10 Tanda Jodoh Sudah Dekat Dalam Islam

10 Tanda Jodoh Sudah Dekat Dalam Islam – Assalamualaikum kali ini kita akan membahas mengenai jodoh. Kalo udah ngomongin jodoh itu sesuatu yang bikin hati pikiran dan mata segerr.. Baiklah sahabat mimin, jodoh itu sebuah kepastian, bahkan Allah SWT telah berfiman di dalam surat Adz-Dzariyat ayat 49

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.”

Sesungguhnya Allah SWT sudah menyiapkan jodoh yang sesuai dengan kualitas diri kita sendiri dan juga dari segi iman, jadi tidak ada kata terlambat ataupun  terlalu cepat. Nah untuk memberikan sedikit gambaran mengenai tanda jodoh sudah dekat dalam Islam, maka berikut ini akan dijelaskan beberapa aspek yang akan di ulas sebagai berikut:

10 Tanda Jodoh Sudah Dekat Dalam Islam

Adapun tanda jodoh sudah dekat dalam Islam adalah sebagai berikut:

1. Adanya Kemantapan pada Hati

Hati dalam bahasa arab berarti Al-Qaib, yang jika diartikan adalah mudah dibolak balik. Hal ini menyimpulkan bahwa hati kita tidak selalu bisa menyenangi akan semua hal seperti dalam urusan lawan jenis khususnya jika sudah mengenal baik karakteristik orang tersebut. Namun jika kamu memiliki kemantapan hati pada orang tersebut, maka ini bisa jadi pertanda bahwa ia merupakan jodoh untuk kamu yang tentunya kemantapan hati ini didasari dengan memohon petunjuk dari Allah SWT.

Baca Juga:  Doa Memohon Keluarga Sakinah Beserta Latin & Terjemahan Lengkap

2. Ketenangan Jiwa

Sebuah interaksi yang dilakukan dengan sesama khusunya pada lawan jenis, terkadang akan berujung pada pertengkaran. Jika sebuah pertengkaran ini tidak ada habisnya dan membuat kamu merasa tidak tenang dan gelisah, maka sebaiknya singkirkanlah harapanmu pada orang tersebut meskipun jika dilihat dari segi materi, fisik dan intelektualnya sangat baik.

Sebaliknya jika orang tersebut memberikan ketenangan dan ketentraman jiwa sebagaimana dalam firman Allah SWT yang artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS.A-Ruum : 21).

3. Saling Memaklumi

Jodoh itu berawal dari perasaan yang timbul dari dalam hati. Kemudian barulah kamu bisa melihat siapa yang bisa memaklumimu dengan sungguhj-sungguh. Jika ia adalah jodohmu, maka tidak akan ada penghalang perasaan dalam hati kamu, sebab hati yang saling mencintai akan bisa memaklumi baik itu dari segi fisik, keadaan, maupun perasaan.

4. Bisa Memaafkan

Memiliki seorang pasangan yang pemaaf memang sulit, akan tetapi jika dia adalah jodohmu, maka ia akan selalu memaafkan karena perasaan yang ia miliki adalah tulus. Namun yang harus kamu ketahui adalah jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang fatal karena setiap manusia memiliki batas kesabaran.

5. Iman dan Kebaikan Tidak Jauh Berbeda

Biasanya jodoh itu tidak jauh dari cerminan diri kita sendiri. Memiliki keimanan dan kebaikan yang tidak jauh berbeda biasanya akan menjadi sebuah pertanda jodoh kita sudah dekat. Seperti yang tertulis dalam ayat Al-Qur’an wanita yang baik untuk laki-laki yang baik begitupun sebaliknya, dan wanita yang  tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik pula dan sebaliknya.

Baca Juga:  Cara Menjaga dan Memperjuangkan Cinta Dalam Islam

6. Berhenti Mencari

Pertanda jodohmu sudah dekat adalah dengan kamu berhenti untuk mencari lagi, ini masih berkaitan dengan kemantapan hati, sehingga membuat kamu berhenti untuk mencari.

7. Saling Menerima

Jika jodohmu sudah dekat, biasanya kalian akan saling menerima satu sama lain, karena Allah SWT akan menghadirkan perasaan dihati masing-masing untuk bisa saling menerima satu sama lain.

8. Keluarga Bisa Menerima

Jika keluarga si dia sudah menerima dan keluarganya pun sudah menerima, maka lampu hijau sudah terlihat dan pertanda bahwa jodoh mu sudah dekat. InsyaAllah.

9. Selalu Jujur

Sangat sulit untuk menemukan seorang pasangan yang jujur, karena kejujuran itu merupakan pondasi dan juga sesuatu yang tidak boleh dipermainakan, dan jika kejujuran berasal dari hati, insyaAllah kebahagiaan selalu menyertaimu. Karena seorang mukmin yang baik  akan selalu jujur dalam perkataan dan kenyataan. Jika sudah ada, maka insyaAllah jodohmu sudah dekat.

10. Tutur Kata dan Akhlak Mengandung Motivasi

Biasanya jika jodoh sudah dekat, bisa terlihat dari tutur kata dan akhlaknya yang selalu mengandung motivasi sehingga membuat kedua belah pihak akan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Orang tersebut dapat merubah perasaan galau, sedih, menjadi sebuah kebahagiaan karena atas izin Allah SWT.

Demikianlah penjelasan mengenai 10 Tanda Jodoh Sudah Dekat Dalam Islam. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

4.9 (97.04%) 27 votes