37 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap

37 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap – Manajemen adalah suatu proses untuk mengatur segala sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai suatu tujuan yang diperoleh dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Pada dasarnya, manajemen memiliki banyak pengertian jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Secara keseluruhan manajemen memfokuskan pada hal penting yaitu pembuatan keputusan. Untuk lebih memahami pengertian manajemen, ruangpengetahuan.com akan menjelaskan apa itu manajemen baik secara umum maupun menurut para ahli. Berikut penjelasannya:

Pengertian Manajemen Secara Umum

Secara etimologi, manajemen berasal dari bahasa perancis yaitu menagement yang berarti seni dalam mengatur serta melaksanakan. Nah mengapa dikatakan sebagai seni? karena seni itu indah, sehingga manajemen dekat dengan seni yang identik dengan rapi, teratur dan terstruktur.

Manajemen secara spesifik dapat diartikan sebagai pengorganisasian, ilmu dan seni perencanaan, pengarahan dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi untuk mencapai tujuan dan penggunaan sumber daya yang sesuai.

37 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap

Definisi manajemen menurut para ahli ini bisa dijadikan sebagai landasan untuk memahami apa itu manajemen, berikut adalah definisi manajemen menurut para ahli:

1. George R. Terry

Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari pengarahan suatu kelompok orang dengan tindakan perencanaan, menggerakkan dan pengawasan untuk mencapai ke arah tujuan organisasional yang nyata.

2. John D. Millet

Manajemen merupakan suatu proses dalam memberikan arahan kerja kepada sekelompok orang-orang dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. (dalam bukunya Managemen in the Public Service)

3. Mary Parker Follet

Manajemen merupakan sebuah seni yang dalam menyelesaikan pekerjaannya bisa melalui orang lain. Artinya manajer mengatur orang-orang di organisasi tersebut untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

Baca Juga:  Pengertian Perusahaan Dagang, Jenis, Ciri dan Contohnya (Lengkap)

4. Henry Fayol

Manajemen adalah proses pengorganisasian, perencanaan, dan pengawas atau pengontrol terhadap sumber daya yang ada agar dapat mencapaitujuan yang efektif dan efisien.

5. Lawrence A. Appley

Manajemen merupakan sebagai seni untuk mencapai suatu tujuan dilakukan melalui usaha orang lain.

6. James A.F Stoner

Manajemen merupakan suatu proses pengorganisasian, perencanaan, dan penggunaan sumber daya yang lain untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

7. Encylopedia of the Social Science

Manajemen merupakan suatu proses yang dalam pelaksanaan tujuannya direncanakan,dilaksanakan,dan di awasi.

8. Prajudi Atmosudirdjo

Manajemen adalah melaksanakan atau menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan sumber daya manusia, mesin, uang, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.

9. Harold Koontz dan Cyriil O’ Donnel

Manajemen merupakan cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang lain (dalam bukunya The Principles of Management).

10. Manullang

Manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan,pengarahan, dan pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai yang sudah ditetapkan.

11. Eiji Ogawa

Manajemen adalah perencanaan, penerapan, dan pengendalian dari setiap kegiatan yang dilakukan tiap perusahaan maupun organisasi dengan menentukan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan keadaan (fleksibel).

12. Josepg Massie

Manajemen adalah suatu proses saling bekerjasama dalam suatu kelompok yang mengarahkan tindakannya ke arah tujuan bersama.

13. Luther Gulick

Manajemen adalah suatu ilmu pengetahuan  yang berupaya secara sistematis dengan tujuan untuk memahami bagaimana dan mengapa manusia bekerjasama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

14. Theo Haiman dan William Scott

Manajemen adalah  sosio-teknikal yaitu proses yang memanfaatkan sumber daya, tindakan manusia, pengaruh, dan fasilitas perubahan untuk mencapai tujuan organisasi.

15. Wilson Bangun

Manajemen adalah susunan berbagai aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh tiap anggota suatu organisasi untuk meraih tujuan organsisasi tersebut.

16. Karnadi Wargasasmita

Baca Juga:  Pengertian Perdagangan Internasional, Jenis, Faktor & Manfaatnya Lengkap

Manajemen adalah proses mengatur, mengurus, memimpin, dan mengawasi pekerjaan ke arah tujuan usaha.

17. Oey Liang Lee

Manajemen adalah seni ilmu dan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengendalian serta pengarahan yang didasari dari sumber daya perusahaan itu, untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

18. Richard L. Daft

Manajemen adalah pencapaian sasaran suatu organisasi melalui perencanaan,pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasi yang dilakukan secara efektif dan efisien.

19. Hilman

Manajemen adalah sebagai fungsi untuk mencapai tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap orang untuk mencapai tujuan yang sama.

20. Ahuja

Manajemen adalah suatu pihak atau orang yang menawarkan atau menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen.

21. Gordon (1976)

Manajemen merupakan metodeyang digunakan administrator untuk melakukan tugas tertentu dalam mencapai tujuan. (dalam Bafadal 2004:39).

22. Chaster Bernard

Manajemen adalah bidang ilmu pengetahuan yang isinya berupa ide-ide dengan 5 fungsi utama yaitu mendesain, mengorganisir, mengatur, mengendalikan, dan mengoordinasi.

23. Peterson dan Plowman

Manajemen adalah proses menggunakan cara tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

24. Mulayu S.P.Hasibuan

Manajemen adalah  ilmu dan seni mengatur suatu proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya dengan efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.

25. Willian H.Newman

Manajemen adalah ilmu mengenai perilaku yang meliputi beberapa aspek sosial dalam konteks perencanaan.

26. T. Hani Handoko

Manajemen merupakan bekerja dengan sekelompok atau orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan dengan menggunakan fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan prsonalia, arahan, kepemimpinan,dan pengawasan.

27. Thomas H.Nelson

Manajemen merupakan ilmu dan seni menyatukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan sumber daya manusia untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjual untuk dapat memperoleh keuntungan.

28. Davis

Manajemen merupakan fungsi dari setiap kepemimpinan eksecutif dimanapun.

Baca Juga:  Fungsi Manajemen, Tujuan, Unsur, dan Jenisnya Terlengkap

29. Robbins and Coulter

Manajemen adalah proses pengaturan dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar dapat diselesaikan secara efekif dan efisien.

30. Koontz

Manajemen adalah seni yang paling berguna atau produktif yang pelaksanaannya berdasarkan pemahaman ilmu yang mendasarinya.

31. Bennet N.B Silalahi

Manajemen merupakan ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksakbukan dari tanggung jawab keselamatan serta kesehatan kerja,baik dari sisi perencanaannya.

32. Kimball and Kimball (1951)

Manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan, garis-garis besar kebijaksanaan, penyediaan peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.

33. Gibson, Donelly, and Ivanevich

Manajemen merupakan suatu proses yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mengkoordinasikan aktivitas orang lain, dalam mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai oleh orang itu sendiri.

34. Renvill Siagian

Manajemen merupakan salah satu bidang usaha yang bergerak dibidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang sudah terlatih dan berpengalaman.

35. Fredrik Winslow Taylor

Manajemen merupakan suatu seni yang mengetahui apa yang kamu inginkan dan lakukan, kemudian bagaimana sesuatu itu dilakukan dengan cara sebaik dan semurah mungkin.

36. The Liang Gie

Manajemen merupakan serangkaian unsur perbuatan yang menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja supaya tujuan organisasi benar tercapai.

37. Dr. Sp. Siagian

Dalam buku  “Filsafat Administrasi” manajemen diartikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam pencapaian tujuan melalui orang lain.

Nah itulah penjelasan mengenai 37 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai manajemen. Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂

Rate this post