Pengertian Agama Secara Umum dan Secara Luas

Pengertian Agama Secara Umum dan Secara Luas РAgama meurut kamus besar bahasa Indonesia adalah suatu sistem yang mengatur keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan yang Maha Kuasa, serta kaidah yang berhubungan pergaulan manusia serta lingkungannya.

Nah, untuk lebih jelasnya ruangpengetahuan  akan membahas mengenai pengertian Agama secara umum. Berikut Penjelasannya:

Pengertian Agama Secara Umum dan Secara Luas

Agama berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “tradisi”.Kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa latin adalah religio yang berarti “mengikat kembali”. Definisi tentang agama dipilih yang sederhana, sebagaimana yang kita tahu bahwa manusia memiliki keterbatasan dalam menjadikannya keyakinan bahwa ada sesuatu yang luarbiasa terhadap dirinya. Sumber-sumber yang luar biasa tersebut berasal dari Tuhan.

Kayakinan ini akan membawa manusia tersebut untuk mencari kedekatan pada Tuhan dengan cara menghambakan diri yakni menerima segala ketentuan yang menimpa pada dirinya itu berasal dari Tuhan.

Dengan demikian diperoleh pernyataan yang jelas bahwasanya agama itu penghambaan manusia kepada Tuhannya. Terdapat tiga unsur dalam pengertian agama, yakni manusia, penghambaan dan Tuhan. Jika suatu ajaran atau paham mengandung ketiga unsur tersebut maka hal tersebut dapat dikatakan agama.

Demikian penjelasan Pengertian Agama Secara Umum dan Secara Luas semoga bermanfaat. Terimakasih.

5 (100%) 5 votes
Baca Juga:  Pengertian Shalat, Syarat, dan Rukunnya Terlengkap