31 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Terlengkap

31 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Terlengkap – Kita sering sekali mendengar istilah budaya. Indonesia juga dikenal dengan beranekaragam budaya dari sabang hingga marouke, yang disetiap daerahnya memiliki budaya dan ciri khas yang berbeda-beda pula. Namun tahukah anda definisi dari budaya tersebut? Mungkin masih ada diantara kita yang belum mengetahuinya. Banyak para ilmuan yang juga mengemukakan pendapatnya mengenai budaya, namun sebelumnya kita akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih pengertian budaya secara umum.

Arti budaya secara umum berasal dari bahasa sansekerta yakni budhayah yang berakar dari kata budhi yang berarti akal ataupun budi. Budaya merupakan cara atau pola hidup yang menyeluruh dan juga bersifat berkembang. Budaya tersebut memiliki oleh sekelompok orang yang hidup disuatu daerah yang merupakan warisan dari nenek moyang yang nantinya akan diwariskan dari genersai ke genarasi. Budaya bersifat abstrak dan luas dan memiliki sifat yang kompleks.

Banyak unsur pembentukan yang dimiliki oleh budaya yang merupakan kegiatan sosial dari manusia. Berbagai unsur tersebut diantaranya adalah agama, bahasa, adat istiadat, sistem politik, pakaian, karya seni dan lain-lain.

Contents

Baca Juga:  37 Pengertian Sejarah Terlengkap

31 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Terlengkap

Adapun pengertian budaya menurut para ahlinya adalah sebagai berikut:

1. Ki Hajar Dewantara

Budaya merupakan hasil perjuangan masyarakat baik terhadap alam maupun terhadap zaman yang membuktikan suatu kemakmuran dan juga kejayaan kehidupan masyarakat ketika menghadapi suatu keadaan yang sulit dan rintangan dalam mencapai suatu kemakmuran, keselamatan, dan juga kebahagiaan pada kehidupan.

2. Koentjaraningrat

Budaya adalah suatu gagasan dan rasa, tindakan dan juga karya yang merupakan sebuah hasil yang dihasilkan oleh manusia didalam kehidupan masyarakat yang nantinya dijadikan kepunyaannya dengan belajar.

3. Parsudi Suparian

Suatu budaya dapat melandasi semua perilaku manusia karena suatu budaya merupakan sebuah pengetahuan manusia yang digunakan dalam memahami lingkungan dan juga pengalaman yang terjadi pada dirinya.

4. Selo Soemardjan

Budaya adalah sebuah hasil karya, rasa dan juga cipta masyarakat.

5. R. Seokmono

Budaya merupakan usaha ataupun hasil kerja manusia berupa benda ataupun hasil seuah pemikiran pada masa hidupnya.

6. E.B. Taylor

Budaya merupakan suatu keseluruhan yang bersifat kompleks. Keseluruhan tersebut terdiri dari kepercayaan, kesusilaan, adat istadat, hukum, seni, kesanggupan dan juga semua kebiasaan, yang dipelajari oleh manusia yang merupakan bagian dari suatu masyaraakat.

7. Linton

Budaya adalah suatu sikap pola dan pengetahuan yang merupakan kebiasaan yang dilakukan dan didapatkan melalui diwariskan oleh suatu anggota masyarakat tersebut secara keseluruhan.

8. Effat Al- Syarqawi

Budaya merupakan khazanah sejarah dari suatu kelompok masyarakat yang tergambar pada sebuah kesaksian dan juga berbagai nilai yang menggambarkan suatu kehidupan harus mempunyai makna dan juga mempunyai tujuan rohani.

9. Kluchkhohn dan Kelly

Budaya adalah semua konsep kehidupan yang tercipta baik implisit maupun eksplisit, rasionalmaupun irasional yang berada pada suatu waktu sebagai acuan yang potensial untuk tingkah laku manusia.

10. Andreass Eppink

Budaya adalah mengandung seluruh pengertian norma sosial, nilai sosial, dan juga ilmu pengetahuan beserta seluruh struktur sosial dan lain sebagainya. Segala pernyataan yang artistik dan juga intelektual yang menjadi suatu ciri khas dalam suatu masyarakat.

Baca Juga:  5 Rumusan Pancasila Dalam Naskah Piagam Jakarta

11. Jensen dan Trenholm

Budaya diartikan sebagai perangkat nilai, norma,kepercayaan, adat istiadat, aturan, dan juga kode. Budaya dapat mengikat orang secara berkelompok dan dilakukan secara sadar. Dalam pandangan kedua ahli ini pemahaman budaya meliputi persepsi dunia serta tentang diri sendiri dan hubungan kita dengan orang lain.

12. Roucek dan Warren

Budaya adalah cara hidup yang dikembangkan oleh sebuah masyarakat guna memenuhi keperluan dasarnya. Baik untuk bertahan hidup, meneruskan keturunan, dan mengatur pengalaman sosialnya.

13. Geert Hofstede

Budaya merupakan suatu program yang dibuat oleh kelompok yang nantinya digunakan dalam membedakan satu dengan kelompok lainnya. Budaya ini memiliki nilai-nilai yang wajib dijunjung karena merupakan inti dari suatu budaya sedangkan simbol-simbol adalah manifestasi budaya yang paling sederhana.

14. Lehman, Heemstreet dan Batty

Budaya sebagai kumpulan beberapa pengalaman hidup yang ada pada saat mereka sendiri. Pengalaman hidup masyarakat tersebut pastinya banyak dan beragam, yang didalamnya termasuk bagaimana perilaku dan keyakinan ataupun kepercayaan masyarakat itu sendiri.

15. Edward T Hall

Budaya merupakan komunikasi dan komunikasi adalah budaya. Setiap berbicara mengenai komunikasi pasti tidak bisa dihindari juga mengenai budaya. Komunikasi dan budaya memiliki hubungan yang saling terikat, erat, serta dinamis. Pada kenyataannya budaya yang tecipta juga bisa mempengaruhi cara berkomunikasi anggota budaya yang bersangkutan.

16. Fizee

Fizee memberikan batasan pengertian dan cakupan kebudayaan sebagai berikut:

  • Kebudayaan berarti tingkat kecerdasan akal setinggi-tingginya yang dihasilkan dalam suatu tempo sejarah bangsa dipuncak perkembangannya.
  • Kebudayaan merupakan hasil yang dicapai suatu bangsa dalam lapangan falsafah, kesusastraan, ilmu pengetahuan dan kesenian
  • Kebudayaan sebagai way of life bangsa, hubungannya dengan adat istiadat, upacara keagamaan, penggunaan bahasa dan kebiasaan hidup masyarakat.

17. Robert H Lowi

Budaya adalah segala sesuatu yang diperoleh suatu individu dari masyarakat yang mencakup kepercayaan, adat isiadat, norma-norma artistik dan kebiasaan makan. Keahlian ini diperoleh bukan dari kreativitasnya sendiri melainkan sebuah warisan masa lampau yang didapat melalui pendidikan formal ataupun informal.

18. Bounded et al

Budaya merupakan sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.

Baca Juga:  Pengertian Imperialisme & Kolonialisme Serta Perbedaan dan Persamaannya

19. Franciss Merill

Budaya adalah semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyrakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa budaya adalah pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial.

20. Al. Krueber (1958: 582-583)

Budaya adalah suatu sistem dari ide-ide dan konsep. Kebudayaan yang terwujud dari serangkaian tindakan berpola suatu aktivitas manusia.

21. Croydon ( 1973:4)

Budaya adalah suatu sistem pola terpadu yang sebagian besar brada dibawah ambang batas kesabaran, namun semua yang mengatur perilaku manusia sepasti senar dimanipulasi dari kontrol boneka gerakannya.

22. Dr.K. Kupper

Budaya adalah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berprilaku baik secara individu maupun kelompok.

23. Djojodigono

Kebudayaan adalah suatu daya dari budi yang berupa cipta, karsa dan rasa.

24. Dawson

Dalam bukunya yang berjudul Age Of The Gods kebudayaan merupakan cara hidup bersama.

25. Drs. Mohammad Hatta

kebudayaan adalah cipta hidup dari suatu bangsa.

26. Drs. Sidi Gazalba

Kebudayaan adalah cara berfikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu.

27. Herskovits

Budaya adalah sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain yang disebut dengan superorganik.

28. Edward Spranger

Kebudayaan adalah segala bentuk ekpsresi diri kehidupan batin masyarakat.

29. Nostrand

Kebudayaan adalah sikap dan keprcayaan, berprilaku, cara berpikir, dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.

30. Mangunsarkoro

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang merupakan hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya.

31. Raymond Williams ( 1961:16 )

Kebudayaan adalah seluruh kehidupan, materi, intelektual, dan spiritual.

Demikianlah penjelasan mengenai 31 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

5 (100%) 5 votes