Mencukupkan, segala puji bagi Allah”

Baca Juga:  Pengertian Keluarga, Jenis dan Fungsinya (Lengkap)

Diantaranya khasiat dan manfaat hizib autad ini adalah untuk ketenangan hati dan mahabbah, dipermudah dalam berbagai hal dan masalah, meluaskan rizki, mendapatkan keselamatan dari  berbagai marabahaya, dan yang paling utama tentu saja sebagai media berdzikir untuk mendapat ridho Allah SWT.

5. Menikah

Pernikahan? yaa.. sebab pernikahan mencukupi segalanya, satu-satunya menjadi solusi dan penuh berkah. Jika sulit menikahinya hendaklah memohon dan meminta kepada Allah untuk memudahkannya. Jika tidak bisa menikah karena suatu sebab tertentu maka hendaklah bersabar, dan memohon kepada Allah agar diberi jalan keluar. Semoga Allah selalu mempermudah niat baik kita semua Lillahita’ala..

Nah Demikianlah 5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Jatuh Cinta Dalam Islam. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

5 (100%) 4 votes