Ma Fi Qalbi Ghairullah Artinya: Arti, Makna & Penjelasannya

2 min read

Ma Fi Qalbi Ghairullah Artinya: Arti, Makna & Penjelasannya

Ma Fi Qalbi Ghairullah Artinya: Arti, Makna & Penjelasannya – Jika mendengar istilah Ma Fi Qalbi Ghairullah memang sudah tidak asing lagi ya tentunya. Namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa makna dan arti dari kata-kata tersebut.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai Makna dan Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Ma Fi Qalbi Ghairullah Artinya: Arti, Makna & Penjelasannya

مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله  (Ma Fi Qalbi Ghairullah) adalah suatu ungkapan dalam bahasa Arab yang bermakna dan memiliki arti yang sangat luar biasa.

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah (مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله)

Adapun arti dari مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله (Ma Fi Qalbi Ghairullah) adalah tidak ada di dalam hatiku selain Allah SWT.

Dari arti ucapan tersebut tersurat makna bahwa kata tersebut merupakan suatu bentuk pengakuan dari seorang hamba dengan keteguhan hatinya bahwa selalu mengingat Allah SWT dan hanya berharap kepada Allah SWT.

Dengan kata lain bahwa seorang hamba menghilangkan sesuatu yang bersifat duniawi di hatinya, tahta, seseorang dan lainnya kecuali hanya Allah lah yang ada di hatinya.

Sehingga dengan adanya kata “cukuplah Allah dihatinya” maka tentu akan menjadi benteng di hatinya dari segala sesuatu yang dapat melalaikan dari mengingat Allah SWT.

Baca Juga:  √ Niat Puasa Senin Kamis (Arab Latin) & 12 Keutamaannya Lengkap

Penjelasan Ma Fi Qalbi Ghairullah (مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله)

Kata Ma Fi Qalbi Ghairullah terdiri dari 5 huruf kosa kata yakni:

  • Kata ma ( مَا )
  • Kata fii ( فِي )
  • Kata qalbi ( قَلْبِي )
  • Kata ghairu ( غَيْرُ )
  • Lafadz Allah ( الله ).

Yang apabila kata-kata tersebut digabungkan maka akan berarti suatu kalimat yang sangat baik, yakni “cukuplah Allah di dalam hatiku atau tidak ada di dalam hatiku selain Allah SWT.”

Hati disini bukan berarti tempat, maksudnya bisa diartikan sebagai suatu keyakinan yang sangat melekat di hati manusia, dimanapun kita berada dan dalam kondisi apapun selalu ada Allah SWT dan hanya Allah SWT.

Karena Sebagaimana Sayyidina Ali RA pernah berkata :

كان الله ولا مكان وهوالان على ما كان بلا مكان

Artinya : Allah telah ada sebelum adanya tempat, dan sekarang Allah tetap seperti sedia kala, tanpa tempat.

Makna Ma Fi Qalbi Ghairullah (مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله)

Setelah kita mengetahui arti dan penjelasan dari kata Ma Fi Qalbi Ghairullah, maka kita akan membahas mengenai makna dari kata tersebut.

Adapun makna Ma Fi Qalbi Ghairullah adalah suatu bentuk penegasan iman kepada Allah SWT. Dimana bagi seorang muslim yang mengaku beriman kepada Allah SWT akan selalu mengutamakan Allah dalam kehidupannya sehari-hari.

Sedangkan iman itu akan selalu berbanding lurus dengan lisan (kata) maupun dengan perbuatannya. Dengan itu, Allah SWT akan memberikan pahala sesuai dengan apa yang kita perbuat dan tentu kita akan selalu dalam keridhoan Allah SWT. InsyaAllah.

Kandungan dari Ma Fi Qalbi Ghairullah (مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله)

Ada beberapa makna yang terkandung dalam kata Ma Fi Qalbi Ghairullah, diantara makna yang terkandung adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Ketentuan dan Tata Cara Membayar Fidyah Terlengkap

1. Meningkatkan keimanan seseorang kepada Allah SWT.

2. Menjadikan setiap muslim untuk selalu mengingat Allah SWT.

3. Untuk membentengi diri agar tidak melakukan sesuatu yang dilarang Allah SWT, dan selain dari Allah SWT.

Penggunaan Ma Fi Qalbi Ghairullah (مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله)

Adapun contoh penggunaan Ma Fi Qalbi Ghairullah dalam beberapa situasi diantaranya adalah sebagai berikut:

Ma Fi Qalbi Ghairullah Artinya: Arti, Makna & Penjelasannya
Ma Fi Qalbi Ghairullah Artinya: Arti, Makna & Penjelasannya

1. Pada saat anda sedang di hadapkan pada suatu masalah yang begitu berat, seperti kehilangan atau ditinggalkan seseorang dan kita merasa sangat bersedih maka ungkapan kata Ma Fi Qalbi Ghairullah ini sangatlah tepat.

Karena seperti yang kita ketahui makna dan arti dari kalimat tersebut bahwa “cukuplah Allah di dalam hatiku atau tidak ada di dalam hatiku selain Allah SWT”. Dengan mengucapkan kata مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله kita seharusnya tidak bersedih lagi atau 

Setidaknya mengurangi rasa kesedihan tersebut, karena sesungguhnya Segala sesuatu itu milik Allah dan cukuplah Allah bagiku.

2. Pada saat anda sedang dihadapkan pada kondisi dimana anda diajak untuk bermaksiat, maka ungkapan kata مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله adalah cukup untuk menjadi benteng diri agar tidak melakukan maksiat. 

Karena saat kita mengetahui makna dan kandungan dari kalimat tersebut tentu kita tidak akan mau melakukan maksiat, karena sesungguhnya di hati kita hanya ada Allah dan cukuplah Allah. Jadi kita tidak mungkin mengkhianati Allah.

Demikianlah penjelasan mengenai Ma Fi Qalbi Ghairullah Artinya: Arti, Makna & Penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih 🙂