Tata Cara Shalat Istikharah, Niat, Doa dan Keistimewaannya Terlengkap

Tata Cara Shalat Istikharah, Niat, Doa dan Keistimewaannya Terlengkap – Shalat istikharah adalah salah satu shalat sunnah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk yang terbaik bagi dirinya untuk perkara yang belum diketahuinya. Seperti dalam hal jodoh, pekerjaan, dan lain sebagainya. Dalam buku fiqih empat madzhab disunnahkan bagi setiap umat muslim mengerjakan shalat istikhararah dalam setiap menentukan keputusan dalam hal ini shalat istikharah juga disunnahkan bagi seseorang yang mengharapkan sesuatu, namun ia tidak mengetahui apakah hal tersebut baik atau tidak bagi dirinya.

Untuk itu, perlu kita ketahui tata cara, niat, doa, dan keistimewaan shalat istikharah. Berikut penjelasannya:

Tata Cara Shalat Istikharah, Niat, Doa dan Keistimewaannya Terlengkap

Sebelum membahas mengenai niat shalat istikharah, perlu kita ketahui bahwa shalat istikharah boleh dilakukan malam maupun siang hari. Akan tetapi, waktu yang lebih istimewa melaksanakan shalat istikharah adalah pada malam hari tepatnya di sepertiga malam yakni sekitar pukul 01.00 hingga masuk waktu subuh.

Niat Shalat Istikharah

Artinya: “Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala”.

Do’a Shalat Istikharah

Artinya:“Ya Allah, aku memohon petunjuk memilih yang baik dalam pengetahuanMu, aku mohon ditakdirkan yang baik dengan kudratMu, aku mengharapkan kurniaMu yang besar. Engkau Maha Kuasa dan aku adalah hambaMu yang dhaif. Engkau Maha Tahu dan aku adalah hambaMu yang jahil. Engkau Maha Mengetahui semua yang ghaib dan yang tersembunyi.

“Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau Ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon kemurahan Tuhan yang Besar lagi Agung karena sesungguhnya Tuhan yang Berkuasa sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui, bahwa persoalan ini baik bagi hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berilah perkara ini kepada hamba, dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berikanlah keberkahan bagi hamba, dan penghidupan hamba, dan jika tidak baik akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah ini dari hamba dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah hamba orang yang rela atas anugrah-Mu.”

Baca Juga:  Hukum Tidak Bisa Membaca Al-qur'an Beserta Dalilnya

Tata Cara Shalat Istikharah

Berikut Tata Cara Shalat Istikharah adalah sebagai berikut:

  • Membaca Niat didalam hati sambil mengangkat kedua tangan (takbiratul ihram)
  • Membaca Iftitah kemudian dilanjutkan dengan membaca surat wajib yaitu surat Al-Fatihah.
  • Membaca surat pendek. Diutamakan surat Al-Kafirun
  • Kemudian Ruku’ secara tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan Tuma’ninah (lakukan sesuai dengan shalat pada umumnya)
  • Diraka’at kedua membaca surat Al-fatihah dan surat pendek diutamakan surat Al-Ikhlas.
  • Kemudian Ruku, I’tidal, Sujud, Seperti halnya melakukan shalat lima waktu.
  • Salam.
  • Setelah salam, membaca Do’a yang sudah dijelaskan diatas.

Keistimewaan Shalat Istikharah

Dalam sabda Nabi Muhammad SAW, bahwa “Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah shalat sunnah dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdo’alah meminta kepada Allah”. (HR.Al-Bukhari).

Shalat sunnah istikharah memiliki banyak keistimewaan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menyerahkan Hasil Kepada Allah SWT (Bertawaqal)
  2. Menghilangkan Keraguan Dalam Memilih
  3. Terhindar dari Keburukan dari Pilihan Yang Ditentukan
  4. Memantapkan Hati
  5. Menjauhi dari Bisikan Syeitan

Demikianlah Penjelasan Mengenai Tata Cara Shalat Istikharah, Niat, Doa dan Keistimewaannya Terlengkap. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Rate this post