11 Manfaat Shalat Tahajud Dan Keutamaannya Yang Harus Diketahui

11 Manfaat Shalat Tahajud Dan Keutamaannya Yang Harus Diketahui – Mungkin masih banyak diantara kita yang masih belum mengetahui manfaat shalat tahajud bagi kehidupan sehari-hari. Apalagi shalat tahajud ini dilakukan secara rutin, sangatlah berpengaruh dan memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita.

Shalat tahajud sendiri merupakan shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah seseorang bangun dari tidur.  Adapun dalam mengerjakannya paling sedikit adalah 2 rakaat, dan paling banyak tidak ada batasannya.

Ada banyak sekali dalil yang menjelaskan mengenai manfaat dari mengerjakan shalat di sepertiga malam ini, yakni shalat tahajud. Beberapa diantaranya adalah penghapus dosa, pembuka rizki dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Karena pada waktu di sepertiga malam tersebut para malaikat turun kebumi dan Allah mengabulkan do’a setiap hamba-Nya..

Nah untuk mengetahui manfaat dan keutamaan apa saja ketika kita istiqomah melaksanakan shalat tahajud, berikut penjelasannya:

11 Manfaat Shalat Tahajud Dan Keutamaannya Yang Harus Diketahui

1. Allah Mengangkat Derajat Ketempat Yang Terpuji

Manfaat shalat tahajud yang pertama adalah Allah SWT akan mengangkat derajat ketempat yang terpuji. Hal ini dapat kita baca dalam Al-qur’an surat Al-Isra:79. Yang artinya

Baca Juga:  Niat Puasa Syawal, Tata Cara dan Keutamaannya Lengkap

” Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ketempat yang terpuji.” (Q.S Al-Isra(17):79).

2. Penghapus Dosa Dan Pencegah Berbuat Dosa

Shalat tahajud ini merupakan salah satu ibadah untuk mendekatkan seorang hamba kepada Allah SWT penciptanya. Sehingga mampu menjadi media penghapus dosa seseorang. Mereka yang melaksanakannya dengan istiqomah pasti akan memperkuat iman dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa besar dan kecil sehingga dapat mencegah manusia tersebut dari perbuatan dosa.

3. Dikabulkannya D0’a-Do’a

Manfaat shalat tahajud selanjutnya adalah dikabulkannya doa-doa. Shalat tahajud ini merupakan shalat sunnah yang dianjurkan, karena janji Allah bagi orang yang melaksanakan shalat tahajud adalah apabila dia meminta sesuatu maka akan diberi, apabila ia memohon ampun maka akan diampuni dan siapa yang berdoa akan dikabulkan.

Diriwayatkan dari Jabir r.a, bahwa ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersbada: “Sesungguhnya diwaktu malam itu terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba muslim memohon kebaikan kepada Allah berkenaan dengan urusan dunia dan akhirat, sudah pasti Allah akan memberikan kepadanya waktu itu terdapat pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Salah satu waktu mustajabahnya doa dikabulkan adalah disepertiga malam, oleh karena itu berdo’alah kepada Allah atas segala sesuatu yang terjadi padamu, mintalah petunjuk kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, dan Allah lah yang Maha mengatur segalanya.

4. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Manfaat dan keutamaan selanjutnya adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini dikuatkan dengan keterangan hadis Rasulullah Saw: “Hendaklah kalian melaksanakan shalat malam karena shalat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutupan kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmdzi, Al-Hakim, Baihaqi, Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al-Ghalil)

Baca Juga:  Pengertian Riba, Macam Riba, dan Dasar Hukum Riba Dalam Islam

5. Memperoleh Cinta Dan Ridho Allah

Ketika orang-orang sedang menikmati tidurnya, tetapi orang mukmin berusaha untuk bangun dari tidurnya untuk melaksanakan shalat tahajud dan mendekatkan diri kepada Allah. Dan janji Allah nyata bahwa orang-orang yang senantiasa mendekat dan meminta kepada-Nya maka akan dikabulkan.

Ketika kita berusaha mendekatkan diri kepada Allah, maka Allah akan ridho dan cinta, jika Allah SWT sudah cinta kepada hamba-Nya maka apa yang diinginkan oleh hambanya insyaAllah akan dikabulkan, selama hal yang kita minta adalah untuk kebaikan. Semoga kita semua senantiasa selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT. Aamiin

6. Menenangkan Hati Dan Pikiran

Orang yang melaksanakan shalat tahajud akan mendapatkan ketenangan hati dan Pikiran yang hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang melaksanakan shalat tahajud. Ketika mungkin kita sedang banyak masalah, banyak beban hidup, pada malam hari kita melaksanakan shalat tahajud karena Allah, dan Allah ridho terhadap kita, maka setelah itu berdo’alah dan mengadulah kepada Allah Sang Maha Pencipta dan Sang Maha Pemberi Solusi. InsyaAllah dengan itu hati dan pikiran kita akan menjadi tenang, karena sesungguhnya Allah lah yang Maha memberikan ketenangan terhadap hati hambanya.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Melaksanakan shalat tahajud dengan melakukan gerakan-gerakan disepertiga malam dapat menjadikan terapi penyakit yang ada dalam tubuh kita. Dalam hal ini  dilakukan penelitian oleh Prof. Dr. Mohammad Shaleh lebih lanjut beliau mengatakan bahwa disaat yang sama ketika kekebalan tubuh meningkat, maka segala penyakit yang menyerang akan musnah dengan sendirinya.

8. Jaminan Masuk Surga

Orang yang melaksanakan shalat tahajud dengan ikhlas karena Alla maka jaminan masuk surga. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits yaitu jaminan masuk surga bagi orang yang melaksanakan shalat tahajud.

Baca Juga:  Niat Puasa Sya'ban Beserta Keutamaannya (Lengkap)

9. Menjauhkan Diri Dari Kelalaian Hati

Orang yang melaksanakan shalat tahajud akan selalu diingatkan agar selalu mengingat Allah sang Maha Besar sehingga hati ini tidak akan sombong, tamak, iri, dengki, dan penyakit hati lainnya yang menjadikan kita lupa dan lalai bahwa hidup didunia ini sangatlah sebentar dan sementara. Sehingga kita harus terfokus pada tujuan hidup kita yakni di akhirat nanti.

10. Menang Berjihad Melawan Musuh

Musuh terbesar kita adalah hawa nafsu, maka melaksanakan shalat tahajud bagi sebagian orang mungkin agak berat karena pada saat melaksanakan shalat tahajud tersebut berarti ia telah berhasil melawan hawa nafsu dan godaan yang ada dalam dirinya demi beribadah kepada Allah SWT.

11. Meringankan Lamanya Berdiri Pada Hari Kiamat

Keterangan ini sesuai dengan apa yang pernah di ungkapkan Ibnu Abbas r.a yang berkata: “Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh Allah, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah dimalam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir.” (Ibnu Jarir Ath-Thabari, Tafsir Ibnu Jarir).

Demikianlah 11 Manfaat Shalat Tahajud Dan Keutamaannya Yang Harus Diketahui Semoga kita senantiasa diberikan keistiqomahan dalam menjalankan ibadah sunnah tersebut. Semoga bermnfaat. Terimakasih.

5 (100%) 5 votes