Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Pancasila Terlengkap

Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Pancasila Terlengkap – Pancasila merupakan dasar dari negara kita yakni Indonesia. Sudah seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia, perlu mengetahui dan mempelajari lebih dalam tentang dasar negara kita. Mungkin masih ada diantara kita yang belum mengetahui pengertian pancasila, tujuan pancasila, dan fungsi dari pancasila.

Pancasila mempunyai lambang garuda yang mana didalam lambang garuda tersebut terdapat gambar bintang, rantai,pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas, yang setiap lambang tersebut mencerminkan setiap arti dari 5 sila pancasila tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya akan dipaparkan sebagai berikut:

Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Pancasila Terlengkap

Pengertian Pancasila

Pancasila secara etimologi berasal dari bahasa sansekerta (brahmana india) dimana panca berarti lima dan sila yang berarti batu sendi, ulas atau dasar. Sedangkan secara terminologi, pancasila mempunyai arti sebagai nama dari 5 dasar negara RI yang pernah diusulkan oleh bung karno atas petunjuk Moh. Yamin pada tanggal 1 Juni 1945. Sehingga pancasila merupakan suatu rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Mengetahui sekilas sejarah istilah pancasila yaitu mulai dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan Sriwijaya dimana sila-sila yang terdapat di dalam Pancasila sudah diterapkan di dalam kehidupan masyarakat maupun kerajaan meski ke 5 sila itu belum dirumuskan secara konkrit. Dalam kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, Pancasila mempunyai arti “berbantu sendi yang lima” atau “pelaksanaan kesusilaan lima”.

Dalam agama Budha terdapat juga istilah Pancasila yang ditulis dalam bahasa Pali yaitu “Pancha Sila” yang artinya lima pantangan atau larangan. Yaitu:

  • Tidak boleh mencuri.
  • Tidak boleh berbohong.
  • Tidak boleh berjiwa dengki.
  • Tidak boleh melakukan kekerasan.
  • Tidak boleh minum minuman keras atau mengkonsumsi obat terlarang.
Baca Juga:  Macam-Macam Hak Asasi Manusia dan Contohnya (Lengkap)

Adapun pengertian pancasila menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

1. Ir. Soekarno

Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia, yang turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Dengan demikian, pancasila bukan hanya sekedar falsafah negara, akan tetapi lebih luas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia.

2. Muhammad Yamin

Pancasila berasal dari kata Panca yang artinya Lima dan Sila yang artinya Sendi, Atas, Dasar atau peraturan tingkah laku yang baik dan penting. Sehingga pancasila merupakan lima dasar yang mengandung pedoman ataupun aturan mengenai tingkah laku yang baik dan penting.

Fungsi Pancasila

Adapun fungsi dari pancasila adalah sebagai berikut:

1. Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Setiap bangsa dan negara mempunyai jiwa masing-masing. Pancasila sebagai jiwa agar Indonesia tetap hidup dalam jiwa pancasila.

2. Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Maksudnya adalah pancasila memberikan corak yang khas bagi bangsa Indonesia, dan menjadi pembeda bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Diapresiasikan dan diwujudkan dengan tingkah laku dan sikap mental sehingga ciri khas ini yang dimaksud dengan kepribadian.

3. Pancasila Sebagai Sumber dari Segala Sumber

Hukum di Indonesia bersumber dari pancasila. Artinya setiap hukum yang berlaku tidak boleh bertentangan dengan pancasila. Sehingga setiap sila-sila yang ada di pancasila adalah nilai-nilai dasar sedangkan hukum itu nilai instrumental atau penjabaran dari sila pancasila.

4. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dan menjadi petunjuk bagi kehidupan sehari-hari. Segala bentuk cita-cita moral Bangsa dan budaya harus bersumber dari Pancasila yang merupakan satu-kesatuan yang tak terpisahkan.

5. Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia yaitu menciptakan masyarakat yang adil dan makmur.

Baca Juga:  Pengertian Demokrasi, Ciri-Ciri, Prinsip, Dan Jenisnya Lengkap

6. Pancasila Menjadi Falsafah Hidup Bangsa

Berarti pancasila menjadi pemersatu bangsa Indonesia, dan pancasila mengandung nilai-nilai kepribadian yang dipercayai paling benar, adil, bijaksana, dan cocok untuk bangsa Indonesia dalam mempersatukan rakyat.

7. Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Pancasila sebagai dasar penyelenggara negara dan kehidupan bernegara di Indonesia. Sehingga dalam pengaturan pemerintahan negara dan kehidupan masyarakat Indonesia harus berlandaskan pada pancasila.

8. Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

Pancasila merupakan hasil perjuangan dan perjanjian rakyat dengan pendiri bangsa Indonesia. Maka dari itu, seluruh elemen masyarakat Indonesia harus membela, mendukung, dan memperjuangkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pancasila.

Tujuan Pancasila

Adapun tujuan dari pancasila adalah sebagai berikut:

1. Menghendaki Bangsa yang religius yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Menjadi Bangsa yang adil secara sosial ekonomi

3. Menjadi Bangsa yang menghargai HAM (Hak Asasi Manusia)

4. Menghendaki Bangsa yang demokratis

5. Menghendaki menjadi Bangsa yang nasionalis yang mencintai tanah air Indonesia

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Pancasila Terlengkap. Semoga dapat membantu bagi yang membutuhkan dan bermanfaat. Terimakasih 🙂

5 (100%) 6 vote[s]