Macam-Macam Alat Optik Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Macam-Macam Alat Optik Beserta Penjelasan dan Fungsinya – Dalam ilmu sains, banyak sekali penggunaan alat-alat optik dalam melakukan penelitian. Penelitian tersebut umumnya berkaitan dengan mikroorganisme yang berukuran lebih kecil serta hal-hal lain yang masih dalam perbincangan.

Kali ini, pendidik akan membahas mengenai penjelasan masing-masing dari alat optik beserta penjelasannya serta fungsinya. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simaklah penjelasannya sebagai berikut:

Macam-Macam Alat Optik Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Adapun macam-macam alat optik adalah sebagai berikut:

Macam-Macam Alat Optik Beserta Penjelasan dan Fungsinya
Macam-Macam Alat Optik Beserta Penjelasan dan Fungsinya

1. Mata

Mata merupakan alat optik manusia yang sangat canggih. Mata berfungsi sebagai pengelihatan, untuk melihat apapun. Mata membuat kita dapat menikmati keindahan dunia dan segala isinyal. MasyaAllah.. Adapun bagian-bagian mata diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Kornea. Adalah bagian luar mata yang tipis, lunak serta transparan dan berfungsi dalam menerima dan meneruskan cahaya yang masuk pada mata serta melindungi bagian mata yang sensitif yang berada dibawahnya.

b. Pupil. Adalah celah sempit yang berbentuk lingkaran dan berfungsi agar cahaya dapat masuk ke dalam mata.

c. Lensa Mata. Adalah lensa yang berbentuk cembung, elastis, berserat dan bening. Fungsinya untuk membiaskan cahaya dari suatu benda agar dapat terbentuk bayangan benda itu di retina.

d. Retina. Adalah bagian yang ada dibelakang mata yang berfungsi sebagai tempat dalam terbentuknya bayangan.

e. Iris. Adalah selaput yang berwarna hitam, biru ataupun coklat dan berfungsi untuk mengatur dalam besar kecilnya pupil. Bagian inilah yang dapat dilihat warna pada mata seseorang.

Baca Juga:  Pengertian Rehabilitasi Beserta Manfaat dan Jenisnya (Bahasan Lengkap)

f. Otot Akomodasi. Adalah otot yang menempel pada lensa mata berfungsi untuk mengatur tebal dan tipisnya lensa mata.

g. Vitreous Humour. Adalah cairan yang terdapat di dalam bola mata, berfungsi untuk meneruskan cahaya dari lensa mata ke retina.

h. Aquaeus Humour. Adalah cairan yang terdapat di depan lensa mata yang berfungsi untuk membiaskan cahaya ke dalam mata.

i. Bintik Kuning. Adalah bagian dari retina yang gunanya sebagai tempat dalam terbentuknya bayangan yang jelas.

j. Bintik Buta. Adalah bagian dari retina yang jika bayangan jatuh pada bagian ini, maka bayangan akan tampak tidak jelas atau kabur.

k. Saraf Mata. Adalah saraf yang berfungsi untuk meneruskan rangsangan bayangan dari retina menuju ke otak.

2. Cacat Mata

Ada 2 jenis cacat mata yang sering kita temui, yaitu rabun jauh (miopi) dan rabun dekat (hipermetropi). Adapun cacat mata yang lain adalah  presbiopi (mata tua) dan astigmatisms (silindris). Berikut penjelasannya:

a. Miopi (Rabun Jauh)

  • Titik dekat = 25 cm
  • Titik jauh <∼
  • Ditolong dengan lensa cekung

b. Hipermetropi (Rabun Dekat)

  • Titik dekat >25 cm
  • Titik jauh-jauh =∼ (normal)
  • Ditolong denagn lensa cembung

c. Presbiopi ( Mata Tua )

Otot siliar lemah sehingga daya akomodasi mata berkurang.

  • Titik dekat >25 cm (rabun dekat)
  • Titik jauh < ~ (rabun jauh)

d. Astigmatisma (Silindirs )

  • Kelengkungan kornea mata tidak sempuma.
  • Tidak dapat melihat garis-garis vertikal dan horizontal secara bersamaan.
  • Ditolong dengan lensa silindris.

e. Cacat Mata Karena Penyakit

  • Katarak, yaitu penyakit yang membuat lensa mata secara parsial atau secara total buram (tak tembus cahaya). Dalam mengobatinya dilakukan dengan cara operasi atau pembersihan lensa.
  • Glaukoma, dapat terjadi karena peningkatan abnormal pada tekanan fluida dalam retina yang dapat mengurangi suplai darah ke retina dan dapat menyebabkan kebutaan. Hal dapat ditanggulangi dengan obat atau pembedahan.
Baca Juga:  Pengertian Komitmen, Tujuan, Ciri dan Contohnya Terlengkap

3. Kamera

Yaitu alat optik yang digunakan untuk menyimpan atau merekam bayangan dalam bentuk gambar foto. Kamera berfungsi untuk mengabadikan peristiwa penting yang dialami. Adapun bagian-bagian kamera diantaranya adalah:

  • Diafragma, yaitu lubang kecil yang dapat diatur lebarnya, berfungsi untuk mengatur dalam banyaknya cahaya yang masuk melalui lensa.

  • Pelat film, sebagai tempat bayangan dan menghasilkan bayangan negatif, yaitu gambar yang berwarna tidak sama dengan aslinya, tembus cahaya.
  • Lensa cembung, berfungsi membiaskan cahaya yang masuk sehingga dapat terbentuk bayangan yang nyata, terbalik dan diperkecil.
  • Apertur, berfungsi mengatur besar kecilnya diafragma.

4. Mikroskop

Yaitu alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar tampak menjadi lebih besar dan jelas. Dalam mikroskop terdiri dari dua lensa cembung.

  • Lensa cembung pertama, lensa yang dekat dengan benda yang diamati (objek) atau disebut dengan lensa objektif.
  • Lensa cembung kedua atau lensa okuler, adalah lensa yang dekat dengan pengamat atau mata anda.

Mikroskop yang menggunakan dua lensa adalah mikroskop cahaya lensa ganda.

5. Teropong

Atau biasanya juga disebut dengan teleskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda yang jauh agar tampak lebih jelas dan dekat. Dilihat dari objeknya, teropong trerbagi menjadi dua jenis yaitu:

a. Teropong Bintang

Yaitu teropong yang digunakan untuk melihat atau mengitai benda-benda yang ada di langit. Mislanya bintang, langit, dan planet-planet. Teropong ini juga disebut dengan teropong astronomi. Teropong bintang ini terdiri dari dua jenis yaitu jika ditinjau dari jalannya sinar, yaitu

  • Teropong bias, yaitu teropong yang terdiri dari dua lensa cembung yakni sebagai lensa okuler dan objektif. Cara kerjanya sinar masuk ke dalam teropong lalu dibiasksan oleh lensa.
  • Teropong pantul, yaitu teropong yang karena jalannya sinar memantul di dalam teropong. Cahaya yang datang dikumpulkan dalam sebuah cermin yang melengkung besar lalu dipantulkan ke dalam mata pengamat oleh satu atau lebih cermin yang lebih kecil.
Baca Juga:  Pengertian Kartu Kredit, Jenis, Ciri, Keuntungan & Kerugiannya Lengkap

b. Teropong Bumi ( Teropong Medan)

Yaitu berfungsi untuk mengamati benda-benda yang jauh dipermukaan bumi. Terdiri dari 3 lensa cembung yang masing-masing terdiri dari lensa objektif, lensa pembalik, lensa okuler. Lensa pembalik adalah lensa yang membalikkan bayangan yang terbentuk dari lensa objektif, tidak untuk membesarkan bayangan. Okuler berfungsi sebagai lup Kita ketahui bahwasanya lensa pembalik hanya untuk membalik bayangan yang berarti bahwa bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif terletak di titik pusat kelengkungan lensa pembalik.

6. Periskop

Yaitu teropong pada kapal selam yang digunakan untuk mengamati benda-benda di permukaan laut. Periskop terdiri dari 2 lensa cembung dan 2 prisma siku-siku sama kaki. Mekanisme jalannya sinar pada perisko adalah

  • Sinar sejajar dari benda yang jauh menuju ke lensa objektif.
  • Prisma PI memantulkan sinar dari lensa objektif menuju ke prisma P2
  • Sehingga prisma P2 dipantulkan lagi dan bersilangan di depan lensa okuler tepat di titik fokus lensa okuler.

7. Proyektor Slide

Yaitu alat yang digunakan untuk memproyeksikan gambar diapositif sehingga dapat diperoleh bayangan nyata dan diperbesar dilayar. Proyektor slide memiliki bagian-bagian penting yaitu lampu kecil yang memancarkan sinar kuat melalui pusat kaca, slide atau gambar diapositif, cermin cekung yang berfungsi sebagai refletor cahaya, lensa cembung untuk membentuk bayangan pada layar.

Demikianlah penjelasan mengenai Macam-Macam Alat Optik Beserta Penjelasan dan Fungsinya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂

4.9 (97.5%) 8 vote[s]