9 Arti Wanita Cantik dalam Islam

9 Arti Wanita Cantik dalam IslamRuangpengetahuan.com kali ini akan membahas mengenai arti cantik dalam islam, menurut kalian apasih cantik itu? Pasti setiap orang memiliki definisi cantik yang berbeda-beda, karena cantik itu relatif. Kebanyakan dari kita menilai kecantikan seseorang itu dari fisik, dari bentuk tubuhnya, dan semacamnya.

Akan tetapi pernahkah kita berfikir, bagaimana arti cantik dalam Islam?

Menurut buku Ensiklopedi kata-kata Al-Qur’an Al-karim yang dikeluarkan oleh dewan bahasa arab, kecantikan diartikan dengan keanggunan, keelokan, dan kehalusan. Adapun yang mengartikan kecantikan dalam kasad mata yaitu suatu hal yang indah yang dapat membuat seseorang menjadi suka dan mencintai.

Kecantikan dapat diberikan kepada sifat manusia, tabiat dan akhlaknya serta tutur katanya yang indah. Sedangkan Islam adalah agama yang menyeru pada kecantikan dan keindahan. Yang mana kecantikan itu dapat berupa kecantikan maknawi yaitu kecantikan yang berupa akhlak, jiwa, sifat dan sikap.

Arti kecantikan dalam Islam dan Al-Qur’an tidak dilihat dari kecantikan fisik dan rupa semata akan tetapi lebih kepada kecantikan sifat, tabiat, kebaikan hati, dan akhlaknya seseorang tersebut. Setiap manusia memiliki kecantikan, jangan pernah takut kehilangan cantik fisik, karena sesungguhnya kcantikan yang kekal adalah seorang wanita yang mampu menjaga akhlaknya, merawat dan menjaga diri yang sudah Allah titipkan kepada kita. Dan jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki, karena barang siapa yang bersyukur atas nikmat Allah maka Allah akan menambahnya.

 9 Arti Wanita Cantik dalam Islam

1. Wanita Yang Beriman Kepada Allah dan Rasul-Nya

Iman adalah suatu hal yang amat penting yang harus ada dalam diri dan hati setiap insan. Sehingga keimanan adalah penilaian yang harus pertama kali di utamakan dalam arti wanita cantik dalam Islam.

Baca Juga:  30 Nama Bayi Perempuan Islami Dalam Al-Qur'an Beserta Artinya Lengkap

2. Menjaga Kehormatannya

Hendaknya seorang perempuan menjaga dirinya dari hal-hal yang dilarang Islam, dan senantiasa menutupi auratnya yang paling berharga.

3. Memiliki Rasa Malu

Malu berarti sikap muslimah yang selalu rendah hati dan tidak riya atau pamer. Malu adalah akhlak yang utama dan merupakan perhiasan manusia.

4. Bijaksana dalam Menghadapi Tantangan

Selalu bijaksana dalam menghadapi segala tantangan. Bersikap pandai dan mampu mencermati berbagai kemungkinan yang ada untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.

5. Bersabar

Bersabar dalam setiap menghadapi berbagai rintangan dan tantangan.

6. Wanita Yang Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Diri

Menjaga kesehatan dan kebersihan merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Seorang wanita yang menjaga dirinya akan selalu terlihat bersih, elegan, nan cantik. Dan juga menjaga kebersihan sama halnya dengan menjaga kesucian pakaian dari berbagai najis.

7. Wanita Yang Menjaga Lisan

Kecantikan wanita dalam Islam juga dilihat dari seseorang tersebut dalam menjaga lisannya, apalah arti sebuah kecantikan paras jika lisannya tidak bisa dijaga, omongannya kasar, sering ngomongin orang. Alangkah mulianya jika seorang tersebut menjaga selalu lisannya dan memiliki fisik dan wajah yang bersih.

8. Wanita Yang Memiliki Pendidikan Baik

Seorang wanita yang memiliki pendidikan baik dikategorikan sebagai seorang perempuan yang cantik, akan tetapi wanita yang memiliki pendidikan baik disini bukan berarti wanita yang harus bersekolah tinggi, S2 S3, akan tetapi wanita yang memiliki ilmu keagamaan dan umum yang baik, karena sekolah tinggi tidak menjadi acuan atau patokan untuk menjadi wanita pintar.

9. Wanita Yang Menjaga Shalatnya

Wanita yang cantik dalam Islam adalah wanita yang selalu menjaga shalatnya, dimanapun dia berada dan dalam keadaan apapun. Karena dia tahu bahwa shalat adalah suatu kewajiban dan apabila ditinggalkan maka neraka akan menunggunya.

Baca Juga:  7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Muslimah Saat Haid

Nah Demikianlah point-point penting yang harus diketahui mengenai 9 Arti Wanita Cantik dalam Islam. Semoga dapat menjadi cerminan untuk diri kita agar menjadi wanita cantik sesuai dengan syariat Islam. Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂

Rate this post