Pengertian Artikel, Jenis, Ciri, Tujuan & Manfaatnya (Lengkap)
Pengertian Artikel, Jenis, Ciri, Tujuan & Manfaatnya (Lengkap)

Pengertian Artikel, Jenis, Ciri, Tujuan & Manfaatnya (Lengkap)

Pengertian Artikel, Jenis, Ciri, Tujuan & Manfaatnya (Lengkap) – Artikel adalah salah satu tulisan yang berisi gagasan atau fakta untuk menyampaikan sebuah berita dalam berbagai topik dan umumnya dapat kita temukan dengan mudah dalam website, surat kabar, majalah, dan bahkan dapat dibagikan dalam lewat jejaring sosial di era modern seperti sekarang ini.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian artikel, jenis, ciri, dan juga tujuannya sera manfaatnya, pendidik akan membahasnya secara jelas. Berikut penjelasannya:

Pengertian Artikel, Jenis, Ciri, Tujuan & Manfaatnya (Lengkap)

Pengertian Artikel

Secara umum, artikel adalah sebuah karya tulisan atau karangan yang bertujuan untuk menyampaikan suatu fakta yang bermaksud untuk meyakinkan maupun menghibur para pembaca. Adapun pengertian menurut para ahli:

1. Rillan E. Wolseley

Artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tidak menentu. Tujuannya untuk menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik dan juga menghibur.

2.  The America Heritage Desk Dictionary

Artikel adalah bagian tulisan non fiksi yang berbentuk bebas bagian dari penerbitan seperti laporan esai.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Artikel adalah karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar dan sebagainya.

4. Ensiklopedia Pers Indonesia

Artikel adalah karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas.

Baca Juga:  Pengertian Ragam Bahasa, Fungsi, Macam & Jenisnya Lengkap

5. Wikipedia

Artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku. Kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan. Artikel juga dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan, hasil pemikiran dan kajian pustaka, maupun hasil pengembangan projek.

Jenis-Jenis Artikel

Adapun jenis-jenis artikel, diantaranya adalah

1. Narasi

Narasi secara sederhana dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat suatu peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. Dalam kejadian ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. Narasi dapat berisi fakta atau fiksi.

2. Deskripsi

Yaitu karangan yang berisi gambaran suatu hal atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar atau merasakan hal tersebut.

3. Persuasi

Yaitu karangan yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Dalam persuasi pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa buatan yang dilakukan pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam karangan.

4. Argumentasi

Karangan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat, kesimpulan dengan fakta ataupun data sebagai alasan serta bukti. Dalam argumentasi, pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya opini dan juga fakta atau alasan sebagai pendukung opini tersebut.

Ciri-Ciri Artikel

Adapun ciri-ciri artrikel adalah

1. Isi dari tulisan berdasarkan fakta bukan hanya sekedar miots yang belum jelas dan belum terjamin kebenarannya.

2. bersifat aktual dan informative, mengungkapkan informasi yang berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

3. Artikel ilmiah yang memiliki opini atau analisa pemikiran-pemikiran penulis. Namun pemikiran itu dikuatkan dengan data yang valid berupa hasil penelitian sebelumnya, teori maupun fakta yang ditulis ke dalam artikel.

Baca Juga:  Pengertian Teks Anekdot, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contohnya (Lengkap)

4. Menggunakan metode penulisan yang sistematis, yang bertujuan agar semua informasi dalam artikel dapat diterima masyarakat luas.

5. Menggunakan ragam bahasa yang resmi dan buku. Hal ini disebabkan dengan menggunakan bahasa resmi yang bercirikan lugas, logis dan denotatif, serta efektif akan membuat bahasa artikel ilmiah terasa padat dan berisi.

Tujuan Artikel

Adapun tujuan artikel adalah

1. Menggambarkan cara menguraikan atau membahas pokok masalah yang telah ditentukan dan diteliti.

2. Menggambarkan pembatasan ruang lingkup artikel ilmiah tersebut.

Manfaat Artikel

Adapun manfaat yang dimiliki artikel diantaranya adalah

1. Sebagai sarana untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi secara kreatif.

2. Berpikir secara sistematis dan berbahasa yang teratur dan juga tertib.

3. Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.

Pengertian Artikel, Jenis, Ciri, Tujuan & Manfaatnya (Lengkap)
Pengertian Artikel, Jenis, Ciri, Tujuan & Manfaatnya (Lengkap)

4. Memahami tujuan menulis yang nantinya dapat menguasai kompetensi menulis yang harus dicapai.

5. Memberikan dampak akademis bagi pembaca.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Artikel, Jenis, Ciri, Tujuan & Manfaatnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂