Pengertian Paragraf, Ciri, Fungsi, Syarat, dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Paragraf, Ciri, Fungsi, Syarat, dan Jenisnya Lengkap – Seringkali kita mendengar kalimat paragraf, dalam sebuah penulisan kita harus menggunakan paragraf yang benar, maka dari itu kita perlu mengetahui apa itu paragraf, ciri-ciri paragraf, fungsi paragraf, syarat paragraf dan jenis paragraf. Berikut penjelasannya:

Pengertian Paragraf, Ciri, Fungsi, Syarat, dan Jenisnya Lengkap

PENGERTIAN PARAGRAF

Paragraf secara umum mengandung arti suatu karangan yang terdiri dari sejumlah kalimat dengan pokok pikiran sebagai pengendalian atau pusatnya dan sebagai pendukungnya adalah pikiran penjelas. Selain itu, paragraf juga dapat diartikan sebagai seperangkat kalimat yang terdiri dari satu kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas. Paragraf lebih luas dari kalimat dan lebih tinggi kedudukannya dari suatu kalimat.

Kalimat Pokok adalah isi dari masalah dan kesimpulan dari suatu paragraf. Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat penjelas dari kalimat atau pokok utama.

CIRI-CIRI PARAGRAF

Adapun ciri-ciri paragraf adalah sebagai berikut:

1. Kalimat pertama terletak agak dalam, dengan 5 ketukan spasi untuk jenis karangan yang biasa.

2. Dalam sebuah paragraf terdapat kalimat utama dan juga kalimat penjelas.

3. Kalimat utama menguraikan tentang pokok utama yang terdapat didalam kalimat topik, sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat pengembang sebagai fungsi kalimat penjelas.

SYARAT-SYARAT PARAGRAF

Untuk menjadikan suatu paragraf yang baik dan benar, maka perlu mengetahui syarat yang harus diterapkan dalam membuat suatu paragraf. Berikut syarat-syaratnya:

1. Memiliki topik dan atau mengandung satu pokok pikiran utama.

2. Pikiran utama diikuti dengan kalimat penjelas, baik uraian maupun contoh-contoh.

Baca Juga:  Pengertian Wawancara, Jenis, Tujuan, dan Fungsinya Terlengkap

3. Berkoherensi yakni berkesinambungan. Dalam kalimat perparagraf atau antar paragraf memiliki kesinambungan yang saling mendukung.

4. Bersifat harmonis, gramatis, dan normatif.

FUNGSI PARAGRAF

Fungsi paragraf adalah sebagai berikut:

1. Mengekspresikan Gagasan Dalam Bentuk Tulisan

Yakni memberikan bentuk pikiran dan perasaan dengan menggunakan serangkaian kalimat yang tersusun dalam satu kesatuan.

2. Menandai Peralihan Gagasan Baru

Yakni dalam setiap paragraf memiliki suatu gagasan atau ide, dan itu menandakan bahwa setiap ganti paragraf maka akan ada suatu gagasan atau ide baru.

3. Memudahkan dalam Pengelompokkan Gagasan

Yakni bagi penulis akan memudahkan dalam menyusun atau mengelompokkan suatu gagasan, dan bagi pembaca akan memudahkan untuk memahami isi dari gagasan tersebut.

4. Memudahkan dalam Penerapan Topik

Yakni mengembangkan topik kedalam suatu karangan ke dalam bentuk pikiran yang lebih kecil.

5. Memudahkan Pengendalian Variabel

Yakni suatu karangan yang terdiri dari beberapa variabel akan lebih mudah dalam pengendaliannya.

JENIS-JENIS PARAGRAF

Jenis paragraf dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu berdasarkan letak kalimat pokok pikiran utama dan berdasarkan alur atau isi ceritanya. Untuk dapat memahaminya, berikut penjelasannya:

1. Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Pokok Pikiran Utama

  • Paragraf Deduktif adalah suatu paragraf yang kalimat pokok utamanya terletak diawal paragraf. Sedangkan setelah kalimat utama adalah kalimat penjelas.
  • Paragraf Induktif adalah suatu paragraf yang kalimat utamanya terletak diakhir paragraf, dan      kalimat penjelasnya terletak diawal paragraf.
  • Paragraf Campuran (Deduktif-Induktif) adalah suatu paragraf yang kalimat utamanya berada di awal maupun akhir paragraf.

2. Paragraf Berdasarkan Isi atau alur ceritanya

a. Paragraf Narasi

Paragraf narasi merupakan suatu paragraf yang menceritakan suatu masalah atau kejadian peristiwa berdasarkan urutan waktunya. Paragraf narasi ada dua jenis, yakni narasi kejadian ( menceritakan suatu peristiwa atau kejadian) dan narasi runtut cerita ( paragraf yang dalam pengembangannya diawali dengan sebuah tindakan lalu menghasilkan sesuatu berkelanjutan hingga tahap akhir dari cerita tersebut.

Baca Juga:  Pengertian Ragam Bahasa, Fungsi, Macam & Jenisnya Lengkap

b. Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah suatu paragraf yang isinya menggambarkan suatu kejadian atau keadaan dengan kata-kata yang membuat para pembaca seolah-olah merasakan dan mengalami langsung keadaan atau peristiwa tersebut.

c. Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah suatu paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, dan menerangkan suatu topik.

d. Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah suatu paragraf yang isinya mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis mengenai gagasan yang disertai dengan bukti yang benar-benar terjadi.

e. Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah suatu paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi atau membuju pembaca supaya mengikuti atau melakukan sesuatu gagasan yang ditulis oleh penulis.

Demikianlah Pengertian Paragraf, Ciri, Fungsi, Syarat, dan Jenisnya Lengkap. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

5 (100%) 5 votes