√ Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan (Arab Latin Lengkap)

2 min read

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan (Arab Latin Lengkap)

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan (Arab Latin Lengkap) – Sebagaimana yang kita tahu bahwasanya dalam Islam, apapun yang akan kita lakukan atau sebelum melakukan aktivitas apapun hendaknya membaca doa terlebih dahulu.

Salah satunya adalah makan, makan adalah aktivitas sehari-hari yang pasti kita lakukan, karena setiap orang pasti membutuhkan makan.

Sebagaimana dalam sebuah hadits:

“Sesungguhnya, hati itu akan merasa tenang terhadap yang halal dan tidak akan tenang terhadap yang haram.”(HR.Thabrani).

Hadits diatas menjelaskan bahwa makanan yang halal akan menimbulkan ketenangan hati dan batin. Nah pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan bahasan mengenai Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan (Arab Latin Lengkap)

Sebelum makan hendaknya kita berdo’a terlebih dahulu begitupun dengan sesudah makan hendaknya diakhiri dengan berdo’a, agar apa yang kita makan dapat menjadikan tubuh kita sehat dan berkah sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW. Karena doa juga dapat mensterilkan makanan dari hal-hal yang tidak baik.

Doa Sebelum Makan

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Alaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rezekikan kepadaku, dan peliharalah aku dari siksa neraka.” (HR.Ibnu Sunni).

Kandungan Doa Sebelum Makan

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا

Kandungan dari doa diatas adalah mengajarkan untuk meminta keberkahan, karena sesungguhnya keberkahan itu sangatlah penting, disaat kita memperoleh keberkahan dari apa yang kita makan maka InsyaAllah akan menjadikan tubuh kita sehat, tenang karena Allah SWT memberikan keberkahan dari makanan tersebut.

Baca Juga:  Izhar Halqi & Syafawi: Pengertian, Hukum, Huruf & Contohnya

Pada hakikatnya, keberkahan makanan itu didapat dari 3 hal, diantaranya adalah sumber makanan, cara memakannya dan pengelolaan makanan itu sendiri.

وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Kandungan dari doa diatas adalah meminta agar dijauhkan dari siksa api neraka. Karena dengan makanan yang kita makan dapat timbul kekuatan untuk melakukan suatu perbuatan yang dihasilkan dari makanan yang telah diproses dalam tubuh kita.

Sebagaimana dalam sebuah hadits Rasulullah Saw bersabda:

“Setiap daging yang tumbuh dari barang yang haram, maka neraka lebih utama baginya. “(HR. Baihaqi).

Sehingga penting bagi kita semua untuk meminta agar dijauhkan dari api neraka saat akan memulai makan seperti doa yang sudah dituliskan diatas.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Segalaa sesuatu pasti diawali dengan Bismillah, karena kekuatan bismillah yang amat sangat luar biasa. Pada saat akan memulai makan dan kita membaca doa bismillah maka sesungguhnya kita akan terhindar dari gangguan dan keikutsertaan setan dalam proses makan kita.

Sebagaimana dalam sebuah hadits:

“Dan, ketika ia tidak menyebut nama Allah saat makannya, setan berkata,”Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam.” (HR.Ahmad, Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

“Sesungguhnya, setan itu berjalan dalam tubuh manusia mengikuti jalan peredaran darahnya.” (HR.Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

“Dampak lainnya, makanan yang tidak disebut nama Allah di dalamnya, maka sesungguhnya ia adalah penyakit, dan tidak ada keberkahan di dalamnya.” (HR.Dailami dan Ibnu’Asakir).

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.” (HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

Baca Juga:  Sunan Ampel: Biografi, Kisah, Sejarah & Fakta-Faktanya (Lengkap)
Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan (Arab Latin Lengkap)
Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan (Arab Latin Lengkap)

Kandungan Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ

Kandungannya adalah berupa rasa syukur kepada Allah SWT yang telah diberikan,

اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا

Yakni Allah yang telah memberikan makan kepadaku,

مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Yakni berupa rasa syukur karena telah dimasukkan ke dalam golongan orang-orang muslim.

Sehingga dengan bersyukurnya kita kepada Allah SWT, atas apa yang Allah berikan, maka akan menambah nikmat yang sudah Allah SWT berikan.

Sebagaimana dalam Al Quran surah Ibrahim ayat 7:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Artinya: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim ayat 7)

Demikianlah Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan (Arab Latin Lengkap). Semoga dapat bermanfaat untuk kita semuaa. Terimakasih 🙂