Pengertian Pelayanan Menurut Ahli, Fungsi, Unsur & Tujuan (Lengkap)
Pengertian Pelayanan Menurut Ahli, Fungsi, Unsur & Tujuan (Lengkap)

√ Pengertian Pelayanan Menurut Ahli, Fungsi, Unsur & Tujuan (Lengkap)

Pengertian Pelayanan Menurut Ahli, Fungsi, Unsur & Tujuan (Lengkap) – Istilah pelayanan sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, namun seringkali kita salah pengertian mengenai pelayanan. Nah agar tidak salah dalam mengartikan apa itu pelayanan, pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan pembahasan mengenai pengertian pelayanan, fungsi, unsur dan juga tujuannya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Pelayanan Menurut Ahli, Fungsi, Unsur & Tujuan (Lengkap)

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian pelayanan.

Pengertian Pelayanan

Secara umum pelayanan merupakan melayani atau suatu kegiatan yang hasilnya ditujukan untuk keinginan orang lain, baik itu individu maupun kelompok dan juga masyarakat. Adapun berdasarkan keputusan Menteri Negara Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003, pelayanan merupakan semua bentuk aktivitas pelayanan yang dilaksanakan oleh lembaga pemerintah di pusat, baik di daerah maupun di dalam lingkungan badan usaha milik negara atau daerah dalam bentuk barang maupun jasa dalam rancangan pemenuhan kepentingan masyarakat serta dalam rancangan pelaksanaan ketetapan peraturan perundang-undangan.

Pengertian Pelayanan Menurut Para Ahli

1. Suparlan (2000: 35)

Pelayanan merupakan suatu usaha pemberian bantuan maupun pertolongan pada orang lain, baik itu berupa materi maupun non materi agar orang tersebut dapat mengatasi masalahnya itu sendiri.

2. Groonros

Pelayanan merupakan suatu kegiatan atau serangkaian aktivitas yang sifatnya tidak terlihat dan terjadi sebagai suatu dampak adanya hubungan antar pelanggan dengan pegawai yang diberikan oleh suatu perusahaan dengan memberikan suatu layanan yang dimaksudkan untuk menyelesaikan persoalan pelanggan.

3. Kotler (2003: 464)

Pelayanan adalah suatu tindakan atau kinerja yang dapat diberikan kepada orang lain. Adapun pelayanan (service) dapat dibagi menjadi dua yaitu:

  • High Contactt Service, yaitu sebuah klasifikasi dari sebuah pelayanan jasa dimana kontak diantara konsumen dan juga penyedia jasa yang sangatlah tinggi, konsumen selalu terlibat dalam sebuah proses dari layanan jasa tersebut.
  • Low contact service yaitu suatu klasifikasi pelayanan jasa dimana kontak diantara konsumen dengan sebuah penyedia jasa tidak terlalu tinggi. Physical contact dengan konsumen hanya terjadi di front desk yang termasuk ke dalam klasifikasi low contact service. Sebagai contoh adalah lembaga keuangan.

4. Moenir (2005: 47)

Menurut moenir pelayanan merupakan sebuah proses dari pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung. Dalam penekanan arti dari suatu pelayanan adalah pelayanan yang diberikan adalah menyangkut tentang segala usaha yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka mencapai tujuan guna dapat memperoleh kepuasan dalam hal pemenuhan kebutuhan.

5. Hadipranata

Pelayanan menurut hadipranata merupakan suatu kegiatan tambahan diluar tanggung jawab yang diinformasikan kepada pelanggan ataupun klien dan dirasakan baik sebagai suatu apresiasi ataupun pujian.

6. Freed Luthans

Pelayanan merupakan sebuah prosedur pemenuhan keperluan melewati kegiatan orang lain yang juga melibatkan segala persoalan yang ditujukan orang lain untuk mengatasi suatu masalah.

7. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pelayanan merupakan suatu jalan untuk memberi, merancang dan juga mengatur apa yang sedang dibutuhkan oleh orang lain.

8. Loina

Menurut Loina, pelayanan merupakan suatu proses keseluruhan sebuah pembentukan citra dari perusahaan, baik itu melalui media berita, membentuk sebuah budaya perusahaan secara internal maupun melakukan sebuah komunikasi mengenai pandangan suatu perusahaan pada para pemimpin pemerintahan serta publik yang lainnya dan berkepentingan.

9. Brata

Pelayanan menurut Brata dalam suatu karyanya yakni dasar-dasar pelayanan prima, yakni mengatakan bahwa “Suatu pelayanan akan terbentuk dikarenakan adanya sebuah proses pemberian layanan tertentu dari pihak penyedia layanan pada pihak yang dilayaninya.” (Brata, 2003 : 9). Kemudian Brata juga menambahkan bahwa pelayanan dapat terjadi diantara seseorang dengan seseorang lainnya dan juga dengan kelompok lainnya, atau bahkan kelompok dengan seseorang seperti halnya orang yang berada dalam suatu organisasi. Yang juga memberikan pelayanan terhadap orang-orang yang berada di sekitarnya yang juga membutuhkan sebuah informasi organisasi itu sendiri.

10. Sampara

Menurut Sampara, pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam suatu interaksi langsung antar seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan juga menyediakan kepuasan pelanggan.

Fungsi Pelayanan

Adapun fungsi dari pelayanan adalah dengan membagian kapasitas pelayanan kepada pelanggan yang harus berguna untuk makin membagian kepuasan yang maksimal kepada pelanggan, karena dalam membagian sebuah pelayanan harus dilakukan sesuai dengan peranan dari pelayan tersebut.

Unsur-Unsur Pelayanan

Adapun unsur unsur dari suatu pelayanan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bukti Langsung

Bukti langsung merupakan suatu bukti yang aktual dari perhatian dan ketertarikan yang diberikan oleh fasilitator jasa kepada para pelanggan.

2. Ketanggapan

Ketanggapan yakni suatu keahlian perusahaan yang dilakukan secara langsung oleh pegawai untuk melayani pelayanan dengan terampil dan juga responsif.

3. Kemahiran (Keandalan)

Keandalan merupakan suatu keahlian perusahaan untuk melayani jasa sebanding dengan apa yang sudah menjadi ketentuan secara tepat waktu.

4. Jaminan

Jaminan merupakan suatu keahlian dan juga keterampilan untuk mendirikan suatu kepercayaan dan keyakinan pada diri pelanggan dalam melayani jasa yang telah ditawarkan.

5. Empati

Empati merupakan suatu keahlian perusahaan yang dilakukan secara langsung oleh pegawai untuk membagian kepedulian kepada pelanggan secara perorangan.

Pengertian Pelayanan Menurut Ahli, Fungsi, Unsur & Tujuan (Lengkap)
Pengertian Pelayanan Menurut Ahli, Fungsi, Unsur & Tujuan (Lengkap)

Tujuan Pelayanan

Adapun tujuan pelayanan secara umum adalah memberikan suatu kapasitas pelayanan yang baik, agar pelanggan mengharapkan kepuasan dan akan berpengaruh positif bagi perusahaan tersebut.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Pelayanan Menurut Ahli, Fungsi, Unsur & Tujuan (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂