8 Keutamaan dan Manfaat Shalat Sunnah Rawatib

8 Keutamaan dan Manfaat Shalat Sunnah Rawatib – Shalat sunnah ialah shalat yang dikerjakan diluar shalat wajib. Banyak sekali shalat sunnah yang bisa dikerjakan diluar shalat wajib, nah salah satunya shalat sunnah rawatib. Shalat sunnah rawatib merupakan shalat sunnah yang dikerjakan sebelum shalat fardhu dinamakan shalat sunnah qabliyah. Sedangkan shalat sunnah yang dikerjakan setelah shalat fardhu dinamakan shalat sunnah ba’diyah.

Adapun shalat sunnah rawatib yang ditulis daqlam kitab Riyadhussalihin

“Dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, Istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Seorang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata, “Setelah aku mendengar hadits ini aku tidak pernah meninggalkan shalat-shalat tersebut.” (Dari Kitab Riyadhussalihin).

Dalam hadits pernah dikatakan bahwa “Barang siapa yang shalat dua belas rakaat pada siang dan malam maka akan dibangunkan baginya rumah di syurga”.

Hadits tersebut menujukkan bahwa shalat sunnah rawatib sangat dianjurkan dan memiliki banyak manfaat. Berikut keutamaan dan manfaat shalat sunnah rawatib:

8 Keutamaan dan Manfaat Shalat Sunnah Rawatib

Keutamaan dan manfaat shalat sunnah rawatib adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  7 Keutamaan Shalat Dhuha Dan Manfaatnya Yang Luar Biasa

1. Menjalankan Sunnah Rasulullah Saw

Sebagai ummat Nabi Muhammad Saw sudah seharusnya kita mengikuti dan melaksanakan sunnah-sunnahnya. Shalat sunnah rawatib merupakan salah satu contoh sunnah yang diajarkan Rasulullah secara konsisten, sehingga kita termasuk golongan ummat Nabi Muhammad Saw.

2. Allah SWT Menyayangi Dengan Rahmat-Nya

Ibnu Umar Radhiyallahuanhuma meriwayatkan Rasulullah Saw bersabda ” Allah Menyayangi orang yang shalat sunnah empat raka’at sebelum ashar.” (HR. Abu Dawud).

3. Akan Dibangunkan Rumah Baginya Di Surga Kelak

Barang siapa yang melaksanakan shalat sunnah rawatib secara konsisten InsyaAllah akan dibangunkan rumah baginya kelak di surga. Rasulullah Saw tidak pernah meninggalkan shalat sunnah rawatib kecuali jika beliau sedang dalam perjalanan atau hal lainnya seperti sakit, tertidur, dan beliau mengqodhonya. Seperti yang disampaikan pada hadits-hadits berikut ini:

Dari Abdullah bin Mughaffal radhiallahu anhu , ia berkata:”Bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wasalam , ‘Di antara dua adzan itu ada salat, di antara dua adzan itu ada salat, di antara dua adzan itu ada salat. Kemudian pada ucapannya yang ketiga beliau menambahkan: ‘bagi yang mau”.(Muttafaq ‘alaih)

Dari Ibnu Umar Radhiallaahu anhu dia berkata: “Aku salat bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasalam dua rakaat sebelum Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah Jum’at, dua rakaat sesudah Maghrib dan dua rakaat sesudah Isya.”(Muttafaq ‘alaih)

Berikut ini juga hadits nabi yang mengatakan bahwa Allah SWT akan membangunkan rumah kelak di surga.

Dari Ummu Habibah Radhiallaahu anha , ia berkata: “Aku telah men-dengar Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda, Barangsiapa salat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di Surga, yaitu; empat rakaat sebelum Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat sebelum salat Subuh.” (HR. At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan shahih).

4. Diharamkan Baginya Api Neraka

Keutamaan shalat sunnah rawatib selanjutnya adalah Allah SWT mengharamkan baginya api neraka. Sebagaimana hadits Nabi yang artinya:

Baca Juga:  15 Siksaan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat

Dari Ummu Habibah Radhiallaahu anha, ia berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda, ‘Barangsiapa yang menjaga empat rakaat sebelum Dhuhur dan empat rakaat sesudahnya, Allah mengharamkannya dari api Neraka.”(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi, ia mengatakan hadits ini hasan shahih).

5. Mendapatkan Limpahan Rahmat

Keutamaan shalat sunnah rawatib selanjutnya adalah mendapatkan limpahan rahmat. Banyak sekali amalan-amalan yang bisa melancarkan pemberian rahmat dari Allah SWT. salah satunya adalah dengan melaksanakan shalat sunnah rawatib secara konsisten.

Dari Ibnu Umar Radhiallaahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasalam bersabda : “Semoga Allah memberi rahmat bagi orang yang salat empat rakaat sebelum Ashar.”(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan).

6. Mendapatkan Pahala Yang Lebih Besar

Shalat sunnah rawatib akan mendatangkan pahala yang besar bagi umat Islam yang menjalankannya. Salah satu cara dan amalan supaya kita mendapatkan pahala dan ganjaran dari Allah SWT adalah dengan melaksanakan sesuatu yang wajib kemudian menjalankan sunnah Rasulnya. Salah satrunya adalah melaksanakan shalat sunnah rawatib.

7. Tidak Terlena Dengan Dunia

Shalat mengingatkan kita pada hakikat hidup yang sesungguhnya. Shalat rawatib yang dikerjakan akan membuat kita terkondisikan pada suatu amalan yang mengarahkan kita pada akhirat sehingga membuat kita menjadi tidak terlena akan hal yang bersifat duniawi.

8. Menutupi Shalat Wajib Yang Terlupa

Pasti kita pernah yah yang namanya lupa ga shalat wajib, tapi yang bener-bener lupa loh yaa, misal ketiduran lupa udah shalat atau belum, tapi kita yakin nya udah padahal belum. Nah dengan itu shalat-shalat sunnah yang kita kerjakan dapat membantu dalam menutupi shalat-shalat wajib yang tertinggal karena lupa.

Nah itulah 8 Keutamaan dan Manfaat Shalat Sunnah Rawatib semoga bermanfaat dan memotivasi kita untuk senantiasa istiqomah dalam menjalankan perintah Allah SWT dan sunnah-sunnah Rasulullah Saw.

Baca Juga:  Inilah 8 Tanda dan Ciri Rasa Takut Kepada Allah SWT
5 (100%) 5 votes