5 Cara Menghilangkan Sifat Iri Hati Dan Dengki Dalam Islam

5 Cara Menghilangkan Sifat Iri Hati Dan Dengki Dalam Islam – Iri hati merupakan sifat yang berbahaya dan tidak  baik, iri hati merupakan sifat kurang senang terhadap kelebihan orang lain, dengki, cemburu, dan mereka seolah menginginkan sesuatu yang sama ataupun setara dengan seseorang tersebut.

Penyakit hati ini telah ada pada zaman terdahulu, bahkan sejak keturunan paling awal yaitu ketika Qabil iri kepada saudaranya yang mendapat istri lebih cantik dari dirinya, bahkan hingga Qabil membunuh saudaranya sendiri yakni Habil.

Dirilis dari onislam.net, Syekh Salman Al-Aodah mengatakan bahwa sifat atai perasaan iri hati berasal dari rasa ingin menghapuskan anugrah yang dimiliki orang lain, perasaan untuk memiliki dan memindahkan anugrah tersebut kepada dirinya.

Meskipun sifat iri hati dan dengki ini biasa awalnya, namun hati-hati, penyakit hati ini sangat berbahaya karena dapat menguasai hawa nafsu dan akan membahayakan. Nah oleh karenanya sebaiknya hilangkan lah sifat iri dan dengki yang ada didalam hati dengan cara sebagai berikut:

5 Cara Menghilangkan Sifat Iri Hati Dan Dengki Dalam Islam

1. Bersyukur

Poin pertama yang harus dilakukan adalah bersyukur. Sebelum merasa bahwa Allah lebih banyak memberikan rahmat kepada orang lain, sebaiknya kita harus lebih mengingat, betapa Allah SWT telah banyak memberikan rahmat dan rizki yang tidak akan pernah terhitung. Tanamkan pada diri kita dan hati kita rasa syukur dengan apa yang telah Allah berikan dan anugrahkan kepada kita. Karena sesungguhnya Allah akan menambah nikmat hambanya yang bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.

Baca Juga:  Kumpulan Doa Untuk Pengantin Baru Dalam Islam

2. Jangan Membandingkan Kehidupan Dengan Orang Lain

Tidak membandingkan kehidupan kita dengan orang lain, karena membandingkan keadaan kita dengan orang lain dapat membuat hati menjadi iri dan dengki. Ketahuilah bahwasanya setiap manusia itu berbeda satu sama lain,tidak bisa disamakan. Poin kedua ini juga berkaitan dengan poin pertama yakni bersyukurlah dengan apa yang Allah SWT Anugrahkan, karena setiap orang memiliki usaha yang berbeda jadi hindarilah membandingkan kehidupan kita dengan orang lain.

3. Berserah Diri

Berserah diri dan tawakkal kepada Allah SWT, karena sesungguhnya Allah itu sesuai dengan prasangka hambanya. Jika berprasangka baik, maka Allah pun akan memberikan jalan dengan apa yang hambanya prasangkakan kepada kita. Kita tidak pernah tau alasan Allah memberikan ujian dan rahmat kepada kita. Berserah dirilah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, sedangkan kita tidak pernah mengetahui apa-apa.

4. Segala Sesuatu Yang Ada Di Dunia Adalah Ujian Dari Allah SWT

Tanamkan pada hati kita, bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah ujian dari Allah SWT. Kekayaan, kemiskinan, kepopuleran, keterpurukan, itu semua merupakan ujian dari Allah SWT. Pada saat kita melihat orang lain kaya, maka kekayaan itu sesungguhnya ujian bagi orang tersebut, dan kita tidak pernah tau dengan orang tersebut yang berusaha melewatti ujian tersebut yang tidak terlihat oleh kita.

5. Berdo’a

Iri hati, dengki, adalah perasaan yang manusiawi. Oleh karena itu, jangan sampai perasaan tersebut terus menggelimang di hati kita. Ketika kita melihat seseorang yang lebih dari diri sendiri hendaklah berdo’a kepada Allah SWT agar dijauhkan dan disucikan dari rasa iri hati dan dengki, berdo’alah agar Allah SWT melindungi hati kita dari perasaan iri hati dan dengki, dan selalu bersyukur dengan semua yang telah Allah berikan kepada kita, sehingga ketika kita bersyukur, Allah SWT akan menambahkan nikmat yang diberikan kepada kita.

Baca Juga:  6 Rukun Iman Beserta Penjelasan dan Dalil Terlengkap

Demikianlah 5 Cara Menghilangkan Sifat Iri Hati Dan Dengki Dalam Islam. Semoga kita semua senantiasa dijauhkan dari hati yang iri dan selalu bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepada kita. Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂

5 (100%) 4 votes