Pengertian Agama Menurut Para Ahli & Menurut Islam

Pengertian Agama Menurut Para Ahli & Menurut Islam – Agama merupakan suatu acuan atau pedoman dalam hidup manusia, ada berbagai macam jenis agama yang di anut oleh umat manusia, tetapi kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai apa itu agama menurut Islam.

Menurut Dr. franny dahler ada dua definisi agama, yakni definisi secara umum dan definisi secara khusus. Secara umum berlaku bagi semua agama, sedangkan secara khusus hanya berlaku untuk agama itu sendiri.

Dalam Islam, agama terdiri dari dua yaitu Samawi dan Bukan Samawi. Agama samawi adalah agama yang berdasarkan wahyu Allah.

Pengertian Agama Menurut Para Ahli & Menurut Islam

Berikut ini merupakan pengertian agama yang dijelaskan menurut para ahli dan menurut Islam, langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Agama Menurut Bahasa dan Istilah

Berikut ini merupakan pengertian agama menurut bahasa dan istilah:

1. Agama Menurut Al-Qur’an dan Bahasa Arab

Berasal dari bahasa arab, Agama yaitu dari kata “addien” dan “almillah“. Addien artinya syariat dan Almillah berarti orang yang melakukan ibadahnya. Menurut lughat atau bahasa kata “addien” memiliki banyak arti yakni suatu cara atau adat, peraturan, agama, MengEsakan Tuhan, kekuasaan, kemenangan, taat ataupun patuh.

Baca Juga:  Doa Untuk Kedua Orangtua (Arab, Latin, Terjemahan) Lengkap

2. Addienul Islam Menurut Bahasa dan Istilah

Dalam Islam, kata addien juga memiliki arti yakni secara bahasa dan juga istilah. Secara bahasa addien berarti keselamatan, kesejahteraan, pasrah (penyerahan diri kepada Allah SWT).

Sedangkan menurut istilah berarti suatu ketundukkan seorang hamba kepada wahyu Allah SWT,  yang diturunkan kepada nabi dan rasul khusunya Nabi Muhammad SAW untuk dapat dijadikan suatu pedoman hidup dan hukum atau aturan Allah SWT, yang dapat membimbing umatnya kejalan yang lurus, menuju kebahagiaan didunia maupun akhirat.

Secara istilah, agama juga memiliki banyak arti yang bersumber dari Al-Qur’an, As-sunnah, serta Ijma para ulama. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Islam Sebagai Wahyu Illahi

Wahyu adalah kalam Allah yang disampaikan kepada para Rasulnya. Nabi Muhammad adalah nabi yang menerima wahyu dari Allah SWT, yang disampaikan melalui perantara malaikat jibril.

2. Islam Sebagai Pedoman Hidup

Islam itu adalah jalan hidup sedangkan Al-Qur’an adalah sumber utama pedoman dan ajaran dalam Islam.

3. Membimbing Manusia Kejalan Yang Lurus

yang artinya: “Dan bahwa (yang kami perintahkan) ini adalah jalan-KU yang lurus, maka ikutilah dia,  dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertaqwa.”

4. Kebahagiaan Dunia dan Akhirat 

Islam merupakan agama yang membawa pemeluknya menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat. Hal tersebut dapat dicapai dengan amal perbuatan shalih yang dikerjakan, sesuai dengan hukum dan syariat Islam.

artinya: ” Dan carilah pada apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negri akhirat, dan janganlan kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu,dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (Q.S Al-Qashas:77)

Baca Juga:  √ Bacaan Tawasul (Hadhorot) Dan Susunannya Yang Benar Arab (Lengkap)

Pengertian Agama Islam Menurut Nabi Muhammad dan Para Ulama

Adapun pengertian agama menurut nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya adalah sebagai berikut:

1. Menurut Nabi Muhammad SAW

Pada saat Umar.r.a menanyakan tentang apa itu Islam, kemudian Nabi Muhammad SAW menjawab: “Bahwa Engkau tidak mengakui adanya Tuhan selain Allah dan bahwasanya Muhammad itu utusan Allah SWT, dan engkau mendirikan sholat dan mengeluarkan zakat, serta berpuasa di bulan Ramadhan, dan engkau mengerjakan ibadah haji di Baitullah jika engkau sanggup melakukannya”.

2. Menurut Umar bin Khattab

Islam merupakan agama yang diturunkan oleh Allah SWT lewat nabi Muhammad Saw, dimana dalam agama Islam terdapat tiga komponen, yakni aqidah, syariat dan akhlak.

3. Menurut Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab

Islam adalah berserah diri kepada Allah SWT yakni dengan cara mentauhidkan-Nya, tunduk serta patuh kepada-Nya dengan ketaatan dan berlepas diri dari perbuatan-perbuatan syirik dan para pelakunya.

4. Menurut Muhamad bin Ibrahim bin Abdullah at-Tawaijiri

Islam adalah suatu penyerahan diri dengan sepenuhnya kepada Allah SWT dengan mengEsakan-Nya serta melaksanakan syariat-syariatnya dengan hati yang ikhlas.

Pengertian Agama Menurut Para Ahli

Adapun pengertian agama menurut para ahlinya adalah sebagai berikut:

1. Nicolaus Driyarkara SJ

Agama merupakan suatu keyakinan dengan adanya kekuatan supranatural yang mengatur dan juga menciptakan alam dan seisinya.

2. Jappy Pellokila

Agama merupakan suatu keyakinan yang percaya akan adanya Tuhan yang Maha Esa, dan mempercayai hukum – hukumnya.

3. Emile Durkheim

Agama merupakan sistem yang terdiri dari kepercayaan dan praktik yang berkaitan dengan hal suci dan menyatukan para penganutnya dalam suatu komunitas moral (umat).

Demikian Penjelasan Mengenai Pengertian Agama Menurut Para Ahli & Menurut Islam . Terimakasih sudah membaca artikel kami. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Aamiin.

Baca Juga:  Pengertian, Rukun, Syarat, Sunnah, Wajib dan Tata Cara Haji Terlengkap