33 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Terlengkap

33 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Terlengkap – Seni merupakan salah satu bagian dari manusia, yang sudah melekat pada jiwa manusia. Sehingga sulit untuk mendifinisikan secara universal karena setiap orang mempunyai pikiran dan pandangan tersendiri mengenai seni. Oleh karena itu, kali ini ruangpengetahuan.com akan menjelaskan mengenai pengertian seni dari berbagai sudut pandang dari para ahlinya.

Sebelum menjelaskan pengertian menurut para ahlinya, berikut akan terlebih dahulu dijelaskan pengertian seni secara umum.

Pengertian Seni Secara Umum

Kata seni berasal dari bahasa sansekerta (sani) yang berarti pemujaan, perembahan, dan pelayanan. Kata tersebut memiliki kaitan yang sangat erat dengan upacara keagamaan yang disebut juga dengan kesenian.

Adapun menurut Padmapushpita kata seni berasal dari bahasa belanda yakni “genie” dan bahasa latin yang berarti “genius”, artinya seni adalah kemampuan luar yang dibawa sejak lahir.

Sehingga seni dapat dikatakan sebagai ragam kegiatan manusia dalam hal penciptaan karya visual, auditori, atau pertunjukkan yang mengekspresikan imajinasi dan kemampuan teknis pencipta dengan tujuan untuk diapresiasi atau dikenalkan keindahannya.

Sedangkan dalam ilmu eropa, kata seni disebutkan dengan “art” yang dimaknai sebagai artivisual dari suatu benda yang melakukan suatu kegiatan tertentu.

33 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Terlengkap

1. Aristoteles

Seni adalah hasil tiruan terhadap alam, akan tetapi sifatnya harus ideal.

2. Ki Hajar Dewantara

Seni merupakan segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakkan jiwa dan perasaan manusia.

3. Al-farabi

Seni adalah ciptaan yang berbentuk keindahan.

4. J.J Hogman

Seni adalah sesuatu yang mempunyai unsur aktivitas, ide, dan artefak.

Baca Juga:  31 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Terlengkap

5. Plato dan Rousseau

Seni adalah segala hasil peniruan alam dengan segala isinya.

6. Drs. Popo Iskandar

Seni adalah hasil ekspresi,pernyataan atau ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam bentuk kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok.

7. Ahdian Karta Miharja

Seni adalah suatu kegiatan rohani yang mereflesikan kenyataan dalam suatu karya yang isi dan bentuknya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.

8. Prof. Dr. George R. Terry

Seni merupakan kekuatan manusia secara pribadi yang kreatif, ditambah dengan keahlian yang berkaitan dalam menampilkan tugas pekerjaannya.

9. Drs. H.Inu Kencana Syafiie, M.Si.

Seni adalah Kemampuan dan keahlian seseorang untuk mewujudkan rasa,cipta, dan karsa yang dimilikinya yang berkaitan dengan tugas dan fungsinya sebagai seniman.

10. Drs. Sudarmaji

Seni adalah segala bentuk ekspresi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media garis, bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

11. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Seni adalah segala aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung dan mempunya  daya membangkitkan rasa takjub dan haru.

12. Padma Puspitha

Seni adalah kemampuan luar biasa yang sudah ada sejak lahir. Sedangkan menurut kajian ilmu adalah suatu media yang dapat melakukan suatu aktivitas tertentu.

13. Nanang Rizali

Seni adalah bentuk ekspresi atau manifestasi dari kebudayaan sebagai hasil karya cipta manusia yang meliputi seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni drama.

14. Irma Damayanti

Seni adalah pokok ekspresi dari segala kreativitas manusia.

15. Al-Ghazali

Seni adalah suatu hasil kerja yang dilahirkan dari rasa manusia dan jiwa sesuai dengan fitrahnya.

16. Yekti Herlina

Seni adalah media penyampaian pesan dari seniman kepada orang lain tujuannya untuk mempengaruhi pikirannya.

Baca Juga:  Pengertian Musik Tradisional, Ciri, Fungsi dan Contohnya (Lengkap)

17. Ahmad Zaenuri

Seni adalah usaha seniman dalam mengalihkan energi psikis dan pencapaian kepuasan yang dapat diterima oleh dunia luar.

18. Sartono Kartodirdjo

Seni adalah sebuah sistem yang teratur, karya bisa menjalankan komunikasi secara efektif yakni melalui bagiannya bisa menunjukkan secara umum.

19. Ira Ardianti

Seni adalah suatu proses serta produk dalam memilih media, suatu pemikiran peraturan untuk menggunakan media tersebut, dan satu set nilai-nilai tersebut yang menentukan apakah yang pantas di ungkap dan tuangkan melalui ekspresi lewat media itu, baik berupa gagasan, perasaan, sensasi, ataupun kepercayaan dengan cara yang sangat efektif.

20. Schopenhauer

Seni adalah segala usaha dalam menciptakan setiap bentuk yang dapat menyenangkan perasaan.

21. Koentjaraningrat

Seni suatu kompleks dari ide-ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks tersebut beraktivitas, serta tindakan pola dari manusia dalam bermasyarakat dan berwujud benda-benda hasil manusia biasanya.

22. Kottak

Seni adalah bentuk hasil ekspresi, kualitas, alam keindahan, dan segala sesuatu hal yang melebihi keasliannya serta penggolongan subjek-objek terhadap kriteria artistik.

23. Eric Ariyanto

Seni adalah suatu aktivitas batin atau kegiatan rohani yang digambarkan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang mendengar atau melihatnya.

24. William A. Haviland

Seni adalah pemakaian imajinasi manusia dengan kreatif dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayan tertentu.

25. Chartin Muler

Seni adalah segala sesuatu yang dihasilkan dari unsur rasa yang berhubungan dengan karya cipta seseorang.

26. Leo Tolstoy

Seni merupakan pernyataan atau ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan oleh seorang seniman.

27. Emanuel Kant

Seni adalah suatu impian karena rumus-rumus tidak dapat mengusahakan kenyataan.

Baca Juga:  Pengertian Sketsa, Jenis, Unsur dan Tekniknya Lengkap

28. Nuning Y. Damayanti

Seni merupakan suatu proses dari manusia,oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu.

29. Alexander Baum Garton

Seni merupakan keindahan dan tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

30. Thomas Munro

Seni merupakan alat buatan manusia yang menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya berupa tanggapan.

31. Nandawan L. Hasanah

Seni adalah suatu ungkapan ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia yang memiliki unsur keindahan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang nyata dan bisa dinikmati oleh semua panca indra manusia.

32. Harry Sulastianto

Seni merupakan suatu kemampuan dalam mengekspresikan macam ide dan pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan dan imajinasi suatu benda atau suasana dan karya yang dapat menimbulkan rasa keindahan sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju.

33. Enslikopedia Indonesia

Seni adalah penciptaan segala benda atau hal yang karena keindahannya orang senang melihat atau mendengarnya.

Demikianlah penjelasan mengenai 33 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Rate this post