Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli dan Secara Umum Terlengkap

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli dan Secara Umum Terlengkap – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata ekonomi, ekonomi merupakan keperluan sehari-hari yang dapat memenuhi kebutuhan kita. Selain itu juga, ekonomi merupakan alat kemajuan bagi suatu negara. Begitu pentingnya ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan manusia.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli dan Secara Umum Terlengkap

Ekonomi, menurut istilah berasal dari bahasa yunani kuno artinya rumah tangga, dan keluarga, dan nomos yang berarti aturan, peraturan, dan hukum. Sedangkan secara etimologi adalah managemen atau aturan dalam rumah tangga.

Secara umum, pengertian ekonomi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia dan juga aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, konsumsi, guna mencapai kemakmuran kehidupan manusia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Ekonomi mengandung pengertian yaitu sebagai berikut:

  • Pemanfaat waktu, tenaga, uang, dan sebagainya yang berharga dan bermanfaat.
  • Ekonomi merupakan tata hidup bagi suatu negara.
  • Ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan konsumsi
  • Aturan keuangan rumah tangga, organisasi, atapun negara.

Menurut Ensiklopedia Indonesia, ekonomi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha manusia untuk mendapatkan kesejahteraan dan kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan dengan usaha tersebut.

Selain itu, banyak para ahli yang juga mengemukakan pendapatnya mengenai ekonomi. Berikut adalah beberapa pengertian ekonomi menurut para ahli:

Adam Smith

Ekonomi merupakan suatu penyelidikan tentang kondisi dan sebab adanya kekayaan suatu negara.

Abraham Maslow

Ekonomi adalah suatu bidang keilmuan dan pengkajian yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan asas-asas kehidupan manusia, dengan penggemblengan seluruh sumber ekonomi berdasarkan prinsip dan teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang efektif dan efisien.

Baca Juga:  Pengertian Strategi Pemasaran, Jenis, Tujuan & Konsepnya Lengkap

Paul A. Samuelson

Ekonomi merupakan cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya guna untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi untuk didistribusikan kepada masyarakat luas.

Mill J. S

Ekonomi adalah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.

Hermawan Kartajaya

Ekonomi merupakan wadah atau platform, yang mana sektor industri melekat diatasnya.

Aristoteles

Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang dapat digunakan dengan dua cara yaitu dengan cara dipakai ataupun ditukar dengan barang. Sehingga ekonomi memiliki nilai penggunaan dan pertukaran yang tinggi.

Amwal

Ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang mengkaji dan mempelajari mengenai bagaimana menentukan suatu keputusan efektif guna dapat mengelola sumber daya yang baik untuk memenuhi kebutuhan hidup mayarakat luas.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli dan Secara Umum Terlengkap. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terimakasih.

5 (100%) 3 votes