Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap)
Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap)

√ Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap)

Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap) – Islam adalah agama yang sangat detail dalam mengajarkan tentang doa-doa, bahkan doa untuk melakukan kegiatan sehari – hari. Salah satunya adalah doa keluar rumah dan masuk rumah. Bagi kita sebagai umat muslim sangat dianjurkan sekali saat akan keluar rumah maupun masuk rumah untuk selalu berdo’a, karena kita tidak akan pernah tau bagaimana dan apa yang akan terjadi saat kita akan keluar rumah. Maka dari itu berdo’alah mengikuti sunnah Rasulullah Saw, agar Allah SWT senantiasa menjaga dan melindungi kita dari hal – hal yang buruk dan dari gangguan syeitan.

Nah pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai doa keluar rumah dan doa masuk rumah arab latin, untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap)

Berikut ini merupakan doa keluar rumah arab, latin dan terjemahannya

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ‘alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

Adab Doa Keluar Rumah

Adapun adab saat kita akan keluar dari rumah diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jika sempat, maka lakukanlah sholat sunnah dua rakaat sebelum keluar rumah. Hal ini sebagaimana dalam sebuah hadits yang artinya: “Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam.”  (HR. Al-Bazzar dalam sunannya)

2. Kemudian membaca doa keluar rumah seperti yang telah di tuliskan sebelumnya, boleh dibaca salah satunya atau boleh juga dibaca secara bersamaan.

3. Sebaiknya membaca doa dalam keadaan suci dan dengan posisi tangan di angkat seperti layaknya seorang muslim berdo’a sesuai sunnah Rasul.

Doa Masuk Rumah

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa”.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”.

Adapun Doa Masuk Rumah Kosong

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

“Assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiina”

Artinya: “Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh”

Adab Memasuki Rumah

Adapun adab memasuki rumah adalah sebagai berikut:

1. Sebaiknya mengetuk pintu terlebih dahulu, dan pada saat mengetuk pintu jangan terlalu keras. Karena mengetuk pintu dengan terus menerus dan keras dapat mengganggu ketenangan penghuni dari rumah tersebut.

2. Kemudian ucapkanlah salam, lalu dapat juga dengan melakukan atau memberi isyarat seperti berdehem. Sebagaimana Imam Ahmad berkata “Jika seorang laki-laki ingin masuk ke rumahnya, maka dianjurkan baginya berdehem atau mengentakkan sandalnya atau alas kakinya.”

Dengan mengucapkan salam maka seseorang tersebut akan saling mendoakan dan akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. InsyaAllah.

 Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap)
Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap)

3. Kemudian membaca doa memasuki rumah yang telah di tuliskan di atas.

4. Masuk ke dalam rumah dengan mendahulukan kaki kanan, karena segala sesuatu atau memasuki sesuatu yang baik hendaknya di dahulukan dengan yang kanan.

Nah demikianlah penjelasan mengenai Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah Arab Latin (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan dengan membaca artikel ini kita senantiasa selalu membaca doa baik keluar rumah maupun masuk ke dalam rumah, agar Allah SWT senantiasa selalu memberikan rahmat dan perlindungannya kepada kita semua. InsyaAllah. Terimakasih 🙂