23 Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli Lengkap

23 Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli Lengkap ruangpengetahuan.com kali ini akan membahas mengenai hak asasi manusia, setiap manusia pasti memililiki hak asasi manusia. Banyak para ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang HAM. Sebelum menjelaskan mengenai pengertian hak asasi manusia, adapun pengertian hak asasi manusia secara umum adalah sebagai berikut:

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) Secara Umum

Hak asasi manusia (HAM) adalah norma-norma atau prinsip-prinsip moral yang menggambarkan standar tertentu dari perilaku manusia, dan dilindungi secara teratur sebagai hak-hak hukum dalam hukum kota dan internasional.

Pada umumnya HAM dipahami sebagai suatu hal yang mutlak atau absolut, sebagai hak-hak dasar yang secara inheren berhak karena dia adalah manusia dan melekat pada manusia terlepas dari bangsa, agama, bahasa, asal-usul, etnis ataupun status lainnya.

Dalam perwujudan hak asasi manusia, tidak bisa benar-benar dilaksanakan secara mutlak karena dapat melanggar HAM orang lain. Mengabaikan hak orang lain karena memperjuangkan hak sendiri adalah tindakan yang tidak manusiawi, Mengapa? karena hak-hak asasi kita selalu berbatasan dengan hak-hak asasi orang lain. Karena itu dibutuhkan empati dan aturan hukum serta memaksakan keharusan pada setiap orang untuk menghormati hak asasi manusia dari orang lain. Sehingga ketaatan menjadi suatu hal yang penting.

23 Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli Lengkap

Berikut ini adalah pengertian hak asasi manusia menurut para ahli:

1. Prof. Padmo Wahyono

HAM (hak asasi manusia) adalah hak yang memungkinkan orang hidup berdasarkan suatu harkat dan martabat tertentu.

Baca Juga:  Pengertian, Macam-Macam, Ketentuan dan Hak Penerima Zakat Terlengkap

2. Peter R. Baehr

HAM merupakan hak dasar yang bersifat mutlak dan harus dimiliki oleh setiap insan di dunia, guna perkembangan dirinya.

3. John Locke

Hak asasi merupakan hak yang diberikan langsung oleh Tuhan sebagai sesuatu yang bersifat kodrati. Artinya hak yang dimiliki manusia menurut kodratnya tidak dapat dipisahkan dari hakikatnya, sehingga sifatnya suci.

4. A. J.M. Milne

Hak asasi manusia adalah hak yang dimiliki oleh seluruh umat manusia di setiap masa dan di segala tempat karena keutamaan keberadaannya sebagai manusia.

5. Austin-Ranney

HAM adalah ruang kebebasan suatu individu yang dirumuskan secara jelas dalam konstitusi dan dijamin oleh pemerintah dalam pelaksanaannya.

6. Haar Tilar

HAM adalah hak yang melekat atau pasti ada pada diri manusia, apabila setiap manusia tidak memiliki hak-hak itu maka setiap manusia itu tidak bisa hidup seperti manusia. Hak tersebut diperoleh sejak pertama kali lahir ke dunia.

7. Thomas Hobbes

Beliau berpendapat bahwa satu-satunya hak asasi manusia adalah hak hidup.

8. Muladi

HAM adalah seluruh hal yang pokok atau mendasar yang melekat pada diri setiap manusia dalam kehidupannya.

9. Jan Materson

HAM adalah hak-hak yang ada pada setiap manusia yang tanpanya manusia mustahil dapat hidup sebagai manusia.

10. David Beetham dan Kevin Boyle

Kebebasan-kebebasan fundamental dan HAM adalah hak-hak individual yang berasal dari kebutuhan-kebutuhan serta kapasitas-kapasitas manusia.

11. Karel Vasak

HAM merupakan 3 genarasi yang didapat dari revolusi prancis. Hal ini dimaksudkan untuk merujuk pada inti serta ruang lingkup dari hak yang menjadi prioritas utama dalam beberapa kurun waktu tertentu.

12. G.J. Wolhos

HAM adalah sejumlah hak yang sudah melekat dan mengakar pada diri manusia di dunia, dan hak-hak tersebut tidak boleh dihilangkan, karena menghilangkan HAM orang lain sama dengan menghilangkan derajat kemanusiaan.

Baca Juga:  Pengertian Kedaulatan, Jenis, Bentuk, dan Sifatnya (Bahasan Lengkap)

13. Franz Magnis – suseno

HAM adalah hak-hak yang dipunyai manusia bukan bukan karena diberikan kepadanya oleh masyarakat. Jadi bukan karena hukum positif yang berlaku, akan tetapi martabatnya sebagai manusia. Manusia memilikinya karena ia manusia.

14. Miriam Budiardjo

Beliau membatasi pengertian hak-hak asasi manusia sebagai hakyang dimiliki manusia yang telah diperoleh dan dibawanya bersamaan dengan kelahiran atau kehadirannya di dalam masyarakat.

15. Prof. Koentjoro Poerbopranoto

Hak asasi manusia adalah sesuatu yang bersifat mendasar. Hakyang memang telah dimiliki manusia sebagai kodratnya yang tidak dapat dipisahkan lagi, sehingga HAM bersifat suci.

16. Oemar Seno Adji

HAM merupakan hak yang melekat pada martabat manusia sebagai insan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, sifatnya tidakboleh dilanggar oleh siapapun, seolah-olah merupakan holy area.

17. Muladi

Hak asasi manusia adalah segala hak pokok dan mendasar yang melekat pada diri setiap manusia dalam kehidupannya.

18. Prof. Darji Darmodihardjo

HAM merupakan hak-hak yang dasar atau pokok, yang melekat pada manusia sejak lahir sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa dan menjadi dasar hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang lain.

19. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

HAM merupakan hak yang dilindungi secara internasional (yaitu deklarasi PBB Declaration of Human Rights), seperti hak hidup, hak kemerdekaan, hak memiliki, dan hak untuk mengeluarkan pendapat.

20. Jack Donnelly

Hak asasi merupakan hak-hak yang dimiliki manusia semata-mata karena ia manusia. Seluruh manusia memilikinya bukan diberikan kepadanya oleh masyarakat atau hukum positif, akan tetapi semata-mata berdasarkan martabatnya sebagai manusia dan hak itu merupakan pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa.

21. Leah Kevin

HAM mempunyai 2 makna dasar. Yang pertama adalah bahwa hak-hak hakiki serta tidak dapat dipisahkan menjadi hak seseorang hanya karena ia adalah manusia. Hak tersebut adalah hak moral yang keberadaannya ada karena sebagai seorang manusia. Yang kedua HAM adalah hak hukum baik itu secara nasional maupun internasional.

Baca Juga:  Pengertian Pendidikan Sekolah Dasar dan Tujuannya Secara Lengkap

22. Jan Materson

HAM merupakan hak-hak yang ada pada setiap manusia yang tanpanya manusia mustahil dapat hidup seperti manusia.

23. Shaw

HAM adalah jika wacana masyarakat umum dimasa damai itu dapat dikatakan memiliki bahasa moral yang umum, itu merupakan hak asasi manusia. Walaupun begitu, klaim yang kuat itu dibuat oleh adanya doktrin hak asasi manusia agar dapat terus memunculakan sikap perdebatan dan skeptis tentang sifat, isi dan pembenaran hak asasi manusia sampai berada dijaman sekarang ini. Ya pertanyaan mengenai apa yang diartikan dengan “hak” itu memiliki kontroversi dan masih menjadi perdebatan yang terus menerus secara filosofis.

Demikianlah 23 Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang hak asasi manusia dan menjadi refrensi yang dapat membantu. Terimakasih 🙂

5 (100%) 2 vote[s]