8 Keutamaan Shalat Tarawih Berjama’ah di Masjid

8 Keutamaan Shalat Tarawih Berjama’ah di Masjid – Shalat tarawih dilakukan hanya ketika bulan ramadhan, hukum melaksanakannya adalah sunnah. Jika diawal bulan ramadhan biasanya kita bersemangat sekali untuk melaksanakan shalat sunnah tarawih berjama’ah, akan berbeda jika sudah mulai memasuki pertengahan bulan ramadhan biasanya rasa malas untuk shalat tarawih berjama’ah dimasjid. Agar kita tetap semangat melaksanakan shalat tarawih secara berjama’ah, maka kita perlu mengetahui Keutamaan Shalat Tarawih Berjama’ah. Berikut Penjelasannya:

8 Keutamaan Shalat Tarawih Berjama’ah di Masjid

Shalat tarawih bisa dilakukan dirumah secara sendiri juga bisa dilakukan di masjid secara berjama’ah, adapun keutamaan shalat tarawih berjama’ah adalah sebagai berikut:

1. Mendapat Pahala Seperti Shalat Malam Suntuk

Orang yang melaksanakan shalat tarawih berjama’ah maka ia seperti menunaikan shalat malam sepanjang malam dan memperoleh pahala dari perbuatannya tersebut. Hal tersebut dijelaskan didalam Hadist, yaitu sebagai berikut:

Dari Abu Dzar, Nabi Shallallahu’alaihi wasallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya lalu ia bersabda, “Siapa yang shalat malam bersama imam hingga ia selesai, maka ditulis untuknya pahala melaksanakan shalat satu malam penuh.

2. Mendapatkan Pahala Shalat Berjama’ah

Shalat yang dilaksanakan berjama’ah memiliki pahala tersendiri yaitu dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist berikut ini:

Baca Juga:  11 Ucapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Terbaik & Terbaru

صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

 

Artinya: “Shalat berjama’ah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat”. (HR.Bukhari)

3. Menambah Rasa Cinta Kepada Masjid

Shalat tarawih yang dilaksanakan berjama’ah di masjid akan memberikan rasa tenang kepada kita, karena dengan cara tersebut juga dapat menambah rasa cinta terhadap masjid. Orang yang sering dan senang pergi ke masjid adalah satu golongan yang akan dilindungi pada hari kiamat kelak.

4. Mendapatkan Pahala Berjalan Menuju Masjid 

Berjalan menuju masjid untuk melaksanakan shalat tarawih juga memperoleh pahala dari setiap langkah kaki kita, tidak hanya shalat yang dikerjakan tetapi setiap langkah kaki kita menuju masjid juga dihitung sebagai pahala. MasyaAllah. Sebagaimana dijelaskan di hadist berikut ini:

” Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang ‘berjalan’ di dalam kegelapan malam menuju masjid dengan cahaya yang akan diperolehnya dihari kiamat.” ( Shahih HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

5. Memeriahkan Bulan Ramadhan 

Shalat tarawih berjama’ah di masjid akan memeriahkan dan meramaikan masjid-masjid, karena bulan ini berbeda dengan bulan bulan lainnya, tua maupun muda, anak-anak, akan ramai ke masjid dan setelah melaksanakan shalat tarawih biasanya melakukan tadarus atau hal-hal lainnya yang positif.

6. Menjaga dan Meningkatkan Silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah

Dengan melaksanakan shalat tarawih dimasjid kita dapat mempererat hubungan sesama muslim, dan menjaga ukhuwah islamiyah.

7. Mendapatkan Suatu Pembelajaran

Shalat tarawih yang dilaksanakan berjama’ah di masjid biasanya akan memperoleh suatu pembelajaran, nasehat, dari ceramah yang diberikan oleh Ustadz sebelum melaksanakan shalat tarawih. Sehingga bermanfaat untuk kita.

8. Memberikan Kesehatan Baik Jasmani Maupun Rohani

Shalat tarawih berjama’ah dapat menambah stamina tubuh di bulan ramadhan, dan menyegarkan tubuh kita. Hal ini disebabkan karena pada saat melaksanakan shalat tarawih, gerakan-gerakan yang dilakukan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sama halnya dengan kita melakukan olahraga ringan.

Baca Juga:  7 Rahasia Dikabulkannya Doa Kita Menurut Islam

Demikianlah penjelasan mengenai 8 Keutamaan Shalat Tarawih Berjama’ah di Masjid. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca artikel ini.

5 (100%) 6 vote[s]