√ 3 Kejadian Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut
3 Kejadian Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut

√ 3 Kejadian Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut

3 Kejadian Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut – Setiap orang yang bernyawa pasti akan merasakan kematian, bahkan hal tersebut sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Sebagaimana dalam firman Allah Q.S Ali-Imran ayat 185 yang berbunyi:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَما الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ

Artinya: “Setiap jiwa pasti akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari Kiamat sahajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa yang dijauhkan dari Neraka dan dimasukkan ke dalam Syurga, maka sungguh dia telah berjaya. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdaya” (ali-Imran 3: ayat 185)

Kita diciptakan oleh Allah SWT hanya untuk beribadah kepada-Nya, jadi pesan untuk kita semua umat manusia, janganlah terlena dengan kehidupan yang hanya sementara ini. Mari kita banyak-banyak dalam mengumpulkan bekal untuk kelah di akhirat, namun harus diingat jangan pernah merasa bangga dan sombong karena kita tidak pernah tahu bagaimana akhir dari kehidupan kita. Bisa jadi yang ahli maksiat di akhir hayat mendapatkan khusnul khotimah sedangkan yang ahli ibadah namun ada sombong dan merasa lebih baik dari orang lain justru akab terjerumus di akhir hayatnya. Na’udzubillah.

Nah pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai 3 kejadian besar yang akan terjadi atau di hadapi seseorang saat sakratul maut. Untuk mengetahuinya langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

3 Kejadian Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut

Hal yang harus kalian ketahui bahwasanya tidak ada hal yang lebih menakutkan kecuali kematian. Bahkan ada kisah Lukamanul hakim pernah berkata kepada anaknya “Ada suatu perkara yang kamu tidak akan mengetahui kapan ia datang, sehingga bersiaplah sebelum ia datang mengejutkanmu. Sangat aneh ketika seseorang mengetahui akan ada sekompi tentara akan datang kepadanya dan memukulnya dengan lima pukulan, dan ia merasa was was serta mengkhawatirkan nasibnya sepanjang waktu. Akan tetapi jika yang akan datang adalah malaikat maut, bagaimana ia tidak merasa was-was akan nasib dirinya. Ketahuilah bahwa rasa sakit saat sakratul maut menjemput hanya dapat diketahui oleh orang yang pernah merasakannya, sedangkan orang yang belum pernah merasakannya hanya membandingkan rasa sakit yang pernah ia rasakan selama hidupnya.

Ternyata ada beberapa fase atau kejadian besar yang akan dihadapi seseorang saat sakratul maut, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bencana Rasa Sakit Yang Begitu Dahsyat

Saat seseorang akan menghadapi sakratul maut, maka teriakan dan suaranya akan tersendak – sendak. Hal tersebut terjadi karena rasa sakit yang begitu luar biasa dan begitu dahsyatnya yang menjalar hingga hati dan bersemayam di seluruh tubuh dan dengan itu dapat melemahkan seluruh kekuatannya hingga pada akhirnya ia tidak bisa lagi meminta pertolongan. Dan pada saat sakratul maut datang akal telah lumpuh dan kacau balau kemudian lidah menjadi beku dan kaku dan seluruh organ tubuh menjadi lemah terkulai.

Kalian tidak akan pernah bisa membayangkan betapa dahsyat dan sakitnya rasa sakit yang akan menimpa orang yang sedang sakratul maut, karena hanya orang yang sudah merasakannya lah yang tau betapa sakitnya rasa tersebut. Andaikan saja ia bisa beristirahat dan berteriak meminta pertolongan, maka niscaya akan ia lakukan. Akan tetapi ia tak dapat lagi melakukannya, bahkan dadanya sudah berubah warna dan terbujur kaku, seolah muncul darinya debu. Dan pada saat itu mulailah roh di cabut dari persendiannya, kemudian seluruh anggota badannya mati secara perlahan – lahan. Kemudian kedua kakinya menjadi hambar betis dan pahanya. Pada saat itu seluruh badan menghadapi masa kritis dan terjadilah kebingungan yang luar biasa hingga roh sampai ke tenggorokan dan ketika itu terputuslah pandangannya dari dunia dan segala isinya (penghuninya) dan ditutuplah pintu taubat darinya.

2. Bencana Melihat Malaikat Maut Yang Dapat Menciptakan Rasa Gentar dan Rasa Takut dalam Hati Selama Setahun

Dan diriwayatkan bahwasanya Nabi Ibrahim pernah berkata kepada malaikat maut, “Bisakah engkau memperlihatkan bentukmu kepadaku saat engkau akan mencabut ruhnya pendosa ?” Malaikat maut pun menjawab “Engkau tidak akan mampu menyaksikannya, tapi baiklah. Sekarang berpalinglah dariku. Kemudian..

“Ketika Nabi Ibrahim berpaling, ia melihat seorang laki-laki yang berambut hitam tegak, berbau busuk dan berpakaian hitam, dari mulut dan lubang hidungnya keluar asap dan api yang berkobar-kobar, sehingga membuat nabi Ibrahim jatuh pingsan. Ketika Nabi Ibrahim sadar, malaikat maut sudah berubah wujudnya semula, kemudian nabi Ibrahim berkata, “Bagaimana kondisi orang yang banyak dosa saat menemui ajalnya, sungguh ia akan sangat ketakutan melihat wujudmu “. Kemudian bagaimana wujudmu ketika engkau akan mencabut roh orang mukmin?, Malaikat maut berkata berpalinglah, lalu nabi Ibrahim berpaling, dan ketika membalikkan tubuhnya tiba-tiba ia melihat seorang pemuda tampang berpenampilan rapi, bersih, dan harum baunya, setelah itu nabi Ibrahim berkata, “Jika saat orang mukmin menemui ajalnya, maka ia akan melihat wujud seperti ini, sungguh ia akan merasa senang dan tenang.”

√ 3 Kejadian Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut
3 Kejadian Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut

3. Bencana Bagi Para Pelaku Maksiat Akan Menyaksikan Tempat Mereka di Neraka dan Mereka Merasa Ketakutan

Dan sesungguhnya mereka tidak akan keluar dari jasad sebelum malaikat maut menyampaikan salah satu dari dua perkara, dua perkara tersebut diantaranya adalah “Bergembiralah dengan neraka wahai bagi musuh Allah, dan ” Bergembiralah dengan surga , wahai bagi wali Allah”. Mereka yang berfikir pasti takut akan hal tersebut sebagaimana Rasulullah bersabda, “Roh salah satu dari kalian tidak akan keluar dari dunia hingga ia mengetahui kemana arah perjalannya, dan hingga ia akan melihat tempat tinggalnya, disurga atau dineraka”.

Demikianlah penjelasan mengenai 3 Kejadian Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut. Semoga kita senantiasa selalu menjadi orang yang menjaga diri dari perbuatan dosa hingga akhir hayat penutupan kita kelak hidup di dunia berakhir dengan husnul khotimah. Karena sesungguhnya kehidupan setelah di dunia akan lebih berat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta menjadi pengingat untuk kita semua. Terimakasih 🙂