Pengertian Kelompok, Kelompok Sosial &Jenisnya (Lengkap)
Pengertian Kelompok, Kelompok Sosial &Jenisnya (Lengkap)

√ Pengertian Kelompok, Kelompok Sosial &Jenisnya (Lengkap)

Pengertian Kelompok, Kelompok Sosial &Jenisnya (Lengkap) – Kelompok merupakan sekumpulan manusia yang merupakan satu kesatuan dan memiliki identitas dimana identitas tersebut berupa adat istiadat dan juga suatu norma yang mengatur pola interaksi masyarakat. Nah mungkin diantara kita masih banyak yang belum mengetahui arti dari kelompok menurut keilmuan.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai kelompok yang mencakup pengertian kelompok, kelompok sosial, dan juga contohnya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Kelompok, Kelompok Sosial &Jenisnya (Lengkap)

Berikut ini merupakan pengertian kelompok dan pengertian dari kelompok sosial.

Pengertian Kelompok

Secara umum, arti dari kelompok merupakan suatu kumpulan manusia yang merupakan satu kesatuan serta memiliki identitas, dimana identitas tersebut dapat berupa adat istiadat serta sistem norma yang mengatur pola interaksi masyarakat manusia yang hidup dalam masyarakat sendiri.

Untuk kelompok sendiri terbagi menjadi banyak seperti kelompok profesi, kelompok belajar, kelompok main, kelompok aliran dan lain sebagainya.

Adapun pengertian kelompok sosial adalah suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebih manusia diantara beberapa mereka terdapat pola interaksi yang dapat dipahami oleh anggota maupun orang lain secara keseluruhan.

Adapun arti kelompok sosial menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Paul B. Horfon

Kelompok sosial merupakan sekumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya serta saling berinteraksi.

2. Soerjono Soekanto

Kelompok sosial merupakan suatu himpunan maupun kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan diantara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi satu sama lain.

3. Wila Huky

Kelompok sosial adalah unit yang terdiri atas dua atau lebih yang saling berinteraksi dan saling berkomunikasi.

4. George Homans

Kelompok sosial adalah sekumpulan individu yang melakukan suatu kegiatan, interaksi,  serta memiliki perasaan untuk membuat segala sesuatu secara keseluruhan yang terorganisir dan berhubungan secara timbal balik.

5. Mayor Polak

Kelompok sosial adalah  suatu kelompok sosial sebagai sejumlah orang yang satu sama lain memiliki hubungan sebagai sebuah struktur untuk memenuhi kepentingan bersama.

6. Bierstedt

Kelompok sosial adalah kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis, berhubungan dengan satu sama lain, namun tidak terikat dalam ssuatu organisasi.

7. Robert K. Merton

Kelompok sosial adalah sekelompok orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang permanen.

Jenis – Jenis Kelompok

Adapun jenis-jenis kelompok berdasarkan jumlah anggotanya, sifat dan hubungan antar anggota juga tujuannya, kelompok yang ada di dalam masyarakat tersebut dapat dibedakan menjadi antara lain:

1. Kelompok Primer

Kelompok primer merupakan suatu kelompok yang memiliki jumlah anggotanya hanya sedikit, namun tidak setiap kelompok yang anggotanya sedikit adalah dari kelompok primer. Hubungan antar anggota tersebut bersifat personal yakni saling kenal secara pribadi serta mendalam yang diwarnai dengan kerjasama, dan juga sering kali bertatap muka dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga dapat membangun keterlibatan perasaan yang amat dalam.

Adapun hubungan dalam kelompok primer bersifat informal, intim maupun juga akrab, personal dan juga total. Sehingga meskipun dalam suatu kelompok tersebut terjadi adanya suatu konflik tetap antar anggota tersebut saling menunjukkan perhatian yang tulus.

Karena tujuan dari kelompok primer sendiri adalah membangun suatu hubungan personal itu sendiri. Adapun contoh kelompok primer adalah sebagai berikut:

  • Keluarga
  • kelompok teman
  • kawan sepermainan.

2. Kelompok Sekunder

Kelompok sekunder merupakan suatu kelompok yang jumlah anggotanya sangat banyak. Dan memiliki hubungan yang bersifat impersonal (tidak saling kenal secara pribadi) antar anggota, dan biasanya lebih diwarnai dengan adanya kompetisi, jarang bertatap muka dalam jangka waktu yang lama, sehingga dengan begitu tidak dapat membangun sebuah hubungan yang emosionalnya baik.

Hubungan pada sekelompok sekunder ini bersifat formal, impersonal, parsial serta dilandaskan pada kemanfaatan pada kelompok semata. Dan juga bersifat fungsional yakni seseorang yang bukan bukan dilihat dari sudut “siapanya”  akan tetapi adalah lebih dilihat dari segi “apa kegunaannya” bagi pencapaian suatu tujuan kelompok tersebut.

Adapun tujuan dari kelompok sekunder ini adalah untuk mencapai suatu tujuan tertentu sehingga para anggota kelompoknya lebih berperan sebagai sarana bukan sebagai tujuan.

Contoh – contoh kelompok sekunder adalah sebagai berikut:

  • organisasi buruh
  • universitas
  • sekolah.

Adapun berdasarkan cara pandangnya seseorang pada suatu kelompok terbagi menjadi dua yakni kelompok In – group dan juga kelompok kelompok out – group. Berikut penjelasannya:

a. Kelompok In-Group

Kelompok in – group merupakan suatu kelompok yang mana setiap anggotanya mengharapkan suatu pengakuan, kesetiaan serta saling tolong menolong.

b. Kelompok Out – Group

Kelompok out group merupakan seluruh kelompok dimana seseorang tersebut merasa bukan sebagai anggotanya dan bahkan mungkin justru akan memperlihatkan suatu permusuhan, kompetisi damai dan juga sekedar merasa berbeda.

Dalam setiap anggota individu in group tersebut menyebut dirinya atau keompoknya dengan sebutan “kami”. Sedangkan untuk kelompok out group setiap individu menyebut dirinya sebagai “mereka”.

Pengertian Kelompok, Kelompok Sosial &Jenisnya (Lengkap)
Pengertian Kelompok, Kelompok Sosial &Jenisnya (Lengkap)

Pada umumnya permusuhan yang terjadi dalam in group maupun out group cenderung pada sebuah culture atau kebudayaan. Seperti contoh penduduk asli dan pendatang, antara geng dengan komunitas tertentu dan lain sebagainya. Sehingga kelompok in group dan kelompok out group terpisahkan dalam sebuah hubungan permusuhan.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Kelompok, Kelompok Sosial &Jenisnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan khususnya pada kelompok maupun kelompok sosial. Terimakasih 🙂