12 Kunci Sukses Dunia Akhirat Dalam Islam

12 Kunci Sukses Dunia Akhirat Dalam Islam – Setiap manusia pasti menginginkan kesuksesan tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat. Sukses di dunia bisa dikatakan memiliki banyak harta, menjadi pengusaha, dan lain sebagainya. Sedangkan sukses di akhirat yaitu masuk kedalam syurga Allah SWT. Setiap orang memiliki standar dan definisi kesuksesan masing-masing, kunci kesuksesan sebenarnya tidak jauh-jauh daei kehidupan kita sehari-hari.

Berikut ini ruangpengetahuan.com akan berbagi informasi mengenai 12 Kunci Sukses Dunia Akhirat Dalam Islam, yang beberapa diantaranya penulis ambil dari seorang motivator Roni Indra S.Psi dalam buku “Sukses Sebelum Kuliah”. Dan inilah 2 kunci kesuksesan dunia akhirat:

12 Kunci Sukses Dunia Akhirat Dalam Islam

1. Bertaqwa

Bertaqwa adalah percaya akan adanya Allah SWT. Bertaqwa kepada Allah dapat dilakukan dengan menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Dengan menjauhi dan menjalankan segalan aturan dan perintah Allah SWT, insyaAllah pintu-pintu kesuksesan didunia dan akhirat akan terbuka.

2. Taubatan Nasuha

Selanjutnya adalah taubatan nasuha, ini adalah kunci utama juga dalammerah kesuksesan di dunia juga di akhirat. Dengan bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat insyaAllah pintu kesuksesan akan terbuka lebar atas kehendak-NYA. Jika kita berlumuran dosa, hati dan pikiran pun merasa tidak tenang dan gelisah apalagi ingin mencapai kesuksesan di dunia dan akhirat. Allah SWT tidak akan pernah bosan menerima taubat hambanya, kita bisa lebih mendekatkan diri kita kepada pencipta kita yaitu Allah SWT. Kalau di dunia saja tidak dekat dengan Rabb nya,bagaimana akan mencapai kesuksesan yang ada justru kesengsaraan menghampirinya.

Baca Juga:  Tips Cara Mujarab Menghilangkan Rasa Galau Dalam Islam

Maka dari itu, bebaskanlah diri kita dari dosa, bersihkanlah hati ini, datanglah kepada Allah SWT untuk bertaubat memohon ampunan,agar apa yang kamu harapkan dan inginkan terwujud hidup bahagia dunia akhirat InsyaAllah..

Allah berfirman didalam Q.S An-Nur ayat 31 yang artinya: ” Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung”.

3. Berdo’a dan Berikhtiyar

Berdoa dan berikhtiar adalah usaha yang selalu berdampingan. Jika kita hanya berdoa tanpa usaha maka akan sia-sia, begitupun sebaliknya jika berusaha tanpa berdoa maka sombong. Perbanyaklah doa dan usaha, karena dengan Do’a ada ketidakmungkinan yang mungkin terjadi, karena sesungguhnya jika Allah sudah mengehendaki, semua pasti akan terjadi. Dan janganlah berputus asa dari rahmat Allah, karena itu kesuksesan dunia akhirat akan terbuka lebar untuk kita semua.

4. Shalat Diawal Waktu

Shalat merupakan amalan yang pertama kali di hisab oleh Allah SWT, jika shalat kita sudah baik, insyaAllah amalan yang lain juga baik, karena shalat dapat mencegah kemungkaran. Allah tidak menyukai orang-orang yang melalaikan waktu shalat, apalagi mengakhirkan waktu shalat. Maka shalatlah di awal waktu. Jika shalat saja kita akhirkan, mendengar suara adzan bukannya mengambil air wudhu malah nanti nanti, sedangkan kita menuntut Allah untuk segera mengabulkan hajat kita ingin mendapatkan sukses dunia akhirat? Sedikit aneh jika ada yang seperti itu. Maka dari itu, shalatlah  diawal waktu, ikuti aturan Allah, prioritaskan lah Allah dalam segala hal, insyaAllah pintu kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat akan dibuka lebar-lebar dan Allah mudahkan.

5. Melaksanakan Shalat Sunnah Qabliyah dan Ba’diyah

Shalat sunnah qabliyah dan ba’diyah atau biasa disebut dengan shalat sunnah rawatib dapat menyempurnakan shalat wajib kita, karena shalat rawatib laksana seekor burung dengan 2 buah sayapnya, burung bisa terbang karena sebab ada sayapnya. Semakin kita banyak melakukan sunnah sunnah dalam beribadah, semakin lebar dan mudah pintu kesuksesan dunia akhirat untuk dicapai.

Baca Juga:  Cara Mujarab Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Dalam Islam

6. Melakukan Shalat Tahajud

Waktu yang sangat tepat untuk bermunajat kepada Allah adalah di sepertiga malam, disaat yang lain sedng tertidur lelap, maka bangunlah dan laksanakanlah shalat tahajud, bermunajatlah kepada Allah. Pada saat itu Allah turun untuk kita, maka sambutlah Allah dengan bersujud dengan-NYA, berdoalah kepada-NYA, karena doa yang panjatkan insyaAllah akan dikabulkan oleh Allah SWT. Lakukanlah, jangan malas, sebab dengan itu, kita bisa sukses dunia akhirat.

7. Melaksanakan Shalat Dhuha

Shalat Dhuha biasanya dikatakan sebagai shalat untuk meminta rizki, jangan hanya sekali melaksanakan shalat lalu berharap rizki dan pintu kesuksesan akan langsung datang. Segala sesuatu harus dilakukan istiqomah, secara kontinue. Dan diringi dengan usaha, maka kesuksesan itu akan mudah dicapai sukses dunia akhirat.

8. Shadaqoh

Sedekah lah dengan ikhlas, sedekah tidak akan pernah mengurangi sama sekali harta yang kita miliki, karena sedekah justru akan membuka pintu rizki kepada kita. Allah berfirman dalam Q.S Al-Lail: 5-8 yang artinya “Adapun orang yang memberikan sebagian (hartanya dijalan Allah) dan bertaqwa dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (syurga) maka kami kelak akan menyiapkan jalan yang mudah”.

9. Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Berbakti dan berbuat baiklah kepada kedua orangtua. “Ridhollah fii ridhol walidain” yakni ridho Allah terletak pada ridho orangtua. Jika kita berbakti dan selalu berbuat baik kepada kedua orangtua kita, insyaAllah hati kita akan menjadi bersih, tenang, dan ketika kedua orang tua kita ridho, maka Allah juga akan ridho. Dan pintu kesuksesan itu akan terbuka lebar, sukses dunia akhirat.

10. Perbanyak Silaturrahmi

Dengan memperbanyak silaturrahmi insyaAllah mudah bagi kita untuk meraih kesuksesan dunia akhirat, karena memiliki 10000 teman baik akan terasa kurang, tetapi jika kita memiliki 1 orang musuh, hidup kita menjadi tenang, tidur tidak enak, makan tidak enak. Maka dari itu, meminta maaflah, karena meminta maaf lebih mulia daripada yang dimaafkan, walaupun kita tidak salah. Sehingga hati menjadi tenang, tidak memiliki musuh, insyaAllah kesuksesan akan mudah dicapai.

Baca Juga:  Tips Cara Mujarab Menghilangkan Rasa Galau Dalam Islam

11. Membaca Al-Qur’an Setiap Hari walau Beberapa Ayat

Ketenangan batin, jiwa, dan raga akan didapat dari membaca Al-qur’an, dan Allah akan memberikan kita kebaikan dari setiap huruf yang kita baca. Selain itu, Al-qur’an juga menjadi penolong kita kelak di hari akhir.

12. Kekuatan Istiqomah

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereke beristiqomah meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan “Janganlah kamu  takut dan merasa sedih, dan gembirakanlah mereka dengan Jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu ” (Q.S Fushilat:30)

Demikianlah beberapa kunci kesuksesan yang saling berkesinambungan satu sama lainnya. Semoga 12 Kunci Sukses Dunia Akhirat Dalam Islam ini dapat bermanfaat..Aamiin. Terimakasih telah membaca artikel ini.

Rate this post