La Tahzan Innallaha Ma’ana: Makna, Dalil, Contoh Penggunaannya

2 min read

La Tahzan Innallaha Ma'ana: Makna, Dalil, Contoh Penggunaannya

La Tahzan Innallaha Ma’ana: Makna, Dalil, Contoh Penggunaannya – Baiklah sahabat pendidik.co.id pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sebuah istilah yang sudah sangat akrab atau familiar bagi umat muslim di kehidupannya sehari – hari.

Ya istilah atau kalimat itu adalah La Tahzan Innallaha Ma’ana ( لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ ). Kalimat tersebut bahkan sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar kata tersebut dalam sebuah komunikasi.

Mungkin ada sebagian orang yang belum mengetahui makna dari kalimat La tahzan Innallaha Ma’ana, nah untuk itu langsung saja akan kita bahas penjelasannya sebagai berikut:

La Tahzan Innallaha Ma’ana: Makna, Dalil, Contoh Penggunaannya

Dalam masyarakat muslim saat ini, kalimat La Tahzan memang sudah tidak asing lagi, namun meski begitu kita harus tetap mengetahui makna dan arti dari kalimat tersebut. Serta digunakan pada saat apa dan kondisi yang seperti apa. Berikut penjelasannya:

Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana ( لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ)

La tahzan (لَا تَحْزَنْ) diambil dari bahasa arab yang artinya jangan bersedih. Sedangkan Innallaha Ma’ana  (إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ) 

juga sama berasal dari bahasa arab yang berarti Sesungguhnya Allah bersama kita. Sehingga dengan demikian jika kalimat tersebut digabungkan maka menjadi La Tahzan Innallaha Ma’ana ( لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ),

yang artinya “Janganlah bersedih sesungguhnya Allah bersama kita”.

Baca Juga:  Keutamaan Shalat fajar Yang Luar Biasa Dan Harus Diketahui

La Tahzan Innallaha Ma’ana merupakan kalimat yang diambil dari surat At-taubah ayat 40, dimana dalam kalimat tersebut memiliki makna bahwa janganlah bersedih karena sesungguhnya Allah SWT itu bersama kita.

Adapun arti dari setiap kata dari kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana adalah sebagai berikut:

Tulisan Latin

Tulisan Arab

Artinya

La

لَا

Jangan

Tahzan

لتَحْزَنْا

Bersedih

Innallaha

إِنَّ اللَّهَ

Sesungguhnya Allah

Ma’ana

مَعَنَا

Bersama Kita

Makna La Tahzan Innallaha Ma’ana ( لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ)

Jika kita lebih memahami makna dari kalimat tersebut itu sangatlah bagus sekali, karena kalimat tersebut jika di ucapkan, maka seseorang yang menerima ucapan tersebut diharapkan akan merasa lebih tenang dan agar lebih yakin atas pertolongan Allah SWT.

Makna dari La Tahzan Innallaha Ma’ana adalah Janganlah bersedih karena sesungguhnya Allah SWT selalu bersama kita, dan janganlah bersedih karena kasih sayang Allah SWT itu sangat luas.

Hal yang harus kita ketahui bahwasanya Allah SWT itu tidak akan memberikan ujian atau cobaan melebihi batas kemampuan hambaNya. Maka dari itu, apabila sedang ditimpa suatu ujian, cobaan yang berat, sedih, maka ingatlah kalimat La tahzan Innallaha Ma’ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ). 

Allah itu dekat, Allah SWT itu bersama kita, dan pertolongan Allah SWT itu benar adanya, pertolongan Allah begitu luas. Sahabat pendidik, pada saat tertimpa musibah atau ujian Allah tidak menyuruh kita untuk memikirkannya, namun Allah SWT menyuruh kita untuk sabar dan sholat.

Dalil La Tahzan Innallaha Ma’ana ( لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ)

Adapun dalil yang menyertai kalimat tersebut adalah terdapat dalam Al-Qur’an surat ke 9 ayat 40, berikut bunyinya:

Baca Juga:  √ Pengertian Jujur dan Jenis-Jenis Perilaku Jujur (Lengkap)

اِلَّا تَنْصُرُوْهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللّٰهُ اِذْ اَخْرَجَهُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا ثَانِيَ اثْنَيْنِ اِذْ هُمَا فِى الْغَارِ اِذْ يَقُوْلُ لِصَاحِبِهٖ لَا تَحْزَنْ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَاۚ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلَيْهِ وَاَيَّدَهٗ بِجُنُوْدٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِيْنَ كَفَرُوا السُّفْلٰىۗ وَكَلِمَةُ اللّٰهِ هِيَ الْعُلْيَاۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

Artinya: “Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita”. Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Sehingga kalimat La Tahzan memang bukan kalimat yang semata-mata hanya sebagai penghias dalam komunikasi saja, melainkan terdapat di dalam sebuah Al-Qur’an yang benar-benar memiliki makna dan arti yang sangat baik sekali.

Contoh Penggunaan La Tahzan Innallaha Ma’ana

Adapun penggunaan kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat sebagai berikut:

1. Kalimat yang dapat diberikan kepada seseorang yang sedang bersedih hati, baik itu karena masalah keluarga, pekerjaan, sakit ataupun kesedihan yang disebabkan karena hal lainnya. Maka ucapkanlah لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ.

2. Kalimat yang diucapkan kepada seseorang yang merasa putus asa, mungkin karena sesuatu yang belum berhasil atau belum mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Maka ucapkanlah kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana agar mereka sadar bahwa Allah SWT itu selalu bersama hambaNya. Sehingga dengan demikian mereka akan jauh lebih tenang.

Baca Juga:  Tabayyun Adalah: Pengertian, Manfaat & Penjelasannya Lengkap
La Tahzan Innallaha Ma'ana: Makna, Dalil, Contoh Penggunaannya
La Tahzan Innallaha Ma’ana: Makna, Dalil, Contoh Penggunaannya

3. Ketika merasa disakiti oleh orang lain, baik itu dari perilaku, ucapan maupun yang lainnya. Dengan mengucapkan kalimat La tahzan Innallaha Ma’ana akan membuat orang tersebut menjadi percaya bahwa Allah SWT akan menolongmu dan memberikan petunjuk, karena sesungguhnya Allah SWT selalu bersama kita.

Jika dilihat dari uraian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana ( لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ). 

itu memiliki makna yang sangat bagus sekali. Tentu dengan mengucapkan kalimat tersebut kita harus diiringi dengan perasaan yang yakin bahwa Allah SWT itu dekat dan selalu memberikan pertolongan kepada hambaNya. Karena memang sudah semestinya kita sebagai umat muslim harus percaya bahwa Allah itu selalu bersama hambaNya.

Kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana yang tercantum di dalam Al-Qur’an yang Allah turunkan adalah sebagai penenang kepada Rasulnya yakni Nabi Muhammad SAW, sehingga dengan demikian kita harus sangat meyakininya.

Demikianlah penjelasan mengenai La Tahzan Innallaha Ma’ana: Makna, Dalil, Contoh Penggunaannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih 🙂