Pengertian Kebijakan, Macam dan Tingkatannya (Lengkap)
Pengertian Kebijakan, Macam dan Tingkatannya (Lengkap)

Pengertian Kebijakan, Macam dan Tingkatannya (Lengkap)

Pengertian Kebijakan, Macam dan Tingkatannya (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini Pendidik akan menjelaskan tentang kebijakan. Jika sebelumnya telah membahas mengenai Pengertian Kebijakan Fiskal, Fungsi, Instrumen, Tujuan & Contohnya (Lengkap) maka kali ini akan membahas mengenai apa itu kebijakan, macam dan juga tingkatannya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Kebijakan, Macam dan Tingkatannya (Lengkap)

Pengertian Kebijakan

Secara umum, kebijakan merupakan suatu rangkaian konsep dan asas menjadi suatu garis dan pelaksanaan dalam suatu pekerjaan, baik itu kepemimpinan atau cara bertindak.

Dalam suatu  pemerintahan, kebijakan adalah hal yang sangat penting karena kebijakan dapat memberikan dampak yang baik bagi kehidupan warga negara Indonesia. Adapun kebijakan menurut para ahli adalah:

1. Anderson

Kebijakan merupakan serangkaian tindakan yang mempunyai tujuan tertentu dan harus diikuti serta dilakukan oleh para pelakunya untuk menyelesaikan masalah.

2. Friedrik

Kebijakan adalah serangkaian tindakan yang diajukan oleh seseorang, group, atau pemerintah dalam lingkungan tertentu dengan mencantumkan kendala-kendala yang dihadapi dan kesempatan yang memungkinkan pelaksanaan usulan tersebut dalam upaya mencapai tujuan tersebut.

3. Carl Friedrich

Kebijakan adalah suatu tindakan yang mengarah pada tujuan dalam lingkungan tertentu, sehubungan dengan adanya hambatan tertentu dan mencari peluang untuk mencapai tujuan atau mewujudkan sasaran yang diinginkan.

4. PBB

Kebijakan adalah suatu deklarasi mengenai dasar pedoman untuk bertindak, satu arah tindakan tertentu, suatu program mengenai aktivitas tertentu ataupun suatu rencana tertentu.

5. Budiardjo

Kebijakan merupakan sekumpulan keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau kelompok politik dalam usaha memilih tujuan dan juga cara dalam mencapai tujuan tersebut.

6. KBBI

Kebijakan merupakan serangkaian konsep dan asas yang menjadi garis dan juga dasar rencana dalam pelaksanaan pekerjaan, kepemimpinan serta cara bertindak baik itu tentang organisasi, pemerintah dan lain sebagainya.

Macam-Macam Kebijakan

Ada beberapa macam-macam dari kebijakan, diantaranya adalah

1. Kebijakan Keuangan

Uang adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. uang juga sebagai penggerak ekonomi suatu negara. Uang merupakan suatu benda yang telah disepakati bersama sebagai alat perantara tukar menukar dalam hal perdagangan. Adapun fungsi uang dalam perekonomian adalah

  • Sebagai alat tukar
  • Sebagai pengukur nilai
  • Perhitungan dan akuntansi
  • Sebagai penyimpan nilai
  • instrumen term of payment

Kemudian ada inflasi, yakni suatu proses naiknya harga secara umum dan terus menerus sesuai dengan mekanisme pasar. Inflasi ini mengaikbatkan tidak adanya keseimbangan arus barang dan juga arus uang.

2. Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter merupakan suatu kebijakan yang diambil oleh pemerintah untuk menambah ataupun mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat. Sejak tahun 1945, kebijakan moneter hanya digunakan sebagai kebijakan ekonomi untuk mencapai stabilitas ekonomi dalam jangka pendek. Hal ini sangat penting karena berpengaruh pada perekonomian pemerintah.

3. Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal adalah suatu kebijakan yang mengatur tentang penerimaan dan juga pengeluaran negara. Adapun pengeluaran dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yakni pengeluaran yang bersifat rutin, seperti mebayar gaji pegawai, belanja, dan pengeluaran yang bersifat pembangunan.

Sumber-sumber penerimaan negara diantaranya adalah  pajak, penerimaan bukan pajak, dan bantuan ataupun pinjaman dalam dan luar negeri.

Tingkatan Kebijakan Pemerintah

Ada beberapa tingkatan dalam kebijakan pemerintah, diantaranya adalah

1. Kebijakan Nasional

Kebijakan nasional merupakan suatu kebijakan negara yang bersifat fundamental dan strategis untuk mencapai tujuan nasional ataupun negara sesuai dengan amanat UUd 1945 GBHN. Adapun kewenangan dalam pembuatan kebijaksanaan yaitu MPR, dan juga presiden bersama-sama dengan DPR.

2. Kebijakan Umum

Kebijaksanaan umum adalah suatu kebijaksanaan yang dilakukan oleh presiden yang bersifat nasional, dan juga menyeluruh yang berupa penggarisan ketentuan-ketentuan yaang bersifat garis besar dalam rangka pelaksanaan tugas umum pemerintahan dan pembangunan sebagai pelaksanaan UUD 1945, ketetapan MPR ataupun undang undang untuk mencapai tujuan nasional.

3. Strategi Kebijakan

Pengertian Kebijakan, Macam dan Tingkatannya (Lengkap)
Pengertian Kebijakan, Macam dan Tingkatannya (Lengkap)

Strategi kebijakan merupakan kebijakan pelaksanaan yang secara hirarki dibentuk setingkat menteri, gubernur, walikota/bupati yang berbentuk surat keputusan dan mengatur tata laksana kerja serta segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber daya manusia. Sedangkan strategi diartikan sebagai sasaran organisasi yang kemudian mempengaruhi penentuan tindakan komprehensif dalam mencapai sasaran yang telah ditentukan ataupun alat dengan tujuan yang akan dicapai.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Kebijakan, Macam dan Tingkatannya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂