4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi Yang harus Diketahui
4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi Yang harus Diketahui

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi Yang harus Diketahui

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi Yang harus Diketahui – Kita tentu saja sudah mengetahui bahwa dalam psikologi manusia memiliki 4 tipe kepribadian. Pada kesempatan kali ini Pendidik akan membahas mengenai tipe kepribadian manusia, untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi Yang harus Diketahui

Secara umum, tipe kepribadian manusia ada 4 macam, diantaranya adalah sanguinis, koleris, melankolis dan phlegmatis. Yuk langsung kita simak penjelasannya…

1. Sanguinis

a. Dari Cara Berbicara

Ramai. Biasanya orang yang memiliki sifat ini saat berbicara sangat ramai, bisa dengan menceritakan tentang pribadinya sendiri ataupunΒ  menceritakan tentang orang lain. Walau terkadang hal yang diceritakan tersebut tidak terlalu penting dan bahkan sering diulang-ulang. Dalam berbicara mereka sering sekali ceplas ceplos dengan siapapun tanpa mempedulikan hati orang lain dan bahkan tidak ada yang mereka tutupi.

b. Dari Cara Berjalan

Tebar pesona. Orang yang berkepribadian sanguinis saat berjalanpun seperti tebar pesona, mencari perhatian, sebenarnya dalam berjalan biasa saja namun uniknya dari sanguinis ini dia tidak sedikitpun melewatkan sekelilingnya untuk dilihat, itu yang membuatnya menarik.

Baca Juga:  Pengertian Mitigasi, Jenis dan Tujuannya (Lengkap)

c. Musik Yang Disukai

Biasanya orang yang memiliki kepribadian ini suka lagu-lagu yang memberikan semangat, karena orangnya yang ramai. Seperti lagus jazz, hip hop, percintaan, lagu kesuksesan, lagu yang isinya kebahagiaan dan lain sebagainya.

Sanguinis juga terkenal dengan kepribadian yang suka berbicara, populer dan ekspresif. Mereka juga sangat suka pujian, dan sebaiknya jika ingin menegur atau menyalahkan harus terlebih dahulu untuk memberikan pujian barulah mengungkapkan kekurangan atau kesalahannya.

Secara garis besar mereka memiliki pribadi yang humoris dan suka bercanda. Mereka sangat periang, gaul, suka berbicara, selalu ceria dan easy going. Namun tak hanya itu, sanguinis ini memiliki kekurangan diantaranya adalah pelupa, memiliki sifat yang kekanak-kanakan, berantakan, tidak rajin, masa bodo bahkan mereka banyak berbicara dengan hal yang tidak terlalu penting dan tertawa yang tidak henti-hentinya.

2. Koleris

a. Dari Cara Berbicara

Taktis. Biasanya koleris ini pembahasan yang dibicarakannya bersifat terkini, aktual dan dalam bahasanya lebih menekankan kata “aku”. Dia ingin selalu berdebat dan tidak mau kalah dalam perdebatannya.

b. Dari Cara Berjalan

Cepat. Mereka cenderung berjalan dengan cepat, tidak lambat. Memiliki karakter bahwa waktu adalah segalanya, sangat penting dan juga berharga. Badannya tegap, tegak dan matanya menatap kedepan.

c. Musik Yang Disukai

Mereka biasanya memiliki kesukaan musik yang keras seperti classik, rock, jazz, heavy metal dan lain sebagainya.

Koleris ini sangat dikenal sebagai kepribadian yang kuat, mudah mengontrol dan implusif. Mereka secara garis besar mencerminkan seseorang yang memiliki keinginan dan kepribadian yang sangat kuat. Secara khusus koleris digambarkan sebagai orang yang suka memimpin, suka mengarahkan, suka tantangan, tegas, disiplin, berkomitmen, spontanitas, dan juga keras. Koleris memiliki kekurangan yakni sangat egois dan otoriter serta diktator bahkan jika dalam keadaan tertentu sangat ekstrim.

Baca Juga:  Pengertian Hikayat, Ciri, Unsur, Jenis dan Contohnya (Lengkap)

3. Melankolis

a. Dari Cara Berbicara

Penuh penghayatan. Biasanya mereka kalau berbicara suka dihayati dan suka sekali menyimpan perkataan orang di dalam hatinya. Dalam berbicara mereka cenderung berkata “kita” dan mereka mampu menyaring perkataan yang seharusnya tidak diucapkan. Bersifat pribadi dan juga sangat memperhatikan perkataan orang lain terutama yang dapat menyakiti hatinya.

b. Dari Cara Berjalan

Menunduk. Biasanya orang yang berkepribadian melankolis berjalan dengan menundukkan kepalanya. Melankolis lebih dominan dengan perasaan.Β  Mereka bermain dengan perasaan dalam hal apapun dan sangat sensitif.

c. Musik Yang Disukai

Musik melow, dan lagu melayu. Melankolis ini mencerminkan kepribadian yang dominan dengan perasaan. Hatinya sangat sensitif, mudah menangis, romantis, ulet, lebih berhati-hati dalam berteman, dan mau mendengarkan curhatan atau keluhan orang lain.

Melankolis ini orang yang sangat perfeksionis dan idealis, karena kerajinannya dan ketekunannya tadi. Selain itu mereka juga suka dengan kesunyian, tidak dengan keramaian sehingga mereka lebih suka bekerja dibelakang layar. Mereka melakukan pekerjaan yang sempurna, yakni secara kronologis dan teratur. Sehingga tipe melankolis disebut dengan tipe kepribadian sempurna.

4. Phlegmatis

a. Dari cara Berjalan

Pendiam. Biasanya mereka cenderung lebih pendiam, dan jika ada pembicaraan melibatkan banyak orang mereka lebih memilih diam dan hanya mengikuti perkataan orang lain. Mereka hanya berbicara dibelakang bersama teman, dan cenderung menjadi pendengar setia dan mudah terbawa.

b. Dari Cara Berjalan

Pelan namun pasti. Tatapannya memang ke depan namun pikirannya seperti kosong. Pembawaan mereka sangat tenang. Mereka memiliki kepribadian yang tenang dan damai. Mereka sangat santai dalam menghadapi apapun dan juga cinta kedamaian.

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi Yang harus Diketahui
4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi Yang harus Diketahui

c. Musik Yang Disukai

Mereka menyukai semua musik, dan mereka mengikuti arusnya. Kelemahan dari phlegmatis adalah suka menunda-nunda pekerjaan, kurang antusias pada hal-hal baru, lebih menyukai peran sebagai penonton daripada pemain dan jarang berbicara atau pendiam.

Baca Juga:  Pengertian Iklan, Ciri-Ciri, Jenis, Syarat dan Manfaatnya Lengkap

Secara garis besarnya, phlegmatis mencerminkan orang yang santai, kalem, dan juga damai. Mereka pendiam, baik hati dan penurut dan juga suka menjadi penengah ketika ada yang bermasalah, tidak sombong, tidak cuek dan tidak marah atau tersinggung.

Nah itulah tadi sahabat pendidik penjelasan mengenaiΒ 4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi Yang harus Diketahui. Semoga dapat bermanfaat yaa… Terimakasih πŸ™‚

5 (100%) 8 vote[s]