11 Keutamaan Membaca Shalawat Yang Harus Diketahui

11 Keutamaan Membaca Shalawat Yang Harus Diketahui – Islam merupakan agama yang paling sempurna, Islam memberikan kemudahan dalam urusan ibadah, salah satu contohnya adalah bershalawat, shalawat atas nabi Muhammad SAW menjadi setiap iringan dalam hembusan nafas yang kita semua lakukan. Baik diucapkan secara lisan maupun tidak.

Bershalawat kepada Nabi memiliki banyak sekali manfaat dan merupakan ibadh yang agung.

Rasulullah SAW bersabda, ” Jika orang bershalawat kepadaku, maka malaikat juga akan mendoakan keselamatan baginya, untuk itu bershalawatlah, baik sedikit ataupun banyak”. (HR. Ibnu Majah dan Thabrani)

Dari hadist riwayat diatas, shalawat akan memberikan banyak manfaat dan keutamaan serta kebaikan-kebaikannya, Berikut ini akan dijelaskan secara jelas.

11 Keutamaan Membaca Shalawat Yang Harus Diketahui

1. Diutamakan Saat Hari Kiamat

Siapa yang bershalawat kepada nabi secara rutin, maka pada saat kiamat nanti akan lebih diutamakan dari sekian banyak orang. Seperti hadis Nabi Muhammad SAW:

” Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca shalawat kepadaku” (HR. Turmudzi dari Ibn Mas’ud RA)

2. Mendatangkan Rahmat dan Karunia Dari Allah SWT

Shalawat adalah Do’a. Do’a dan permohonan akan memberikan pengaruh yang baik untuk mendatangkan rahmat dan karunia dari Allah SWT. Sehingga seseorang yang bershalawat akan mengundang datangnya karunia serta segala nikmat dari Allah SWT.

Baca Juga:  Doa atau Salam Ketika Melewati Kuburan dan Memasuki Kuburan

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Pada suatu ketika, sebagaimana yang diwahyukan Allah SWT kepada Rasulullah SAW. Allah berkata pada Nabi Musa as:

” Wahai Musa, apakah kamu ingin agar Aku lebih dekat kepadamu daripada kedekatan ucapan kepada lidahmu, daripada bisikan hatimu dari hatimu sendiri daripada ruhmu ke badanmu dan daripada cahaya matamu pada matamu ?”

Musa a.s pun menjawab

” Ya, wahai Tuhanku”. Lalu Allah berfirman:” Maka perbanyaklah membacakan shalawat untuk Muhammad SAW”.

4. Mendapatkan Nilai Kebanggan Tersendiri

Rasulullah SAWsangat menyukai shalawat sehingga beliau bersabda:

” Sesungguhnya aku membanggakan adanya kalian kepada umat-umat yang lainnya”

Sebagai umat yang sangat di banggakan Allah SWT, sudah sepantasnya kita mencintai Rasulullah SAW dengan cara selalu menyebutkan nama beliau setiap kali bershalawat untuk-nya.

5. Diangkat 10 Derajat dan Dihapus 10 Keburukan

Melakukan shalawat satu kali akan mendatangkan pengangkatan 10 derajat orang yang tersebut. Dan dihapuskan 10 kali kesalahan. Abas bin Malik berkata, Rasulullah SAW telah bersabda “Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya 10 kesalahan, diangkat baginya 10 derajat”. (HR. An-Nasa’i No.1296).

6. Ada Disisi Nabi Saat Sakraul Maut

Seseorang yang rutin dan istiqomah membaca shalawat, juga memiliki keutamaan yakni Nabi Muhammad SAW akan hadir disisi orang tersebut saat sedang menghadapi sakratul maut.

7. Pemenuhan Hajat

Shalawat merupakan amalan yang paling mudah terkabul, menjadikan kondisi hati bersih, dan dengan bershalawat akan diturunkan kebarokahan-barokahan dan do’a-do’a dikabulkan.

8. Diberikan Ampunan Dosa

Dengan bershalawat maka seseorang akan mendapatkan kebahagiaan lahir batin serta kepuasan, diampuni dosa-dosanya, dan mampu menapak tangga tertinggi.

Baca Juga:  Hukum Tidak Bisa Membaca Al-qur'an Beserta Dalilnya

9. Mendapatkan Keberkahan Secara Turun Temurun

Seseorang yang sering membacakan shalawat akan memperoleh kebaikan dan keberkahan tidak hanya pada mereka yang membacakan, akan tetapi juga pada anak dan cucu mereka.

10. Menjauhkan Kefakiran dan Memperoleh Keberkahan

Bagi mereka yang selalu membaca shalawat, maka akan dijauhkan dari kefakiran dan diberikan keberkahan dan kebaikan-kebaikan yang berlimpah.

11. Menolak Bencana

Salah satu manfaat dan keutamaan shalawat adalah menolak bencana, salah satu contoh shalawatnya adalah munjiyat yang menolak segala bencana dan pemenuhan segala hajat yang tergolong besar bahkan mendesak tentunya dengan cara tertentu.

Demikianlah Penjelasan Dari 11 Keutamaan Membaca Shalawat Yang Harus Diketahui. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, dan semoga kita senantiasa selalu bershalwat kepada Nabi kita Muhammad SAW, agar kelak mendapatkan syafa’atnya aamiin. Terimakasih 🙂

Rate this post