Keutamaan Sholat Idul Fitri Yang Wajib Kalian Ketahui

Keutamaan Sholat Idul Fitri Yang Wajib Kalian Ketahui – Hari raya idul fitri merupakan salah satu hari besar Islam, dimana seluruh umat muslim melaksanakan sholat idul fitri setelah sebelumnya melaksanakan puasa ramadhan selama satu bulan lamanya. Sholat ini hanya dilaksanakan ssekali saja dalam setahun, jadi alangkah ruginya kita sebagai umat Islam jika kita dengan sengaja meninggalkan sholat id tersebut.

Bahkan sholat Idul Fitri memiliki keistimewaan tersendiri yakni Rasulullah Saw memerintahkan bagi kaum laki-laki dan perempuan untuk melaksanakannya, bahkan jika seorang perempuan sedang haid pun diperintahkan untuk menyaksikan meski hanya dari kejauhan dan harus menjauhi dari tempat sholat.

Sholat idul fitri juga menjadi pemandangan terbesar kekuatan kaum muslimin yang terlihat dari banyaknya jama’ah yang hadir dan sekaligus mempererat ukhuwah islamiyyah.

Nah untuk lebih jelasnya langsung saja kita ke pembahasan utamanya yuk.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Idul Fitri

Keutamaan Sholat Idul Fitri Yang Wajib Kalian Ketahui

Sholat idul fitri adalah sholat sunnah dua rakaat  yang dilaksanakan dipagi hari pada tanggal 1 syawal. Ada banyak sekali keutamaan dari melaksanakan sholat idul fitri ini, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Mengagungkan Asma Allah SWT

Dalam melaksanakan sholat idul fitri tentu kita akan mengucapkan asma Allah bahkan berkali-kali, terutama kalimat takbiratul ihram atau meMaha Besarkan Allah SWT. Dengan kita mengagungkan nama Allah dan berdzikir kepadaNya maka kita akan memperoleh pahala dan mendapatkan keberkahan.

Bagi orang-orang yang jarang berdzikir atau mengucapkan nama Allah SWT, maka pada hari itu menjadi kesempatan yang sangat bagus untuk berdzikir dan mengucapkan nama Allah, melantunkan kalimat sebagai berikut:

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ

Artinya: “Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah”.

2. Sholat Berjama’ah

Sholat sunnah idul fitri ini dilaksanakan secara berjama’ah, sehingga dengan melaksanakan sholat tersebut kita akan mendapatkan pahala sholat berjama’ah. Selain itu kita juga bisa memperoleh kebersamaan lewat sholat berjamaah dan juga saling merapatkan barisan.

3. Bersilaturrahmi Sesama Muslim

Momen sholat idul fitri ini juga menjadi ajang bersilaturrahmi bagi sesama muslim, baik itu kerabat dekat, tetangga, bahkan orang yang tadinya tidak pernah bertemu sekalipun bisa jadi bertemu di momen tersebut. Karena saat sholat idul fitri itulah hampir seluruh muslim keluar dari rumahnya untuk melaksanakan sholat dan merayakan kemenangan.

Sehingga keutamaan dari sholat idul fitri ini tidak hanya memasukkan unsur ketauhidan (hubungan dengan Allah) saja, tetapi juga hablum minannas hubungan sesama manusia.

4. Merayakan Bersama Kemenangan Umat Islam

Keutamaan selanjutnya dari melaksanakan sholat idul fitri adalah dapat merayakan hari kemenangan bersama dengan sesama muslim lainnya. Setelah dilaksanakan sholat idul fitri tentu saja kita akan bersalam-salaman sehingga pada saat itu akan terasa perasaan senang karena telah merayakan kemenangan umat Islam secara bersama-sama. Momen kebersamaan itulah yang sulit untuk didapatkan pada hari-hari sebelumnya.

5. Mempererat Ukhuwah Islamiyah

Sholat idul fitri juga dapat mempererat ukhuwah islamiyah yakni persaudaraan antar sesama umat Islam. Sehingga dengan terbentuknya ukhuwah Islamiyah ini dapat menjadikan masyarakat yang ideal, damai dan juga sejahtera.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Hujurat ayat 10:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.”

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri

Terkait dengan pelaksanaan sholat idul fitri yang dilaksanakan pada pagi hari, memang sedikit berbeda dengan pelaksanaan sholat lainnya. Akan tetapi bacaannya tetap sama dengan sholat wajib seperti biasanya, hanya saja berbeda dari segi niat dan ada tambahan takbir 7 dan 5 kali dalam setiap rakaatnya.

Adapun penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

Keutamaan Sholat Idul Fitri Yang Harus Diketahui
Keutamaan Sholat Idul Fitri Yang Harus Diketahui

1. Jumlah Rakaat Idul Fitri

Sholat idul fitri ada dua rakaat sebagaimana riwayat dari Umar Radiyaulahuanhu. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan sempurna tanpa qashar.

2. Waktu Pelaksanaan Idul Fitri

Sholat idul fitri dilaksanakan pada pagi hari yakni pada saat matahari seukuran satu rombak hingga tergelincir. Syaikh Abu Bakar Al Jazairi mengatakan bahwa Rasulullah Saw mengakhirkan pelaksanaan sholat idul fitri dan mengawalkan sholat idul adha.

3. Pelaksanaan Khotbah Idul Fitri Setelah Shalat

Dari Ibnu Abbas RA berkata bahwa beliau melakukan shalat id bersama Rasulullah Saw dan para Sahabatnya yakni Umar, Abu Bakar, dan Ustman. Pelsakanaan shalat ied dilakukan sebelum khotbah berlangsung. Sehingga khotbah idul fitri dilakukan setelah melaksanakan sholat idul fitri.

Nah itulah tadi penjelasan singkat mengenai Keutamaan Sholat Idul Fitri Yang Wajib Kalian Ketahui. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih 🙂