Niat Puasa Senin Kamis dan 12 Keutamaannya Lengkap

Niat Puasa Senin Kamis dan 12 Keutamaannya – Puasa senin kamis ini adalah suatu puasa sunnah yang merupakan pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Sudah tidak asing lagi dengan amalan sunnah ini, akan tetapi masih banyak yang mungkin diantara kita belum mengetahui bagaimana niat dan keutamaan dari puasa sunnah senin-kamis ini.

Akan tetapi ada yang perlu diingat nih yaa..Bahwa segala sesuatu bentuk ibadah dilakukan harus karena Allah, jangan hanya karena ingin diet, sukses, karena ingin segera menemukan jodoh. Karena ibadah yang baik dan diterima adalah ibadah yang ikhlas dikerjakan karena Allah, adapun jika memang kita menginginkan suatu hajat, kita sudah menunaikan ibadah karena Allah, maka kita mohonkan dan berdoa supaya Allah ijabah hajat dan doa-doa kita. Itu semua merupakan kemurahan dan kasih sayang Allah SWT kepada mereka yang selalu senantiasa melaksanakan perintahnya dan menjauhi laranganNYA.

Baiklah teman-teman seiman untuk mengetahui bagaimana sih niat dan keutamaan puasa senin kamis, berikut akan dijelaskan dibawah ini 🙂

Niat Puasa Senin Kamis dan 12 Keutamaannya

1. Bacaan Niat Puasa Hari Senin

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHITA’ALA

Baca Juga:  Hukum Tidak Membayar Hutang Dalam Islam Beserta Dalilnya Lengkap

Artinya: Saya niat puasa hari senin, sunnah karena Allah Ta’ala.

2. Bacaan Niat Puasa Hari Kamis

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHITA’ALA

Artinya: Saya niat puasa hari kamis, sunnah karena Allah Ta’ala.

Dari Aisyah ra. Ia berkata:

Artinya: ” Adalah Nabi Shallahu’alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari senin dan kamis” (HR. At-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadist ini dishahihkan Al-Albani)

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Adapun keutamaan puasa senin kamis adalah sebagai berikut:

1. Senin dan kamis merupakan hari dimana pintu surga dibuka.

Pada kedua hari tersebut, seluruh dosa-dosa yang telah dilakukan akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT, kecuali bagi mereka yang bermusuhan.

 

Artinya: ” Pintu-pintu surga dibuka pada hari senin dan kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosanya, kecuali seseorang yang diantara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai” (HR. Muslim).

2. Dapat Menjadi Perisai Bagi Kejiwaan Seseorang

Menunaikan puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kondisi kejiwaan seseorang. Membantu melatih kesabaran, melatih menguasai diri, menahan hawa nafsu, dan dapat meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Allah SWT.

3. Dapat Terhindar Dari Godaan Syeitan

Berpuasa memberikan ilustrasi bahwa dengan melaksanakan ibadah tersebut jalan syeitan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat. Oleh karena itu, hal tersebut dapat meminimalisir perbuatan maksiat dan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

4. Melatih Diri Untuk Disiplin

Puasa dapat melatih seseorang untuk berdisiplin, karena merasa bahwa Allah SWT selalu mengawasinya, sehingga selalu menjaga diri untuk tidak melakukan hal yang dilarang Allah dan menjaga puasanya agar tidak batal.

Baca Juga:  8 Keutamaan Shalat Tarawih Berjama'ah di Masjid

5. Melembutkan Hati dan Meningkatkan Rasa Syukur

Puasa dapat melembutkan hati kita, dan juga menambah rasa syukur kita kepada Allah SWT.

6. Meningkatkan Amalan

Menunaikan puasa dapat mendorong kita untuk melakukan amalan-amalan yang lainnya sehingga menjadikan diri menjadi lebih baik dan nantinya akan mendatangkan pahala ari Allag SWT.

7. Berpengaruh Besar Pada KesehatanTubuh

Puasa dapat membersihkan dan menjaga dari berbagai penyakit, saat berpuasa sistem pencernaan kita dapat beristirahat sehingga sistem tubuh yang lainnya dapat bekerja lebih baik.

Keutamaan Puasa Senin Kamis Lainnya Yaitu:

Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurunkan kolesterol

Meremajakan sel kulit

Cara mendapatkan jodoh

Mendapatkan kesuksesan dunia akhirat

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Niat Puasa Senin Kamis dan 12 Keutamaannya Lengkap. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Rate this post