Cara Mujarab Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Dalam Islam

Cara Mujarab Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Dalam Islam – Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin yang artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta. Lalu apa hubungannya dengan keharmonisan rumah tangga? Nah, tentu ada kaitannya dengan agama, seringkali kita lupa bahwa segala sesuatu terjadi atas izin dan kehendak Allah SWT. Keutuhan, keharmonisan rumah tangga sejatinya dapat terjaga sebab berpegang teguh pada Allah SWT. Selain dengan usaha-usaha yang memang harus dilakukan oleh kita sebagai calon berumah tangga maupun yang sudah berumah tangga.

Karena Menikah adalah bentuk penyempurnaan taat kepada Allah. Menikah bukan hanya sekedar tentang cinta, tapi memiliki pasangan yang akan terus bersama sampai ke syurga-NYA. Bukan tentang harta, mewahnya resepsi yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan status baru, lebih daripada itu.

Menikah adalah suatu proses pengenalan yang akan terus menerus berlanjut baik antara seorang suami dan istri maupun kedua keluarga baik dari pihak laki-laki maupun perempuan. Sudah menjadi lumrahnya bila dalam pernikahan seringkali ditemukan berbagai permasalahan dalam rumah tangga. Kembali lagi bahwasanya setiap permasalahan selalu ada jalan keluar. Allah tidak akan pernah memberikan cobaan atau ujian melebihi batas kemampuan hambanya.

Nah lalu apa saja sih yang mestinya dilakukan untuk menjaga keutuhan rumah tangga yang sudah Islam ajarkan. Berikut beberapa cara menjaga keharmonisan rumah tangga dalam Islam:

Cara Mujarab Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Dalam Islam

Dunia itu penuh dengan kenikmatan dan sebaik-baik kenikmatan dunia adalah istri yang shalihah.

Rasulullah SAW telah memberikan tauladan kepada kita mengenai cara membina keharmonisan rumah tangga. Sungguh pada diri Rasulullah itu terdapat tauladan yang paling baik. Dalam berumah tangga tentunya ada seorang suami dan ada seorang istri.

Seorang suami harus menyadari bahwasanya didalam rumahnya itu ada seorang pahlawan, pembawa ketenangan dan kesejukan, yakni seorang istri. Pandailah merawat istri dan menjaga seorang istri lahir dan bathin. Suasana keharmonisan itu dapat tercipta dari kerjasama antara keduanya, bagaimana suami dan istri dapat selalu menjaga dari bosan jenuh, tetap menjaga keromantisan.

Salah satu contoh suasana harmonis dalam rumah tangga Rasulullah SAW adalah beliau memanggil “Aisyah Rodhiallahu’anha dengan panggilan kesayangan.

Itulah contoh sederhana menciptakan suasana rumah tangga yang harmonis. Terkadang masih banyak kita lihat seorang suami atau istri memanggil nama pasangannya dengan sebutan yang kurang enak didengar, atau memanggil dengan kekukarangan dirinya. Nah kalau seperti itu bagaimana keharmonisan akan tercipta?

1. Sakralitas Rumah Tangga

Maksud sakralitas disini adalah bahwa segala sesuatu harus didasari atas ketaatan terhadap syariat Allah. Jika membangun rumah tangga hanya atas dasar materi maka itu akan tersaa berat. Oleh karena itu, ingatlah pada dasarnya tujuan membangun rumah tangga adalah untuk memperoleh kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT. Dengan itu, masalah apapun yang akan menerpa rumah tangga insyaAllah akan bisa dihadapi.

2. Jujur

Jujur satu sama lain, karena kejujuran dalam sebuah hubungan apalagi dalam berumah tangga sangatlah penting, karena kejujuran merupakan pondasi penting dalam membangun rasa kepercayaan satu sama lain. Dalam berumah tangga tidak pernah terlepas dari perbedaan pendapat atau ketidaksinambungan dalam berbagai hal. Maka beriskaplah jujur dan saling terbuka.

Baca Juga:  Tips Cara Mujarab Menghilangkan Rasa Galau Dalam Islam

3. Taat dan Perlakuan Baik

Kita harus mengetahui apa saja yang menjadi kewajiban bagi seorang suami dan juga bagi seorang istri. Salah satu kewajiban suami kepada istri adalah dengan memperlakukannya dengan baik, sabar dalam mengahadapi seorang istri yang memiliki sifat keperempuannya, bersikap lapang dada, lembut, penyayang. Sedangkan istri kepada suami, muliakanlah suami dengan perlakuan yang baik,ketaatan kita terhadapa suami dengan melakukan perintah suami, selagi perintah itu dalam hal kebaikan.

4. Qana’ah

Qana’ah yaitu menerima, yang namanya hidup berumah tangga kita harus siap hidup mandiri, jangan bandingkan dengan kehidupan kita sebelum menikah, kita bisa mendapatkan apa saja dari orang tua, dalam berumah tangga sudah berbeda lagi, kita harus qana’ah.

5. Mencari Solusi Bersama

Berumah tangga berati bersama sama, saling berbagi satu sama lain, begitupun ketika ada masalah. Bicarakanlah berdua agar dapat menemukan solusi bersama. Bahkan dari hal sekecil apapun, tidak ada salahnya untuk meminta pendapat pasangan, karena pada dasarnya suami istri adalah patner dalam berbagai hal. Dengan itu, akan mempererat hubungan diantara keduanya.

6. Saling Menghormati

Dalam berumah tangga hendaknya kita harus saling menghormati. Suami menghormati istri dan seorang istri wajib taat dan patuh terhadap seorang suami.

7. Saling Memahami

Dalam berumah tangga sebagai seorang suami atau istri harus memahami latar belakang kehidupan yang ditempatinya jika tidak sesuai dengan diri sendiri maka kita harus memahami, agar tidak merubah perilaku dan sikap kita terhadap pasangan. sehingga ada keselarasan dalam berumah tangga.

8. Berdo’a

Pada cara no 8 ini memang sedikit berbeda, kenapa dengan menjaga keharmonisan kita harus berdo’a. Baiklah, sakinah mawaddah warohmah pada dasarnya datang atas izin Allah, selain kita harus melakukan usaha usaha, berdoa juga sangat kita butuhkan di dalam setiap langkah kita, terutama dalam membina dan menjaga keharmonisan.

Baca Juga:  Tips Cara Mujarab Menghilangkan Rasa Galau Dalam Islam

Bukankah Allah yang Maha memberikan rasa kasih sayangnya kepada kita, bukankah Allah yang Maha memberikan rasa nyaman, damai, tentram. Mintalah dan terus berdo’a diringi dengan usaha agar Allah tetap menjaga rasa cinta dan sayang nya di dalam diri kita dan pasangan kita, dijauhkan dari hal-hal yang merusak rumah tangga, InsyaAllah rumah tangga akan selalu terjaga dalam keharmonisan.

9. Menyenangkan Pasangan

Menyenagkan pasangan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah bagi seorang istri memasakkan makanan kesukaan suami, berhias diri agar selalu terlihat cantik, wangi, segar, itu salah satu cara sederhana menyenangkan pasangan. Sedangkan bagi seorang suami pujilah masakan istri, karena sesungguhnya setiap pasangan pasti akan merasa senang bila di puji, apalagi memuji pasangan didepan orang lain. Terlihat biasa, akan tetapi itu sangat bernilai danluar biasa membahagiakan hati pasangan.

Nah itulah beberapa┬áCara Mujarab Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Dalam Islam. Semoga dapat menambah wawasan kita tentang menjaga keharmonisan berumah tangga. Terimakasih ­čÖé

5 (100%) 2 vote[s]