Macam-Macam Sedekah & Pengertian Sedekah Dalam Islam
Macam-Macam Sedekah & Pengertian Sedekah Dalam Islam

√ Macam-Macam Sedekah & Pengertian Sedekah Dalam Islam

Macam-Macam Sedekah & Pengertian Sedekah Dalam Islam – Islam banyak memberikan kemudahan untuk setiap pemeluknya yang bisa dijadikan sebagai amalan dan ibadah. Salah satunya adalah dengan sedekah, sedekah adalah suatu ibadah bahkan senyum yang ikhlas pun bisa dikatakan sebagai sedekah.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan pembahasan mengenai sedekah yang mencakup macam sedekah dan pengertian sedekah. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Macam-Macam Sedekah & Pengertian Sedekah Dalam Islam

Berikut ini adalah macam-macam sedekah yang dapat kita lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bertasbih, Tahlil dan Tahmid

Dari Aisyah r.a, bahwasanya Rasulullah saw. Berkata, “Bahwasanya diciptakan dari setiap anak cucu Adam tiga ratus enam puluh persendian. Maka barang siapa yang bertakbir, bertahmid, bertasbih, beristighfar, menyingkirkan batu, duri, atau tulang dari jalanan, amar ma’ruf nahi mungkar, maka akan dihitung sejumlah tiga ratus enam puluh persendian. Dan ia sedang berjalan pada hari itu, sedangkan ia dibebaskan dirinya dari api neraka.” (HR. Muslim)

2. Bekerja Memberi Nafkah Pada Keluarga

Orang yang bekerja untuk memberikan nafkah kepada keluarganya termasuk sedekah. Sebagaimana diungkapkan dalam sebuah hadits: Dari Al-Miqdan bin Ma’dikarib Al-Zubaidi ra, dari Rasulullah saw. Berkata, “Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak dan pembantunya melainkan akan menjadi shadaqah.” (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga:  Bacaan Doa Setelah Istinja Beserta Latin & Terjemahannya

3. Sedekah Harta

Selanjutnya adalah orang yang bersedekah dengan harta. Hal yang dapat dilakukan dengan sedekah harta adalah berinfaq, membantu pembangunan masjid, membantu pembangunan lembaga penghafal Al-Qur’an dan lain sebagainya.

Sedekah tidaklah mengurangi harta. Sebagaimana Rasulullah saw. Bersabda, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).

Walaupun secara lahiriah harta akan berkurang, tetapi dengan pahala di sisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak. Allah SWT berfirman dalam Surah Saba:

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya: “Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

Pengertian Sedekah

Secara umum, sedekah merupakan mengamalkan atau menginfakan harta dijalan Allah SWT, tidak hanya semata-mata menginfakan harta dijalan Allah saja, tetapi sedekah dapat mencakup berbagai macam dzikir seperti (tasbih, tahmid, dan tahlil) dan segala macam perbuatan baik lainnya.

Menurut KBBI sedekah merupakan suatu pemberian yang diberikan kepada fakir miskin atau orang yang berhak menerimanya, diluar kewajiban zakat, sesuai dengan kemampuan pemberinya.

Pengertian lain dari sedekah adalah mengamalkan harta dijalan Allah SWT dengan ikhlas tanpa meminta imbalan dan hanya mengharap Ridho Allah SWT.

Macam-Macam Sedekah & Pengertian Sedekah Dalam Islam
Macam-Macam Sedekah & Pengertian Sedekah Dalam Islam

Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Baqarah ayat 245

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Macam-Macam Sedekah & Pengertian Sedekah Dalam Islam. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

Baca Juga:  Do'a Supaya Terlepas Dari Kesusahan (Doa Nabi Yunus)

Rate this post