Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Macam-Macam Norma Lengkap

Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Macam-Macam Norma Lengkap – Masih banyak mungkin diantara kita yang belum mengetahui betul apasih norma itu? Padahal norma merupakan bagian dalam kehidupan manusia, bagaimana jadinya jika kita hidup tanpa sebuah norma.

Nah secara umum, norma ini merupakan suatu pedoman dalam mengatur tingkah laku dalam lingkungan masyarakat. Agar dapat meraih suatu kenyamanan dan keteraturan dalam hidup bersama, maka dibutuhkan kesepakatan mengenai hal yang boleh untuk dilakukan dan hal yang tidak boleh untuk dilakukan. Kemudian kesepakatan tersebutlah yang menjadi lahirnya suatu norma. Untuk lebih jelas dalam mengetahui apasih norma itu, mari kita simak penjelasan berikut ini:

Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Macam-Macam Norma Lengkap

Secara umum, norma ialah suatu pedoman dalam perilaku, untuk menjalankan kehidupan bersama-sama dalam suatu kelompok masyarakat. Norma juga dapat diartikan sebagai sebuah aturan dan petunjuk patokan perilaku yang dibenarkan dan yang pantas dilakukan saat menjalani suatu interaksi sosial dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Perbedaan mendasar antara nilai dan norma sosial adalah jika norma sosial terdapat sanksi bila seseorang melakukan pelanggaran dan penghargaan jika mematuhi.

Adapaun pengertian norma menurut beberapa ahli, adalah sebagai berikut:

1. Hans Kelsen

Norma adalah suatu perintah yang secara tidak personal serta anonim.

2. Mz.Lawang

Norma adalah suatu gambaran mengenai apa yang diinginkan sesuatu tersebut pantas dan juga baik, sehingga sejumlah anggapan baik serta butuh untuk dihargai itu sebagaimana mestinya.

3. Soerjono Soekano

Norma merupakan  perangkat agar suatu hubungan yang terjadi antar sesama dalam kehidupan bermasyarakat dapat  terjalin dengan baik.

Baca Juga:  Pengertian NPWP, Fungsi, Manfaat dan Syaratnya (Lengkap)

4. J. Macionis

Norma adalah suatu aturan dan kumpulan harapan masyarakat agar dapat membantu tindakan ataupun perilaku anggotanya.

5. Isworo Hadi wiyono

Norma adalah suatu peraturan atau petunjuk hidup agar dapat memberikan panduan dalam bertindak yang mana itu boleh untuk dilakukan serta suatu tindakan atau perbuatan yang mana harus dihindari (dilarang).

6. Richard T. Schaefer & Robert P. Lamm

Norma adalah standar perilaku yang sudah mapan dan dipelihara oleh masyarakat.

7. Antony Gidden

Norma adalah suatu aturan atau prinsip yang konkret dimana seharusnya dapat untuk dijaga dan diperhatikan oleh masyarakat.

8. Craigh Calhoun

Norma adalah suatu pedoman atau aturan yang menyatakan tentang bagaimana seseorang agar bertindak dalam situasi – situasi tertentu.

Ciri-Ciri Norma

Adapun ciri-ciri norma adalah sebagai berikut:

  1. Pada umumnya norma tidak tertulis kecuali norma hukum
  2. Norma dibuat dari hasil kesepakatan bersama
  3. Norma yang sudah dibuat harus ditaati bersama
  4. Siapapun yang melanggar norma akan diberikan sanksi
  5. Mengalami perubahan

Macam-Macam Norma

1. Norma Agama

Norma agama adalah peraturan sosial yang sifatnya mutlak berasal dari Tuhan. Norma agama ini berasal dari ajaran agama dan berasal dari kepercayaan-kepercayaan yang lainnya.  Atau dengan kata lain adalah kaidah atau peraturan hidup yang harus diterima manusia untuk dijadikan sebagai pedoman, baik itu sebagai perintah, larangan, dan ajaran yang sumbernya dari Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh – Contoh norma agama adalah:

  • Menjalankan atau melaksanakan perintah-perintah Tuhan
  • Menjauhi larangan-larangan agama
  • Berbuat baik kepada sesama

2. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah peraturan sosial yang asalnya dari hati nurani yang akan menghasilkan suatu akhlak. Nah dari norma kesusilaan ini, manusia akan dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dampak atau akibat yang akan diberikan kepada orang yang melanggar norma kesusilaan adalah mendapatkan sanksi yang sifatnya di asingkan baik secara fisik maupun batin.

Baca Juga:  Pengertian Ideologi, Jenis, dan Fungsinya (Lengkap)

Contoh dari norma kesusilaan adalah:

  • Tidak berbuat jahat kepada orang lain
  • Tidak melakukan perzinahan
  • Tidak melakukan korupsi
  • Bersikap jujur dan adil dalam bermasyarakat
  • Tidak memfitnah orang lain
  • Selalu menghormati orang lain terutama kedua orang tua
  • Dan lain sebagainya

3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan adalah suatu peraturan sosial yang mengarah kepada tingkah laku wajar dalam kehidupan bermasyarakat. Bagi siapa yang melanggar norma ini akan mendapatkan suatu kritikan, celaan dan juga pengasingan.

Contoh-contoh norma kesopanan adalah:

  • Memberi dan menerima makanan harus menggunakan tangan kanan
  • Tidak boleh meludah disembarang tempat
  • Saat makan jangan banyak bicara
  • Bersikap dan bersifat rukun dengan siapa saja.

4. Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan adalah suatu himpunan peraturan sosial yang dibentuk secara sadar atau berisi sebuah petunjuk akan perilaku yang secara terus menerus sehingga menjadi suatu kebiasaan individu. Sama halnya dengan norma kesopanan, bagi yang melanggar norma kebiasaan ini akan mendapatkan sanksi berupa celaan, kritikan dan juga pengucilan.

Contoh-contoh norma kebiasaan adalah:

  • Selalu mandi dengan teratur
  • Menggosok gigi setelah makan
  • Membaca Doa setelah makan
  • Mencuci tangan sebelum makan
  • Dan lain sebagainya

5. Norma Hukum

Norma hukum adalah Aturan sosial yang dibuat oleh suatu lembaga-lembaga tertentu, seperti pemerintahan yang sifatnya tegas, dan memaksa untuk berperilaku sesuai dengan aturan tersebut. Bagi yang melanggar norma hukum ini, akan mendapatkan sanksi yang berupa denda atau hukuman fisik.

Contoh-contoh norma hukum adalah:

  • Kewajiban dalam membayar pajak
  • Taat dalam berlalu lintas
  • Tidak melakukan tindakan kejatahan kriminal
  • Dilarang menganggu ketertiban umum
  • Dan lain sebagainya

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Macam-Macam Norma Lengkap. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Baca Juga:  Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli dan Tujuannya Terlengkap
5 (100%) 6 vote[s]