Pengertian Komitmen, Tujuan, Ciri dan Contohnya Terlengkap

Pengertian Komitmen, Tujuan, Ciri dan Contohnya Terlengkap – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai seputar komitmen. Kita semua pasti pernah dan sudah tidak asing lagi mendengar kata komitmen. Nah untuk mengetahui lebih jelasnya berikut akan dipaparkan.

Pengertian Komitmen, Tujuan, Ciri dan Contohnya Terlengkap

Pengertian Komitmen

Secara umum komitmen adalah suatu keadaan dimana seseorang membuat perjanjian atau keterikatan, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain yang tercermin kedalam tindakan atau perilaku tertentu yang dilakukan suka sama suka atau tidak ada keterpaksaan.Definisi lain mengenai komitmen adalah suatu bentuk kewajiban yang mengikat seseorang dengan sesuatu. Baik itu diri sendiri, maupun orang lain dan juga hal atau tindakan tertentu.

Secara terminologi, kata komitmen berasal dari bahasa latin “commiter” yang bermakna menyatukan, menggabungkan, mengerjakan dan mempercayai. Sehingga dari asal katanya komitmen merupakan suatu sikap yang setia dan tanggung jawab seseorang terhadap sesuatu baik dari sendiri maupun orang lain, organisasi, ataupun suatu hal tertentu.

Adapun pengertian menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

1. Greenberg (2005)

Menurutnya komitmen adalah kesediaan seseorang karyawan untuk memihak pada sesuatu organisasi tertentu dan tujuan-tujuannya serta berniat untuk memelihara keanggotaan dalam organisasi tersebut.

Baca Juga:  Pengertian HRD, Fungsi dan Tugasnya (Lengkap)

2. Sri Kuntjoro

Menurutnya komitmen adalah rasa keterlibatan, identifikasi serta loyalitas yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasinya.

3. Welsch dan La Van (2001)

Komitmen adalah sebuah dimensi perilaku yang penting dan dapat digunakan untuk menilai keterikatan karyawan pada perusahaan.

4. Steers dan Porter (1983)

Komitmen merupakan suatu keadaan dimana seseorang atau individu menjadi terikat oleh tindakannya sehingga akan menimbulkan keyakinan yang menunjang aktivitas dan keterlibatannya.

5. Griffin

Komitmen adalah sikap yang menunjukkan sejauh mana orang tersebut menganal dan mau terikat dengan organisasinya. Jika suatu anggota memiliki komitmen yang tinggi maka ia akan melihat dirinya sebagai anggota yang sejati.

Tujuan Komitmen

Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa tujuan komitmen adalah untuk memberikan sebuah jaminan sehingga sesuatu tersebut tidak berubah dimasa depan dan akan selalu tetap sesuai dengan isi komitmen.

Ciri-ciri Komitmen

Adapun ciri-ciri dari sebuah komitmen adalah sebagi berikut:

1. Terdapat goal atau tujuan tertentu yang ingin dicapai setelah melaksanakan sebuah komitmen.

2. Adanya suatu perjanjian yang disepakati, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap pihak lain.

3. Pihak yang terlibat dalam suatu komitmen haruslah bertanggung jawab dengan isi perjanjian.

4. Adanya kesetiaan dari semua pihak terhadap suatu tujuan yang ingin dicapai.

Contoh Komitmen

Istilah komitmen sering digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, baik itu organisasi, dunia kerja, hubungan sosial dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh komitmen dalam berbagai bidang:

1. Komitmen Pada Diri Sendiri

Komitmen pada diri sendiri ini adalah sebuah bentuk komitmen yang berlandaskan adanya keinginan dari diri sendiri untuk mencapai sesuatu yang lebih baik. Misalnya seseorang berkomitmen untuk selalu tidur dibawah jam 10 malam. Hasil akhir dari komitmen yang dicapai adalah untuk menjaga kesehatan dan dijauhkan dari insomnia.

Baca Juga:  Pengertian Sampah, Jenis, Manfaat dan Dampaknya (Lengkap)

2. Komitmen Kepada Keluarga

Komitmen terhadap keluarga merupakan bentuk komitmen yang berasal dari diri seseorang terhadap keluarganya. Dalam artian dia akan bertanggung jawab terhadap keluarganya. Misalnya seorang suami berkomitmen kepada keluarganya untuk memberi nafkah lahir dan batin.

3. Komitmen Dalam Hubungan

Contoh berkomitmen dalam suatu hubungan yaitu membuat suatu perjanjian untuk mempertahankan suatu hubungan seperti pernikahan.

4. Komitmen Dalam Lingkungan

Misalnya pendaki gunung berkomitmen untuk tidak membuang sampah sembarangan serta berkewajiban menjaga lingkungan sekitar.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Komitmen, Tujuan, Ciri dan Contohnya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat yahh. Terimakasih 🙂

5 (100%) 6 vote[s]