Pengertian Identifikasi, Bentuk dan Contohnya (Lengkap)
Pengertian Identifikasi, Bentuk dan Contohnya (Lengkap)

√ Pengertian Identifikasi, Bentuk dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Identifikasi, Bentuk dan Contohnya (Lengkap) – Istilah identifikasi memang sudah tidak asing lagi bagi kita semua tentunya. Akan tetapi masih banyak diantara kita yang belum mengetahui penjelasan identifikasi secara jelasnya. Pada mulanya identifikasi ini merupakan suatu proses dimana adanya rasa kekaguman dari seseorang terhadap figur yang ia kagumi, kemudian ia mencoba untuk menyamakan dirinya terhadap sosok figur tersebut dalam artian mengikutinya berharap ia akan seperti apa yang menjadi figur yang ia kagumi tersebut. Dan biasanya pada proses identifikasi ini dilakukan tanpa kesengajaan dan dengan kesadaran yang penuh.

Biasanya pada proses interaksi dapat terjadi dikarenakan setiap orang atau individu memiliki tipe ideal dalam proses hidupnya tersebut. Sehingga seseorang yang mengidentifikasi tersebut sangat memahami dan menjiwai sosok idealnya tersebut.

Untuk lebih jelasnya Pendidik kali ini akan menjelaskan lebih detail arti dari identifikasi beserta contoh – contohnya. Untuk itu langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Identifikasi, Bentuk dan Contohnya (Lengkap)

Berikut ini merupakan pengertian dari identifikasi.

Pengertian Identifikasi

Identifikasi merupakan salah satu bentuk interaksi sosial yang ada di dalam masyarakat. Secara umum identifikasi merupakan suatu kecenderungan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Adapun istilah lain dari identifikasi adalah idola, dimana seluruh tindakan, sikap, dan juga kepercayaan dari idolanya tersebut dilakukan oleh si penggemar tersebut agar persis dengan idolanya.

Identifikasi merupakan suatu bentuk dari imitasi dan sugesti dalam diri seseorang, hanya saja memiliki perbedaan yakni identifikasi memiliki pengaruh yang cukup kuat. Untuk istilah identifikasi ini memiliki tiga arti secara definisi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tanda pengenal diri atau bukti diri
  • Penentu atau penetapan identitas seseorang, benda dan lain sebagainya
  • Psikologis, yakni suatu proses yang terjadi karena psikologi yang terjadi pada diri seseorang, hal tersebut terjadi karena secara tidak sadar dirinya telah membayangkan dirinya menjadi orang lain yakni selalu membayangkan dirinya menjadi orang lain yakni orang yang ia kagumi.

Identifikasi ini sangat ajeg sifatnya karena mereka mengidolakan seseorang yang ia kagumi dan menirukan semua yang ada pada diri idolannya tersebut. Bahkan mulai dari pola hidup, sikap, perilaku bahkan keyakinan dari idolanya tersebut sehingga mereka dapat menjiwai dan memiliki kepribadian serta karakter yang sangat mirip dengan idolanya.

Seperti yang telah kita ketahui dari penjelasan diatas bahwasanya identifikasi memberikan dampak yang positif dan juga dampak negatif, adapun dampak tersebut tergantung pada seseorang yang di idolakannya. Jika idola tersebut memiliki sifat yang baik jika dipandang secara umum maka seorang individu yang mengidolakannya tersebut tentu akan menjadi baik juga, namun sebaliknya jika seorang yang diidolakannya adalah seseorang yang sifatnya jelek jika dipandang secara umum, maka individu tersebut akan menjadi jelek juga.

Bentuk – Bentuk Identifikasi

Adapun identifikasi juga memiliki bentuk – bentuk, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Identifikasi Kelas (Class Identification)

identifikasi kelas atau class identification ini merupakan bentuk identifikasi yang terjadi pada kelas sosial tertentu.

2. Identifikasi Defensif (Defensive Identification)

Identifikasi defensif atau defensive identification merupakan bentuk identifikasi yang timbul karena adanya suatu perasaan takut.

3. Identifikasi Perkembangan (Developmental Identification)

Identifikasi perkembangan atau developmental identification merupakan salah satu bentuk identifikasi hasil dari hubungan yang positif dengan pihak lain dimana pihak tersebut bisa mengadakan identifikasi yang pada mulanya akan bergantung pada pihak lain.

4. Identifikasi Etnik atau Etnic Identification

Identifikasi etnik atau etnic identifivation adalah bentuk identifikasi yang terjadi pada suatu kelompok etnis tertentu.

Contoh – Contoh Identifikasi

Ada banyak sekali contoh identifikasi dikalangan masyarakat. Sebagai contoh seorang anak remaja yang mengidentifikasi dirinya dengan seseorang yang ia kagumi seperti contoh seorang aktor atau aktris terkenal seperti dhini aminarti , kemudian ia mengikuti apa yang ada pada diri seseorang ia kagumi tersebut mulai dari gaya pakaian, gaya berbicara, gaya bahkan segala apa yang ada pada diri orang ia kagumi.

Contoh lain dari identifikasi adalah sebagai berikut:

1. Contoh Identifikasi Pada Budaya

Dalam identifikasi budaya ini mereka mengidentifikasi budaya yang sudah ada pada negara lain tersebut. Sebagai contoh budaya reog ponorogo yang merupakan salah satu budaya yang ada di Indonesia, kemudian di klaim oleh negara Malasyia dan diakui sebagai kebudayaan dari negara tersebut, padahal jelas bahwa reog ponorogo merupakan kebudayaan asli Indonesia.

2. Contoh Identifikasi Pada Masyarakat

Selanjutnya adalah contoh identifikasi yang ada dalam masyarakat, dimana seorang anak remaja yang mengidolakan seorang pengusaha sukses dalam bidang penjualan. Karena seorang anak remaja tersebut mengidentifikasi idolanya tersebut dan mulai mengikuti apa yang dilakukan oleh idolanya baik dari segi cara dan lain sebagainya, sehingga ia tidak malu untuk melakukan usaha sejak usia dini. Yakni melakukan penjualan yang bermula dari mulut ke mulut, kemudian lambat laun usahanya menjadi lancar sehingga apa yang ia inginkan yakni menjadi seorang yang ia idolakan tersebut menjado nyata.

Pengertian Identifikasi, Bentuk dan Contohnya (Lengkap)
Pengertian Identifikasi, Bentuk dan Contohnya (Lengkap)

Nah dari beberapa pengertian dan juga contoh yang sudah dijelaskan diatas dapat disimpulkan bahwasanya identifikasi ini memiliki dampak yang positif dan juga negatif hal tersebut sesuai dengan seseorang yang diidolakannya atau identifikasi dirinya tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Pengertian Identifikasi, Bentuk dan Contohnya (Lengkap). Semoga setelah kita memahami makna identifikasi diatas dapat membantu kita untuk lebih bijak dalam memilih seseorang yang akan mengidentifikasikan diri kita agar kita memperoleh dampak positifnya. Semoga bermanfaat yaaa.. Terimakasih 🙂