Doa Untuk Kedua Orangtua (Arab, Latin, Terjemahan) Lengkap
Doa Untuk Kedua Orangtua (Arab, Latin, Terjemahan) Lengkap

Doa Untuk Kedua Orangtua (Arab, Latin, Terjemahan) Lengkap

Doa Untuk Kedua Orangtua (Arab, Latin, Terjemahan) Lengkap – Orangtua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup, merekalah orang yang merawat kita sejak kita lahir hingga tumbuh menjadi dewasa tanpa pamrih. Ayah ibulah yang memberikan cinta dan kasih sayang sepenuhnya tanpa meminta balasan sedikit pun.

Oleh karena itu, bersyukurlah kita kepada Allah SWT telah menitipkan kita orangtua yang sempurna utuh, dan mungkin ada diantara kita yag orangtuanya sudah tiada. Walaupun orangtua tidak meminta balasan apapun, namun kita sebagai seorang anak harus mendoakan mereka, mentaati, mematuhi, menyayangi, dan mecintai mereka sebagaimana mereka menyayangi dan mencintai kita.

Pada kesempatan kali ini, Pendidik akan membahas mengenai doa untuk kedua orangtua, nah untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Doa Untuk Kedua Orangtua (Arab, Latin, Terjemahan) Lengkap

Sebelum kita membahas mengenai bacaan doa untuk kedua orang tua, kita akan terlebih dahulu membahas keridhoan Allah SWT terletak pada ridhonya orang tua, dan kemurkaan Allah SWT tergantung kepada murkanya orang tua, oleh karena itu hormati dan sayangilah keduanya.

Sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadits

رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

Artinya: “Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua” (H.R Tabrani)

Lafadz Doa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Baca Juga:  Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha Beserta Penjelasannya Lengkap

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”

Lafadz Doa Untuk Memohon Ampunan Dosa Bagi Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Artinya : “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Cara Berbakti Kepada Orang Tua

Adapun beberapa cara kita agar berbakti kepada kedua orang tua adalah

1. Mematuhi segala perintahnya selagi perintah tersebut tidak melanggar agama.

2. Sopan dan hormat kepada kedua orang tua.

3. Tidak berkata kasar kepada kedua orang tua.

4. Membantu pekerjaan mereka dalam sehari-hari.

5. Menjaga nama baik kedua orang tua dan menjaga keduanya jika sudah tua dan renta.

6. Masih banyak hal lain untuk berbakti kepada kedua orang tua.

Doa Untuk Kedua Orangtua (Arab, Latin, Terjemahan) Lengkap
Doa Untuk Kedua Orangtua (Arab, Latin, Terjemahan) Lengkap

Jika kedua orang tua sudah meninggal dunia, maka cara berbakti kepada keduanya adalah

Baca Juga:  Bacaan Niat Shalat Tarawih Beserta Latin & Terjemahan

1. Melaksanakan nasihat keduanya yang diberikan pada saat masih hidup.

2. Menjaga nama baik kedua orang tua.

3. Mendoakan mereka agar diampuni dosanya dan dilapangkan kuburnya oleh Allah Swt.

Demikianlah penjelasan mengenai Doa Untuk Kedua Orangtua (Arab, Latin, Terjemahan) Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂