Doa Agar Sembuh & Terhindar Dari Penyakit Dalam Islam Ada 12

Doa Agar Sembuh & Terhindar Dari Penyakit Dalam Islam Ada 12 – Do’a adalah senjata bagi orang mukmin. Suatu ketika saat Rasulullah Saw menjenguk orang sakit, Beliau membacakan doa untuk kesembuhan orang yang sedang sakit tersebut. Doa yang dipanjatkan tersebut bertujuan agar Allah SWT memberikan kesembuhan kepada seseorang yang sedang sakit, karena kita tidak pernah tahu doa siapa yang akan Allah kabulkan, maka dari itu perbanyaklah doa dan doakanlah orang yang sedang sakit.

Baiklah pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan tentang doa-doa agar sembuh dan terhindar dari penyakit sesuai dengan syariat Islam.

Doa Agar Sembuh & Terhindar Dari Penyakit Dalam Islam Ada 12

Dalam sebuah hadits Riwayat Muslim, dari Jabir bin Abdillah, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila obat sesuai dengan penyakitnya, maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu Ta’ala”. (HR. Muslim).

Doa Agar Sembuhkan Dari Penyakit

1. Doa Yang Pertama

Diriwayatkan dalam sebuah hadits Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA: Rasulullah Saw memanjatkan doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,”.

2. Doa Yang Kedua

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Artinya:”Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.” (Dalam HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Rasulullah Saw menganjurkan untuk membaca doa diatas sebanyak 7 kali dihadapan orang yang sedang sakit. Kemudian berserah diri kepada Allah SWT hanya Allah lah yang mampu menyembuhkan setiap penyakit.

3. Doa Yang Ketiga

Pada saat kita menjenguk orang yang sedang sakit juga sebaiknya kita membacakan doa kesembuhan bagi orang tersebut sekaligus menyebutkan nama orang yang sedang sakit agar lebih afdhol. Sebagaimana doa ini juga dipanjatkan oleh Rasulullah Saw disaat menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqash.

Dalam doa yang ditulis dibawah ini, nama Sa’ad atau Sa’dan bisa diganti dengan nama orang yang sedang sakit.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allāhummasyfi (Sa’dan/nama orang yang sakit). Allāhummasyfi (Sa’dan/nama orang yang sakit). Allāhummasyfi (Sa’dan/nama orang yang sakit).

Artinya: “Tuhanku, sembuhkan (nama orang yang sakit), sembuhkan (nama orang yang sakit), sembuhkan (nama orang yang sakit).”

4. Do’a Yang Keempat

Selanjutnya nabi Muhammad Saw juga pernah membacakan do’a orang yang sedang sakit sambil mengusap tangan kanannya dan membacakan doa sebagai berirkut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Artinya: Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.

5. Doa Yang Kelima

Doa selanjutnya yang dapat dibacakan pada orang yang sedang sakit dengan membacakannya sebanyak tujuh kali. Doanya adalah sebagai berikut:

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Artinya: Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arsy yang megah agar menyembuhkanmu.

6. Doa Yang Keenam

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Artinya: “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

7. Doa Yang Ketujuh

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Doa Agar Sembuh & Terhindar Dari Penyakit

Berikut ini adalah doa agar terhindar dari penyakit dan terlindungi dari marabahaya, adapaun doanya adalah sebagai berikut:

1. Doa Agar Terhindar Dari Penyakit Yang Menular

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ اْلأَسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra, dan dari segala keburukan segala macam penyakit.”

2. Doa Agar Terlindungi Dari Marabahaya dan Penyakit

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Artinya: Cukuplah Allah yang menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.

3. Doa Agar Diberikan Kesehatan

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu”. (HR. Muslim no. 2739)

12 Doa Agar Sembuh & Terhindar Dari Penyakit Dalam Islam
12 Doa Agar Sembuh & Terhindar Dari Penyakit Dalam Islam

4. Doa Berlindung Dari Penyakit dan Akhlak yang Buruk

اللَّهُمَّ جَنِّبْنِي مُنْكَرَاتِ اَلْأَخْلَاقِ وَالْأَعْمَالِ وَالْأَهْوَاءِ وَالْأَدْوَاءِ

Artinya: “Ya Allah, jauhkanlah aku dari akhlak yang buruk, amalan yang jelek, hawa nafsu, dan berbagai penyakit yang buruk.” (HR. ath-Thabarani 3/1447. Hadits ini dinilai sahih oleh Syaikh Muqbil dalam ash-Shahih al-Musnad Mimma Laisa fi ash-Shahihain jilid 2 hlm. 141 no. 1084)

5. Doa Bersyukur Karena Terlindungi dari Bala dan Penyakit

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ، وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلًا،

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari apa yang Allah timpakan kepadamu (berupa penyakit atau musibah) dan (segala puji bagi-Nya) yang telah melebihkan aku atas kebanyakan hamba-hamba-Nya.”

Nah itulah kumpulan Doa Agar Sembuh & Terhindar Dari Penyakit Dalam Islam Ada 12. Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa diberikan kesehatan oleh-Nya. Dan tulisan diatas semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih 🙂