17 Keistimewaan Shalat Fardhu 5 Waktu dan Keutamaanya

17 Keistimewaan Shalat Fardhu 5 Waktu dan Keutamaanya – Shalat merupakan tiang agama. Shalat ternyata memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan bagi orang yang melaksanakannya sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Ada diantara kita yang masih belum mengetahui apa sih keutamaannya dari shalat fardhu 5 waktu, dan apa saja keistimewaan bagi yang melaksanannya. Untuk itu perlu kita mengetahuinya agar kita semakin baik lagi dalam menjalankan shalat fardhu 5 waktu, dan tidak melalaikannya. Berikut penjelasannya:

17 Keistimewaan Shalat Fardhu 5 Waktu dan Keutamaanya

1. Shalat hukumnya adalah wajib. Sehingga itulah sebabnya kenapa shalat memiliki keistimewaan sendiri bagi orang yang melaksanakannya dengan khusyu’ dan tuma’ninah.

2. Shalat adalah tiang agama. Artinya bahwa perbuatan amal baik apapun jika shalat kita tidak ditegakkan, maka akan sia-sia. Jika di ibaratkan sebuah bangunan, jika tiang tidak kokoh, maka akan runtuh dan rusak bangunan tersebut.

3. Shalat adalah wasiat yang terakhir Rasulullah SAW untuk umatnya. Itu merupakan keistimewaan shalat.

4. Allah akan senantiasa memberikan cinta dan kasih sayangNYA kepada orang yang mengerjakan shalat sesuai dengan janjinya.

5. Keistimewaan shalat selanjutnya adalah dapat mencegah nahi munkar yaitu perbuatan keji dan munkar. Jika shalatnya sudah betul-betul sesuai dengan syariat ajaran Islam, maka hal tersebut dapat mencegah kita dari perbuatan keji dan munkar.

6. Shalat merupakan keistimewaan bagi umat Islam, karena shalat merupakan pembeda bagi umat muslim dan non muslim.

7. Dengan mengerjakan shalat, maka akan turun rahmat dan keberkahan bagi orang-orang mukmin.

8. Keistimewaan shalat selanjutnya adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil dan mendapat ampunan dari Allah SWT.

Baca Juga:  Inilah 8 Tanda dan Ciri Rasa Takut Kepada Allah SWT

9. Kemudian shalat dapat menyelamatkan kita dari neraka well. Neraka well adalah neraka yang diperuntukkan kepada orang-orang yang meninggalkan shalat.

10. Dengan mengerjakan shalat insyaAllah menjadi pewaris surga firdaus, dan kekal didalamnya.

11. Shalat merupakan amalan ibadah yang pertama kali akan dihisab ketika kita sudah meninggal.

12. Orang-orang yang melaksanakan shalat dengan khusyu’, maka akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT.

13. Bagi orang yang melakukan shalat dengan khusyu dan benar, maka Allah berikan cahaya bagaikan sinar bulan purnama, dilapangkan hatinya, diteduhkan pikirannya, dan Allah mudahkan segala urusannya.

14. Shalat adalah do’a. Sehingga dengan shalat kita bisa selamat, dan meminta pertolongan serta bermunajat kepada Allah SWT.

15. Disaksikan oleh para malaikat (shalat shubuh)

16. Dalam setiap gerakan shalat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

17. Gerakan shalat mampu melakukan peregangan untuk melenturkan tubuh, Oksigen yang bisa mengalir secara maksimal, aliran darah yang baik, dan masih banyak lagi.

KEUTAMAAN SHALAT FARDHU 5 WAKTU

Usman r.a.berkata: Nabi SAW bersabda: “Tiada seorang muslim yang tiba padanya waktu shalat fardhu lalu ia menyempurnakan wudhu’ dan khusyu’ serta ruku’, sujudnya melainkan shalat itu menjadi penebus dosanya yang telah lalu, selama ia tidak berbuat dosa besar, dan yang demikian itu sepanjang masa”.

Annas r.a berkata: “Tiada dua malaikat yang mencatat amal itu, menghadap pada Allah membawa shalat seorang dua kali sembahyang, melainkan Allah berkata pada kedua malaikat itu: Aku persaksikan kepada kamu berdua bahwa Aku telah mengampunkan pada hamba-Ku dosa-dosa yang terjadi diantara dua kali sembahyang itu. (HR. Albaihaqi).

Demikianlah penjelasan mengenai 17 Keistimewaan Shalat Fardhu 5 Waktu dan Keutamaanya. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga:  Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara Beserta Artinya (Lengkap)
Rate this post