Anggota Tubuh Yang Akan Berbicara & Menjadi Saksi Kelak Di Akhirat
Anggota Tubuh Yang Akan Berbicara & Menjadi Saksi Kelak Di Akhirat

√ Anggota Tubuh Yang Akan Berbicara & Menjadi Saksi Kelak Di Akhirat

Anggota Tubuh Yang Akan Berbicara & Menjadi Saksi Kelak Di Akhirat – Kematian adalah sesuatu yang pasti akan terjadi pada setiap manusia, oleh karena itu kita sebagai manusia harus mempersiapkan bekal agar bisa menghadapi kehidupan setelah kematian tentunya.

Allah SWT menciptakan kita semua tidak ada yang sia – sia, semua diciptakan untuk memenuhi perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Bahkan ujian hidup, godaan syeitan itu sangat berat, oleh karena itu banyaklah meminta pertolongan kepada Allah SWT agar kita selalu dilindungi dan diberikan kekuatan iman. Apa yang kita lakukan selama hidup semua akan dimintai pertanggung jawaban. Jika datang pada masa ketika mulut terkunci, dan seluruh anggota badan kita akan menjadi saksi dan berbicara dengan apa yang sudah dikerjakannya selama hidup di dunia.

Nah pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai anggota tubuh yang akan berbicara dan menjadi saksi kelak di hari akhir. Untuk mengetahuinya yuk langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Anggota Tubuh Yang Akan Berbicara & Menjadi Saksi Kelak Di Akhirat

Setiap anggota tubuh kita semua akan dimintai pertanggung jawabannya di hadapan Allah SWT yang menciptakannya. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Q.S Yasiin ayat 65

ٱلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰٓ أَفْوَٰهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَآ أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُم بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ

Artinya: “Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan,” (Qs. Yasin : 65).

Allah SWT akan mengunci mulut kita, dan akan menjadikan anggota lain yang dapat berbicara, nah anggota mana saja yang nantinya dapat bersaksi dan berbicara atas apa yang telah kita lakukan selama hidup di dunia. Berikut penjelasannya:

1. Kedua Mata dan Telinga

Mata dan telinga adalah salah satu diantara anggota tubuh yang akan bersaksi di hadapan Allah SWT. Apakah kedua mata kita digunakan hanya untuk melakukan maksiat, melihat hal – hal yang haram, melihat hal – hal yang tidak disukai Allah atau sebaliknya. Sama halnya dengan kedua telinga, kedua telinga juga akan berbicara dan akan memberikan kesaksian kepada Allah SWT. Apa yang dilakukan oleh kedua telinga tersebut, apakah digunakan untuk hal – hal yang baik, mendengarkan lantunan ayat suci Al – Qur’an atau justru malah sebaliknya, selalu mendengarkan musik dan hal – hal lain yang dilarang oleh Allah SWT.

Karena sesungguhnya mata dan telinga merupakan indera yang akan terus bekerja saat kita terbangun dan dalam prosesnya sebagai vidio dan audio visual yang akan masuk pada setiap otak manusia, sehingga datangnya zinapun dapat dianggap secara jelas berasal dari kedua tubuh ini. Sama halnya dengan naik atau tumbuhnya iman juga dapat terjadi karena dengan apa yang dia liat dan apa ia dengar. Maka dari itulah Allah SWT akan menjanjikan neraka jahanam kepada setiap manusia yang tidak mempergunakan mata dan telinganya dengan benar dan baik seperti apa yang telah Allah perintahkan.

Allah berfirman dalam Q.S Al-A’raf ayat 179

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِّنَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ ۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَّا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ ءَاذَانٌ لَّا يَسْمَعُونَ بِهَآ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ كَٱلْأَنْعَٰمِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْغَٰفِلُونَ

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka) jahanam kebanyakan dari jin dan manusia. Mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah), mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka seperti binatang, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (Qs. Al A’raf ayat 179).

2. Kedua Tangan

Kedua tangan juga akan berbicara dan menjadi saksi kelak di akhirat, pasalnya dengan tangan inilah kita dapat menyentuh dan memegang sesuatu. Nah sehingga jika dipikir dengan menggunakan logika bahwa kedua tangan inilah salah satu anggota penting yang dapat digunakan untuk melakukan dosa saat bersinggungan dengan fisik.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Q.S Asy-Syura ayat 30

وَمَآ أَصَٰبَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُوا۟ عَن كَثِيرٍ

Artinya: “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy-Syura 30)

3. Kedua Kaki

Kaki adalah salah satu anggota tubuh yang akan menjadi musuh kelak di akhirat. Karena dengan kaki inilah kita dapat berjalan dan sampai pada apa yang kita tuju. Kelak di akhirat semua akan terekam dengan jelas setiap tempat yang di kunjungi, bertemu siapa, dan apa saja yang kita lakukan.

Kelak di akhirat mulut akan terkunci, dan kita tidak akan pernah bisa berbohong. Kedua kaki kita akan memberikan klarifikasi kepada Allah SWT terkait apa yang telah dilakukan. Apakah kedua kaki lebih banyak berjalan atau mengantarkan ke tempat ibadah, tempat yang memang Allah ridhoi. Atau justru malah sebaliknya, lebih banyak mengantar ke tempat – tempat maksiat, tempat yang Allah SWT larang untuk di datangi.

Sebagaimana hadits Dari ‘Uqbahn bin ‘Aamir’ beliau mendengar Rasulullah sholallahu alaihi wasalam bersabda :

“Sesungguhnya anggota tubuh manusia yang pertama kali berbicara pada waktu mulut dikunci adalah paha kaki kirinya”.

Sehingga setiap bagian dari kaki akan menjadi saksi dari setiap bagian yang lainnya.

4. Kulit, Lidah dan Pada Setiap Bagian Tubuh Lainnya

Kulit, lidah dan setiap anggota tubuh lainnya akan dimintai pertanggung jawabannya dan tidak akan ada yang bisa membohongi Allah SWT dan tidak ada yang bisa lolos dari penghakimannya.

Bahkan saat penduduk neraka dikumpulkan ia akan bertanya tanya pada kulit mereka, dan anggota tubuh lainnya mengapa mereka memberi kesaksian kepada Allah SWT.

Mengapa engkau menjadi saksi atas kami, terhadap apa yang telah kami lakukan di dunia?” tanya Manusia.

Anggota Tubuh Yang Akan Berbicara & Menjadi Saksi Kelak Di Akhirat
Anggota Tubuh Yang Akan Berbicara & Menjadi Saksi Kelak Di Akhirat

Maka kulit merekapun menjawab : “Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata”. Allah menyebutkan bahwa anggota tubuh ini (kulit) menjadi saksi atas pemiiliknya ketika dimintai persaksian oleh Allah tentang pemiliknya, yang mana ia menyangkal telah melakukan sesuatu yang menyebabkan kemurkaan Allah di dunia.

Nah jika kita sudah mengetahui bahwa anggota tubuh semua akan dimintai pertanggung jawaban kelak di hadapan Allah SWT maka hendaknya kita semua hendaknya yuk mempersiapkan diri dan menjaga diri ini agar tetap dijalan Allah, menjalankan apa yang Allah SWT perintahkan dan menjauhi segala apa yang Allah SWT larang. Agar kelak di hari akhir seluruh anggota tubuh kita dapat memberikan kesaksian yang baik baik di hadapan Allah SWT. Dan kita semua mendapatkan perlindungan dari siksa api neraka. Aamiin Allahumma Aamiin.

Demikianlah penjelasan mengenai Anggota Tubuh Yang Akan Berbicara & Menjadi Saksi Kelak Di Akhirat. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih 🙂